Makeup memang sudah menjadi kebutuhan yang wajib banget buat para cewek. Terutama saat pergi ke kampus, kantor, atau sekedar hang out bersama teman. Walaupun hanya dengan menaburkan bedak ke wajah, menggunakan pelembab, dan juga mengoleskan lip balm. Bahkan sekarang banyak yang tidak terlalu percaya diri saat keluar rumah tanpa menggunakan lipstick dan menggambar alis.

Nah, jenis makeup yang paling disukai cewek adalah waterproof. Sebab, dinilai tidak cepat pudar dan tahan lama. Sehingga kamu tidak perlu touch up berulang kali. Makeup waterproof juga bisa menutupi pori-pori wajah yang oily sehingga jadi favorit bagi kamu yang banyak beraktivitas diluar ruangan. Berbagai produk makeup yang memiliki sifat waterproof atau tahan air diantaranya mascara, foundation, eyeliner, concealer, eyebrow gel, dan sebagainya. pastinya kamu tidak asing bahkan sering memakai produk-produk tersebut.

Bagi seorang muslimah, berwudhu adalah salah satu syarat sah untuk melakukan shalat. Kamu tahu kan kalau wudhu tidak sah maka shalat yang dilakukan tidak akan diterima? Menggunakan makeup waterproof akan menghalangi meresapnya air ke pori-pori kulit. Tentunya, kamu tidak mau jika ibadah yang dilakukan menjadi sia-sia. Namun, di satu sisi kamu ingin tetap tampil cantik dengan makeup.

Stop galau deh! Kamu bisa kok mengakali cara menggunakan makeup agar tetap wudhu friendly. Ingin tahu? Ini dia pembahasannya:
1. Jangan gunakan makeup waterproof untuk sehari-hari
Makeup waterproof bukan untuk dipakai harian ya! Sudah pasti wudhu kamu tidak sah jika menggunakan makeup tersebut. Tapi, kamu bisa menggunakannya ketika sedang dalam masa haid. Lumayan kan, bisa memakai makeup waterproof paling tidak seminggu dalam sebulan. Hihi
2. Say good bye to primer!
memiliki fungsi untuk membuat eyeshadow dan makeup lebih tahan lama. Sifatnya yang lengket juga anti-minyak bisa menghalangi air meresap ke pori-pori kulit. Jadinya tidak sah deh jika dipakai berwudhu. So, sebaiknya tidak menggunakannya untuk alas makeup ini.
Tapi jika kamu mau mengaplikasikan eyeshadow dengan hasil warna yang bagus, bisa kok tanpa menggunakan primer. Caranya pilih eyeshadow berbentuk pensil lalu lakukan teknik smudge. Dijamin mata kamu akan semakin indah tapi gampang dibersihkan.
3. Pilihlah makeup dalam bentuk powder
Ini berlaku untuk foundation, bedak, blush on dan concealer ya. Pilihlah yang bertekstur powder dan hindari penggunaan produk yang bertekstur cream dan liquid. Sebab, makeup bentuk cream dan liquid cenderung masuk golongan waterproof makeup sehingga akan menghalangi air wudhu meresap ke pori-pori kulit.

4. Hindari hard lines!

Produk-produk seperti mascara, eyeliner, dan eyebrow identik dengan makeup tahan air sebab diaplikasikan pada bagian tubuh yang mudah berair (mata). Sehingga sifatnya yang waterproof menjadi keunggulan tersendiri bagi produk tersebut. Agar wudhu yang kamu lakukan tetap sah, maka gunakan black eyeshadow untuk menggantikan eyeliner. Caranya dengan mengoleskannya tipis menggunakan angled brush.
Nah, kamu juga bisa melakukan hal yang sama pada alis. Namun, jika ingin efek strong dan well-defined pada alis tidak ada pilihan lain kecuali menghapusnya saat akan berwudhu dan reaplly setelah melakukan shalat.
Sedangkan untuk mascara dan eyeliner, kamu bisa menggunakan kohl yang tidak menghalangi air wudlu ke kulit. Jadi, wudhu kamu tetap sah.
5. Menggunakan lipstick halal
Untuk mengganti lipstick, kamu bisa mencoba lip stain yang memiliki kandungan halal dan alami juga terlihat natural. Jadi, kamu tidak perlu membersihkan lipstick sebelum berwudhu. Repot banget kan?
6. Sedia makeup remover di dalam tas

Selalu sediakan makeup remover menggunakan botol kecil dan juga kapas untuk membersihkan makeup waterproof yang kamu pakai. Kalau ingin yang lebih praktis bisa memilih makeup removing wipes. Jadi, kalau keadaan mengharuskan kamu memakai makeup waterproof, ya harus rutin membersihkannya sebelum wudhu dan touch up setelah shalat.
Yuk ganti makeup waterproof dengan yang lebih mudah dibersihkan saat berwudhu! Daripada ribet terlalu sering menghapus dan touch up lagi. Kamu bisa mempraktekkan tips di atas agar aktivitas ibadah tidak terganggu ya. Wallahu a’lam bishawab.