Tutorial Mudah Install NetBeans (Untuk Pemula)

beautynesiablog.id – Programmer harus familiar dengan NetBeans. Nah, bagi pemula yang tertarik dengan dunia pemrograman bisa menginstal NetBeans.

NetBeans

Menurut ppklkemenkop.id NetBeans adalah lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) open source. Singkatnya, ini adalah perangkat lunak aplikasi desktop Java untuk pengembangan menggunakan Java, PHP, C++, dan bahasa pemrograman lainnya.

Untuk programmer, NetBeans dikenal sebagai platform untuk komponen modular dan berguna untuk mengembangkan aplikasi berbasis Java. Selain itu, program ini dapat berjalan di banyak sistem operasi, yaitu Windows, Linux, Mac OS X, dan Solaris.

Pada umumnya developer menggunakan NetBeans untuk mengembangkan aplikasi, baik untuk assembly, linking, debugging, dan aktivitas pemrograman lainnya. Ini adalah beberapa fitur NetBeans.

  • Generator kode berfungsi untuk menghasilkan konstruktor, penyeleksi, pemenang, metode, dll.
  • Fungsi bookmark untuk menandai baris yang ingin Anda ubah.
  • Bilah kesalahan yang berfungsi sebagai penanda garis kesalahan dengan menandainya dengan sorot merah.
  • Penyempurnaan Kode Cerdas yang berguna untuk menyarankan jenis nama variabel, penyelesaian kata kunci, dan jenis yang disarankan untuk parameter metode.
  • Perintah Go To berguna untuk membuka deklarasi variabel, kode sumber, atau file dalam proyek yang sama.

Tutorial Mudah Install NetBeans (Untuk Pemula)

Tutorial Mudah Install NetBeans

Pada kesempatan kali ini, mimin akan menjelaskan cara install NetBeans. Agar lebih mudah, instalasi akan dibagi menjadi beberapa tahap. Di sini Anda akan menemukan daftar lengkap.

Tahap 1, persiapan

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa persyaratan yang perlu Anda persiapkan sebelum menginstal NetBeans. Kami merekomendasikan komputer dengan minimal 2 GB RAM.

Selain itu, pada beberapa komputer, Anda biasanya perlu menginstal Java SE Development Kit (JDK) atau Cygwin sebelum menginstal NetBeans. Dari beberapa sumber, jika Anda menggunakan mesin Ubuntu, Mint, dan Debian, Anda perlu menginstal JDK 8, 11, atau 14.

Untuk pengguna Windows, Anda dapat menginstal JDK 13 atau menginstal Cygwin terlebih dahulu. Paling tidak, pastikan internet di komputer yang Anda gunakan bekerja dengan stabil.

Langkah 2, unduh driver NetBeans

Anda bisa mendapatkan driver NetBeans melalui situs resmi NetBeans.

  1. Buka mesin pencari, lalu buka http://netbeans.org/downloads/index.html atau klik link ini.
  2. Temukan dan pilih driver yang sesuai untuk komputer Anda. Lengkap dengan sistem operasi dan bit (32 bit atau 64 bit).
  3. Klik “Unduh” untuk mengunduhnya.
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses download selesai.

Tahap 3, instalasi NetBeans

  1. Buka driver instalasi NetBeans yang telah Anda download. Setelah muncul jendela Welcome to Apache NetBeans Installer, klik Next.
  2. Baca perjanjian lisensi dengan cermat, lalu centang “Saya menerima” ketentuan perjanjian lisensi. Kemudian klik Berikutnya.
  3. Cari instalasi di kolom Install the Apache NetBeans IDE to: dan klik Next.
  4. Izinkan pembaruan otomatis dengan memilih Periksa pembaruan. Jika sudah, klik Instal.
  5. Tunggu proses instalasi selesai, lalu klik Finish.