Menu berbuka puasa

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari, 11 hari lagi kita akan menyambut bulan mulia itu. Ingin hati mempersiapkan Ramadhan sebaik mungkin.

Sebagai istri, ingin bisa punya waktu ibadah sendiri. Tapi tentu tidak meninggalkan kewajiban. Yang paling wajib itu menyetok hidangan untuk sahur dan buka.

Saat ini Ramadhan yang istimewa karena saya tengah mengandung, menjadi tantangan tersendiri terutama berjuang dan tanda tanya mesti coba dijawab "BISA Insya Allah!"

Terlebih dibandingkan dengan perjuangan muslimah di zaman terdahulu seperti Maryam, Khadijah, Asiah dan Fatimah tentu amat berat perjuangan mereka. Namun mereka dapat dengan sabar melewatinya dengan baik karena keimanan kepada Allah Swt. yang kecintaan kepada Allah Swt. yang begitu besar.

Perjuangan ini untuk menumbuhkan dan memberi nilai-nilai hikmah juga kepada calon bayi untuk menjadikan anak yang berjuang dan nantinya akan menjadi anak yang shalih shalihah. Mudah-mudahan bisa selalu memberi asupan gizi yang bagus untuk janin. Aamiin.

Berikut persiapan ibu hamil berpuasa di bulan Ramadhan:
1. Menyetok hidangan untuk sahur dan buka. 
Penting memerhatikan asupan gizi selama berpuasa di bulan Ramadhan. Seperti menyediakan stok sayuran dan buah. Bisa juga menyediakan stok susu ibu hamil untuk menguatkan selama berpuasa. Untuk ibu hamil, selalu minum vitamin untuk kehamilan yang diresepkan dokter. Untuk ibu menyusui dapat juga ditambahkan suplemen atau vitamin bila dirasa diperlukan.

2. Cukupi kebutuhan cairan. 
Ibu hamil dan menyusui membutuhkan cairan 2,5 L cairan sehari yang harus dipenuhi sejak waktu berbuka sampai dengan akhir sahur.

3. Tetap makan 3 kali sehari 
Tetap makan 3 kali sehari yaitu sahur, santapan berbuka dan makan lagi setelah waktu tarawih.

4. Istirahat cukup. 
Jumlah jam tidur tetap 6-8 jam. Usahakan tidur siang selama 1 jam.

5. Batalkan puasa jika 
Batalkan puasa jika badan terasa sangat lemas, gemetar, berkunang-kunang, keluar keringat dingin atau diare berat.

6. Mempersiapkan si Kecil belajar berpuasa 
Usia Aska 3.5 tahun. Ingin pula mengajarkan Aska mulai berpuasa. Dari sekarang baiknya memang sudah sounding bahwa nanti akan sahur, akan ikut puasa. Menjelaskan padanya bahwa puasa dari subuh hingga sekuat ia bisa. Lalu ngabuburit sore, ngaji di Masjid dan ikut buka takjil di Masjid. Mudah-mudahan insyaAllah Aska nanti ngerti.

7. Mengerjakan amal shalih seoptimal mungkin 
Jika ini Ramadhan terakhir (sambil narik nafas panjang), tentu saya akan berusaha lebih baik, lebih baik, sebaik mungkin mengerjakan amal baik seperti shalat, shalat sunnah rawatib, tilawah, dan sebagainya.

8. Memantau amal harian dengan list ceklist target Ramadhan 
Target ramadhan - ceklist ramadhan 

Sangat terbantu sekali punya list harian yang bisa mengingatkan untuk saya mencapai target di bulan Ramadhan nanti.

Ini dede lagi nendang-nendang di perut. "De, nanti ikut ummi puasa ya. Kita sama-sama belajar puasa, ya. Mudah-mudahan Ummi tetap bisa memenuhi gizi yang cukup dan mudah-mudahan kelak bisa jadi ahli Shaum kayak Abi." Aamiin

Tulisan ini diikutsertakan dalam postingan tematik Blogger Muslimah, yang bisa diakses di www.bloggermuslimah.id


#PostinganTematik
#BloggerMuslimah
#PostemSpesialRamadan