Saat weekend ataupun liburan, melakukan perjalanan solo traveling memang menyenangkan. Ada banyak pengalaman baru dan unik yang bisa kamu dapatkan selama perjalanan. Namun tak bisa dipungkiri, terkadang rasa kesepian selama perjalanan bisa muncul. Banyak faktor yang jadi penyebabnya, bisa karena kebutuhan untuk sharing cost dengan orang lain, bagaimana mendapatkan perjalanan jadi lebih murah, kadang tak bisa dihindari.
Tapi adakalanya muncul pertanyaan bagaimana cara mendapatkan teman selama perjalanan yang sebelumnya tidak kita kenal sama sekali? Atau kekhawatiran akan terjadinya penipuan atau penculikan mungkin terbayang hingga membuat kamu takut mencari.
Berikut ini ada beberapa tips yang bisa buat kamu mencari teman baru diperjalanan tanpa rasa khawatir ataupun was-was.

Pakai Aplikasi Pencari Teman
sumber : home.bt.com
Ada beberapa pilihan aplikasi pencari teman seperjalanan yang tujuannya sama seperti Backpacker, Travello, Wondermates, Miss Travel dan masih banyak lagi pilihan aplikasi pencari teman lainnya yang ada diponsel. Mulailah mencari teman yang tujuannya sama dengan perjalananmu, jalin komunikasi, dan teman barupun kamu  dapatkan untuk menemani perjalananmu nanti.

Menginap di Dormitory
sumber : theodysseyonline.com
Selain murah, memilih untuk menginap di hostel atau dormitory merupakan salah satu cara untuk mendapatkan teman baru. Bersikap santai dan beramah taman pada semua teman yang ada di kamar yang sama denganmu. Buka percakapan, siapa tahu kamu dapat teman baru yang tujuannya searah dan bisa diajak sharing cost.

Nongkrong di Cafe / Bar
sumber : liveinstyle.com
Disela waktu senggang selama liburan, nikmati nongkrong di cafe atau bar setempat, seperti halnya saat kamu di dormitory, awalilah dengan senyum, sapa, salam dan jangan segan membuka percakapan. Meski mungkin kamu belum mendapatkan teman perjalanan yang searah, setidaknya kamu bisa mendapatkan kenalan baru yang pengalamannya mungkin bisa berguna buat perjalanan kamu nanti.

Ikut Tour Perjalanan
sumber : nps.gov
Jika kamu bukan tipe orang yang pede jalan sendirian di tempat yang baru, ikut tour harian di kota tujuan liburan juga bisa menjadi  bisa menjadi salah satu alternatif cara menambah teman di perjalanan. Biasanya tour seperti ini berangkat dengan model rombongan, sehingga kamu pasti bertemu dengan orang-orang baru selama di jalan. Selain menghemat pengeluaran karena biaya bisa dibagi dengan orang lain yang serombongan, lewat tour rombongan juga memungkinkan kamu mengunjungi tempat-tempat yang terlalu jauh dan mahal untuk didatangi seorang diri.
Mulai percakapan dengan teman yang duduk disamping kamu selama perjalanan. Itu merupakan pintu untuk membuka pertemanan baru dijalan terbuka lebar, dan kamupun tidak akan merasa kesepian.

Gabung Komunitas Online
sumber : Linkedln.com (Traveloka)
Cara mudah lainnya untuk mendapatkan teman di perjalanan solo travelling adalah dengan bergabung komunitas online. Ada banyak komunitas yang selalu membuka penerimaan anggota baru di internet. Pilih yang paling cocok dengan perjalananmu, dan dapatkan teman baru yang tujuannya sama dengan tujuanmu.

Manfaatkan Media Sosial

sumber : huffingtonpost.com
Manfaatkan media sosial untuk menjalin pertemanan dengan orang-orang yang berada diluar lingkaran persahabatanmu di dunia nyata. Kamu bisa mencari teman yang mempunyai tujuan yang sama dengan memanfaatkan fitur search di masing-masing jejaring pertemanan. Buka pembicaraan, dan jangan ragu untuk bertanya tentang hal-hal yang belum kamu ketahui.
Media sosial tidak hanya bermanfaat untuk mencari teman baru di perjalanan atau mencari lokasi wisata yang bisa kamu jadikan tujuan perjalanan liburan. Internet juga sangat berguna untuk berburu harga tiket pesawat murah ke kota tujuan wisatamu.

Dengan Aplikasi seperti Traveloka.com, kamu bisa mendapatkan harga tiket pesawat murah ke berbagai tujuan di seluruh dunia. Selain itu, kamu juga bisa membandingkan harga tiket pesawat murah dari berbagai maskapai yang ada di Traveloka.

Dengan mengantongi tiket murah, sekaligus mendapatkan teman baru membuat perjalanan kamu pasti jauh lebih menyenangkan.