Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai ibu-ibu muda cantik, pintar nan sholehah... Gimana kabarnya nih? Masih stres dengan urusan berat badan? Plus masalah "aktivitas" anaknya yang kian "kreatif"....

Ok, sesuai dengan judul kita di atas, maka kata diet emang kata yang sering terlontar dari mulut ibu-ibu, namun sering tidak dilaksanakan dan mungkin baru sebagian yang tau arti diet itu sesungguhnya. Nah, pada postingan kali ini saya akan membahas masalah diet yang merupakan masalah bagi saya sendiri, eh....

Sebenarnya bahasan ini terinspirasi dari teman saya dr.Wahidatul Nindya Putri atau nama beken nya dr.Ninin. Beberapa hari yang lalu saya sempat ngobrol singat dengan dia via telpon dan wa aja tentang program diet yang sedang dan telah dilakukannya, yang memberikan banyak keuntungan dan perubahan pada tubuhnya. Melihat perubahan pada dirinyalah, saya juga pengen berubah, halah.... Emang power ranger.... Maklum, ibu-ibu muda yang tubuhnya berubah seiring pertambahan waktu dan penambahan status, dari gadis - istri - ibu. Saat hamil semua badan seolah mengembang sekembang-kembangnya. Kalau diandaikan balon, seperti balon yang ditiup maksimal yang sudah rentan untuk meletus, saking udah mengelendungnya tuh balon 🎈🎈🎈. Nah, saat sudah lahiran, si ibu berharap berat yang bertambah akan "keluar" seiring keluarnya sang buah hati dari rahimnya. Tapi apa kenyataannya...... Berdasarkan pengalaman, ibu-ibu muda sekalian bisa jawab sendirikaaan....


Ok, balik lagi ke ngobrol2 bareng teman saya dr.Ninin. Ternyata dia sedang menjalankan program TR90. Apa itu TR90? Saya pun bertanya-tanya pada teman saya tersebut. Jawaban singkat dia yaitu..... TR90 merupakan kependekan dari Transformasi 90 hari. Bagaimana lengkapnya program TR90 ini, saya pun belum mengetahui seutuhnya, hehehe...  Soalnya kepotong-potong ngobrolnya karena ada pasien. So,,,, sekarang saya nga akan membahas masalah TR90. Ninin dan program Dietnya telah memberikan inspirasi kepada saya untuk menulis postingan Diet ini. Jadi pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang DIET dan beberapa diet yang saya ketahui, plus rencana diet saya kedepan. (Sebenarnya pengen coba TR90, hmmm... Kapan-kapan hubungi dr.ninin lagi ah, ntar kita bahas TR90 dikesempatan berbeda).


DIET, DIET, DIET DAN DIET (4D)
By: dr. Priska Natalia

Ibu-ibu muda sekalian, taukah ibu-ibu apa sebenarnya pengertian dari Diet itu? Hmmm.... Orang Indonesia pada umumnya mengartikan kata diet ini dengan upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu. Sedangkan pengertian Diet (Diit) sebenarnya secara harfiah adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. Jadi diet itu adalah jumlah makanan yang kita makan, bukan mengurangi jumlah makanan yang kita makan.

Selain TR90, banyak lagi program diet lain yang sekarang sedang populer, seperti diet mayo, diet carbo, diet garam, diet telur, patang diet, diet pergeseran kalori, diet golongan darah dll. Sayapun sebagai ibu-ibu muda yang pengen mengembalikan berat badan ideal pun memiliki beberapa koleksi buku tentang diet. Terutama buku yang menjanjikan penurunan berat badan tanpa perlu "lapar" dan olahraga berat. Ada yang sama dengan sayakah? Acuuung 🙋🙋🙋. Diantaranya Hipnolangsing dan Langsing tanpa Diet. Hmmm... Ya Allah,,, benar-benar impian setiap wanita ya judul-judulnya, jadi ngilerkan baca judulnya aja.
   
 

Gambar 1. Cover Buku HypnoLangsing dan No Diet Diet

Nah, berkat motivasi dan triger dari teman saya di atas, maka saya pengen memperbaiki diet saya sekaligus memperbaiki bentuk tubuh saya. Jadi sekarang saya sedang berusaha memotivasi diri sendiri supaya bisa teguh pendirian dalam menjalani pengaturan diet kali ini (soalnya biasanya sering gagal dan nga bertahan lama). Plus saya mau mengatur pola hidup saya menjadi pola hidup sehat, dengan mengusahakan olahraga rutin setiap harinya. Minimal plank dan sit up di kamar sendiri bangun tidur dan sebelum tidur, hehehe....

Untuk program diet saya kali ini, saya mau menerapkan program pergeseran kalori selama 30 hari (sebulan). Bismillahirrohmanirrohim.... Semoga berhasil dan terjaga konsistensinya, Aamiin 🙏. Hehehe 😁


PENGERTIAN DIET
Diet merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Yunani yang artinya cara hidup. Sedangkan secara istilah pengertian diet adalah pengaturan pola makan, baik itu ukuran, porsi serta kandungan gizinya.

Menurut Hartono (2000), Diet adalah pengaturan jenis dan jumlah makanan dengan maksud tertentu seperti mempertahankan kesehatan serta status nutrisi dan membantu menyembuhkan penyakit.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Diet adalah aturan makanan khusus untuk kesehatan, dan dilakukan menurut petunjuk dokter atau pun konsultan.

Terakhir pengertian Diet berdasarkan Kamus Gizi Pelengkap Kesehatan Keluarga 2009 keluaran Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) yaitu pengaturan pola dan konsumsi makan serta minum yang dilarang, dibatasi jumlahnya, dimodifikasi, atau diperbolehkan dalam jumlah tertentu untuk tujuan terapi penyakit yang diderita, kesehatan, atau penurunan berat badan. Jadi DIET bukan berarti menstop makan, tapi mengatur jenis makanan yang akan dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan.

So, kalau ada ibu-ibu muda yang bilang “Nga ah, saya lagi diet nih”. Berarti dia lagi membatasi makan makanan tersebut. Jangan malah di cie…cie… in. Diet bukan berarti untuk keperluan penurunan berat badan aja loh, tapi yang lebih pentingnya untuk kesehatan. Masalah berat badan ikutan turun, itu mah bonus. Hehehe…. (halah, padahal saya juga niatnya mau dapat berat badan ideal). Jadi yang diet itu nga hanya orang gemuk, orang hipertensi, orang diabetes, orang kolesterol tinggi dan asam urat tinggi, mereka juga diet. Tapi diet (makanan) masing-masing orang tergantung tujuan dan keadaannya. Karena itu, saat ibu-ibu muda berkunjung ke Rumah Sakit (baik menjenguk orang sakit ataupun  dirawat sebagai orang sakit) maka akan familiarlah dengan istilah diet rendah/tinggi kalori, diet rendah/tinggi protein, diet jantung, diet hipertensi, diet rendah gula, diet rendah purin dll, yang sering disebut saat visite petugas gizi.


RANCANGAN (RENCANA) DIET SAYA

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, saya sedang merencanakan suatu rancangan diet, yaitu “DIET PERGESERAN KALORI”.

Apa itu diet pergeseran kalori? Secara ilmiah saya belum menemukan sumber yang valid, namun berdasarkan informasi yang saya dapat dan baca-baca pengalaman orang yang udah menjalani, nga ada salahnya untuk mencoba. Karena setelah saya analisa tidak ada pertentangannya dengan ilmu yang saya dalami. Menurut sumber yang saya baca tersebut, diet pergeseran kalori ini adalah diet yang memanipulasi jenis kalori yang masuk, maka akan mengaktifkan hormon pembakar lemak. Hmmm…. Jadi penasaran juga untuk nyari sumber/jurnal ilmiah tentang diet ini. Tunggu di postingan selanjutnya ya, ntar kita cari sama-sama pembuktian ilmiahnya dan gimana mekanismenya.

Ok, langsung saja. Ada 10 peraturan pada program diet ini, yaitu:
1.     Manipulasi Kalori.
Dalam diet ini, kita hanya mengenal 2 istilah, yaitu Karbohidrat (KH) dan Protein (P). Walaupun sebenarnya kandungan dalam makanan tersebut tidak hanya mengandung karbohidrat dan protein, tapi hanya saja disini dibagi menjadi 2 golongan besar itu untuk memudahkan dalam pembuatan daftar menu makanannya.

Yang termasuk kedalam makanan Karbohidrat (KH), yaitu:
a.    Sayur-sayuran
b.    Nasi
c.    Tepung
d.    Buah segar
e.    Susu plain

Yang termasuk kedalam makanan Protein (P), yaitu:
a.    Daging sapi
b.    Ayam tanpa kulit
c.    Telur
d.    Keju (rendah kalori)
e.    Tahu, tempe
f.    Kecap
g.    Ikan tanpa tepung
h.    Kacang-kacangan

2.    Makan 4x sehari dengan jeda minimal 2,5 jam.
3.    Bawa makanan dari rumah, karena kalau beli makanan diluar ntar pasti gamppang tergoda beli-beli yang lain (suka kalap kaya saya).
4. Makan sesuai dengan pola makan yang sudah ditetapkan. Polanya seperti gambar di bawah ini:
Gambar 2. Pola Diet Pergeseran Kalori

Keterangan:
KH = Karbohidrat
P = Protein
Pada hari ke-10, pola diulang lagi dari H-1.

Contoh menu yang saya buat, bisa jadi referensi bagi ibu-ibu muda yang pengen coba, tapi nga harus kaya gini loh, yang penting sesuaikan aja dengan polanya, yes….


PAGI
SIANG
SORE
MALAM
H-1
Nasi + Lauk
(KH + P)
Roti + Buah
(KH)
Bakwan + Goreng Pisang
(KH)
Roti + Susu + Buah
(KH)
H-2
Roti + Susu + Buah
(KH)
Buah + Sayur
(KH)
Bakwan + Goreng Pisang
(KH)
Telur + Tempe + Tahu + Keju
(P)
H-3
Telur + Ayam + Tahu
(P)
Roti + Buah
(KH)
Bakwan + Goreng Pisang
(KH)
Telur
(P)
H-4
Telur + Ayam + Bubur Kacang Hijau
(P)
Buah + Jus + Roti
(KH)
Sate ayam (P)
Bubur Kacang Hijau
(P)
H-5
Nasi + Lauk
(KH + P)
Tahu + Tempe
(P)
Sate Ayam
(P)
Telur
(P)
H-6
Telur + Ayam
(P)
Bubur Kacang Hijau
(P)
Jagung Rebus + Jus Alpokat
(KH)
Sate Ayam
(P)
H-7
Mie Sayur + Susu Roti
(KH)
Roti + Jus
(KH)
Sate tahu kacang
(P)
Sate daging (P)
H-8
Nasi + Pergedel jagung + Sayur
(KH)
Roti + Susu
(KH)
Bakwan + Goreng Pisang
(KH)
Telur + Tahu + Tempe
(P)
H-9
Roti + Susu + Buah
(KH)
Nasi + Lauk
(KH + P)
Bakwan + Goreng Pisang
(KH)
Jagung rebus + Pergedel Jagung
(KH)
Tabel 1. Contoh menu diet

Seperti yang udah saya bilang diatas, ini bukan menu mutlak, bisa divariasikan sendiri, yang penting ikuti peraturan No.1, mana yang termasuk KH mana yang termasuk P. Dalam sehari, urutan menunya boleh dibolak-balik kok, ngak mesti KH 3x berturut-turut baru KH+P. Yang penting polanya tetap sama dalam 1 harinya.

5.    Makanlah tanpa tambahan apa-apa, kaya saos, mayones, sambal dll.
6. Tau kapan harus berhenti (jangan kekenyangan) dan makan jangan tergesa-gesa (makannya dihayati ibu-ibu cantik, eh…)
7. Minum minuman yang kurang dari 10 kalori. Jus pake gula yang rendah kalori atau nggak usah pake gula, the tawar dan jangan minum minuman yang bersoda.
8.  Minum air putih 8-10 gelas/hari dengan jeda / tidak langsung minum banyak.
9.    Berjalan 2 x 30 menit atau 1 x 45 menit per hari.
10. Jangan terkecoh makanan “bebas lemak”. Makanan yang berlabel “non-fat” tetap aja mengandung kalori. Jadi tetap harus dibatasi.

So, selamat mencoba buat saya dan ibu-ibu muda sekalian. Buat referensi ilmiahnya menjadi “PR” bagi kita bersama. Insyallah, kalau saya udah dapat referensinya, akan saya sharing lagi di blog ini. Jadi nga ada yang protes ya, ini dasar dan landasannya dari mana? Saya juga masih mencari, tapi semoga postingan ini bermanfaat bagi kita bersama…. Semangaaaat……



REFERENSI MOTIVASI
1.            Transfer-aneka-ilmu.blogspot.co.id
2.           Lentera-indahnya-berbagi.blogspot.co.id