Aska memperhatikan saya yang sedang mendokumentasikan kuda yang sudah bisa menjadi 3 dimensi, lengkap dengan buku mewarnai dan bisa dilihat dari handphone aktivitas diggy up nya.

karakter menjadi 3D dengan aplikasi Colour to Life

"Ummi, kudanya lagi apa?" tanya Aska.
"Kudanya lagi jalan, ada pangerannya yaa. Oiya Aska ini adalah buku mewarnai dan di dalamnya, tokohnya, bisa hidup seperti kita sedang menonton kartun animasi, sayang" ujar saya.

Ia pun excited dan sesekali mencoba memegang dan mengulik gadget saya. Aplikasi dominan berwarna merah membuatnya tertarik, terlebih saat di scan dan tokohnya bisa keluar hidup. Ia juga sempat selfie dengan beberapa karakter colour to life, seperti safe flight.

Jangankan si Kecil, saya pun excited dengan aplikasi baru Faber Castell yang bisa jadi bentuk 3 dimensi, yaitu Colour to Life.


Si kecil juga ikut mewarnai di beberapa halaman augmented reality colour to life, lho! Sambil belajar mewarnai, saya ajarkan Aska (3.5 tahun) bahwa mewarnai melatih kesabaran. Saya juga mengajarkannya agar mewarnai tidak keluar garis.

augmented reality yang nantinya akan kita warnai yeay :D
Faber Castell meluncurkan produk Colour to Life
Sejak bulan April 2018, Faber Castell meluncurkan produk terbaru yaitu Colour to Life, yang bisa menghubungkan 2 dimensi menjadi 3 dimensi. Produk ini memadukan antara menggambar secara konvensional dengan kemajuan teknologi augmented reality.

Di buku mewarnai Colour to Life terdapat 15 halaman augmented reality dan 20 connector pens, sehingga mewarnai semakin menarik karena terhubung dengan dunia digital.

Connector pen (20 spidol) untuk mewarnai dan rancang bangun ruang

Lalu apa itu Connector pen? 
Connector  Pen adalah alat mewarnai yang dapat dihubung-hubungkan. Setiap tutup pen-nya menyambung dengan pen yang lain sehingga tidak berantakan dan hilang. Lebih serunya lagi, dengan connector pen ini bisa digunakan dengan berbagai bentuk kreatif rancang bangunan. Seperti dibuat menjadi pesawat, dan rancang bangun lainnya.

Manfaat lain yakni dapat dicuci dan tidak meninggalkan noda pada pakaian, tidak beracun, serta aman untuk anak-anak.
*
Faber Castell sangat familiar di kalangan kita dengan brand alat alat menggambar dan mewarnainya. Secara, perusahaan Faber Castell sudah didirikan sejak 1761 ketika Kaspar Faber mulai membuat pensil grafitnya di Stein, Jerman.

Kita ketahui pula Faber Castell merupakan produsen tertua untuk menulis dan mewarnai instrumen yang masih berada di tangan family dan dipimpin pada generasi ke-8 oleh Count Anton Wolfgang von Faber Castell.

5 Game di Colour to Life Faber Castell
Di dalam “Colour to Life” terdapat lima game yaitu: Giddy Up, Pogo Boy, Dress Up Challenge, Balance your Brain dan Safe Flight.

Keunikan 5 Karakter Colour to Life: 
Tiap karakter di Colour To Life nya punya keunikan sendiri. Seperti:  
  1. Giddy Up yang berjalan dengan kudanya, saat game dimainkan kuda akan berlari kencang. (melatih konsentrasi dan motorik)
  2. Pogo Boy yang bermain loncat loncat kinestetiknya yang kuat, (melatih konsentrasi dan motorik).
  3. Dress Up Challenge seorang putri yang berjalan berlenggak lenggok dan memakai dress up (melatih keseimbangan otak kiri dan kanan),
  4. Balance Your Brain tokoh kucing pelukis yang jago melukis (melatih keseimbangan otak kiri dan kanan)
  5. Safe flight yang memberi pesan agar terbang dengan aman. (melatih konsentrasi dan motorik)

Saya pun berkesempatan mencoba semua karakter dalam game Colour to Life tersebut dan selfie dengan 5 karakter Colour to Life.
Selfie dengan Colour to Life
Pertama, warnai gambarnya, jangan warnai frame nya ya. Ada peringatan di bukunya mengapa dilarang,  karena frame nya digunakan ketika akan scan menjadikan tokoh 2D menjadi 3D.

Seru! Saat mewarnai seperti lupa waktu dan merasa enjoy. Dan serunya lagi, kalau kita baru mewarnai tokoh karakternya saja itu sudah bisa dimainkan lho!

Kalau misal sudah tidak sabar ingin memainkan game nya, kita bisa gambar 1 karakternya, kemudian

Kedua, Download aplikasi Colour to Life di Play Store, setelah download ga perlu khawatir karena Colour to Life bisa dimainkan saat offline.

Ketika kita sudah download aplikasi “Colour to Life Faber Castell” di Play Store, maka kita bisa menghubungkan buku augmented reality dengan 3 dimensinya.

Download aplikasi Colour to Life
Ketiga, Scan sesuai dengan tokoh kita gambar kita menjadi tokoh 3 dimensi. Misal ingin menscan Giddy Up, maka Giddy Up yang dipilih sejak awal. Jangan salah pilih karena kalau salah pilih kita akan gagal terus.

Keempat, Selfie dengan hasil yang sudah kita warnai. Cara selfie nya yaitu pilih "foto mode" kemudian pilih kamera depan.


Kelima, Sesudah selfie, kita bisa melanjutkan "Play Game" dan tenggelam dengan asiknya bermain game-nya. Game-nya pun menurut saya terbilang mudah bisa dilakukan oleh anak-anak seusia Sekolah Dasar. Tapi tetap ingat waktu yaa.

Karakter yang sudah kita warnai dapat kita mainkan.
ini tampilan ketika memainkan "play game" colour to life
Ini beberapa dokumentasi video saat saya menggunakan aplikasi Colour to Life: