Pocari Bandung Marathon 2018 sempat tidak menjadi agenda saya untuk berlari. Pasalnya saya sudah berlari Pocari Sweat Bandung West Java Marathon 2017.  Setelah berlari di Tokyo Marathon 2018 saya memutuskan untuk tidak mengikuti race lain karena di tahun ini saya sudah kehabisan cuti.

Sejak race terakhir di Tokyo Marathon 2018 saya hiatus (berhenti) berlari dalam arti sebenarnya. Hingga Utti memberikan kabar Pocari memberikan slot gratis untuk saya. Saya baru mulai berlari kembali saat usai lebaran atau empat minggu menjelang race. Setelah 5 bulan tidak ada aktivitas fisik rasanya berat sekali. Saya menguatkan diri dan berkata memotivasi diri, tenang Bandung dingin, rute Half Marathon juga flat tidak ada tanjakan.

Baca juga : Pocari Sweat Bandung West Java Marathon 2017


Pocari Bandung Marathon 2018

Pocari Sweat Bandung West Java Marathon di tahun lalu dinobatkan sebagai “The Best Half Marathon Race and The Best Medal of The Year” versi Runhood Online Magazine. Kompetisi lari ini paling populer di Indonesia, setidaknya panitia hanya butuh 2 hari untuk menghabiskan seluruh slot.

Racepack collection Pocari Bandung Marathon 2018 kali ini dilakukan di Harris Convention Center Bandung selama 2 hari 20-21 Juli 2018. Selain bisa mengambil paket perlombaan, para peserta juga bisa mengikuti beragam kegiatan seperti mini talkshow hingga running experience dari Pocari Science.

Race Day

Sama seperti tahun lalu, Pocari Bandung Marathon tahun ini mengambil start dan finish di Gedung Sate, Jalan Diponegoro. Para peserta berlari mengikuti rute mengelilingi Kota Bandung melewati jalan-jalan ikonik Kota Bandung. Ternyata rute tahun ini benar-benar berbeda, tanjakan tiada henti dan jalur yang tidak bersih dari kendaraan. Jembatan Pasupati atau Jalan Layang Pasupati ini dilewati para peserta Pocari Sweat Bandung West Java Marathon 2018 .

 

Jembatan sepanjang 2,8 km yang menghubungkan bagian utara dan timur Kota Bandung dengan melewati lembah Cikapundung dilalui para peserta Full Marathon dan Half Marathon. Tanjakan menjadi tantangan tersendiri di PSBM ini. Banyak peserta yang akhirnya jalan kaki.

Pocari Sweat  menyediakan Hydration Point di beberapa titik. Saat berlari kebutuhan hidrasi harus terpenuhi dengan baik agar terhindar dari kelelahan, kram ataupun heat stroke.

Hanya saja di tahun ini hampir tidak ada yang melakukan cheering untuk peserta yang lari. Bahkan jalur pun hampir tidak steril sehingga harus berlomba-lomba dengan motor dan mobil. Bahkan banyak peserta akhirnya mengalah dari kuda besi.

Saya dijemput oleh Syarif, BSR crew sejak memasuki km.20. Syarifmenemani saya hingga ke garis finish. Meski saya sempat kram di km.20 namun akhirnya saya berhasil finish.

Mereka yang sukses menyelesaikan lomba alias finisher baik untuk kategori (Marathon (42,195K), Half Marathon (21,1K), 10K dan 5K berhak mendapatkan medali. Panitia juga menyiapkan berbagai acara, recovery point,  massage maupun photo booth.

 

 

Half marathon kali ini catatan waktu naik saya menjadi 3:20:41 official time dari waktu PSBM tahun lalu 03:29:45. Tapi dibandingkan catatan waktu Tokmar, saya benar-benar terseok-seok kali ini, ya kalau mau race, disiplin latihan dong.



Semangat Asian Games 2018 di Pocari Sweat Bandung West Java Marathon 2018. Sebagai dukungan Pocari Sweat untuk event Asian Games 2018 dan untuk memberikan kenangan kepada para pelari medali dengan design khusus maskot Asian Games 2018, Bhin Bhin, Athung dan Kaka.

Penyelenggaraan PSBM di tahun ini cukup baik dan terorganisir. Lebih dari 8 ribu  pelari dan kebanyakan berasal dari luar Jawa Barat. Selamat untuk seluruh peserta PSBM yang sukses finish. Selamat untuk Jawa Barat yang kembali sukses menyelenggarakan event marathon ini.

Terima kasih banyak @pocariid  dan @utti_utti yang sudah memberikan saya kesempatan berlari di Pocari Sweat Bandung Marathon 2018 ini.