Sejak di SMA atau bahkan di SMP kita sudah belajar bahwa Hormon Progesteron adalah hormon yang hanya di temukan pada Manusia atau hewan mamalia. Namun suatu penemuan mengejutkan menjelasakan bahwa ditemukannya Hormon Progesteron pada tumbuhan,tepatnya pada Pohon Kenari. Kita tahu bahwa Hormon Progesteron adalah hormon yang identik dengan Perempuan dan mengatur siklus ovulasi pada perempuan.


Ternyata, diluar sana masih banyak hal-hal yang belum kita ketahui. Masih banyak peluang kita untuk melakukan penelitian-penelitian dan mengungkap betapa besar Kuasa ALLAH yang telah menciptakan langit dan bumi serta isinya. Selain mungkin, masalah makhluk luar angkasa yang sedang heboh-hebohnya sekarang dan menyedot rasa ingin tahu kita. Mungkin pada postingan selanjutnya, saya akan menulis sedikit tentang makhluk luar angkasa yang saya baca dari suatu artikel.....


Oke, ini artikel yang saya CoPas dari Detik.Health.
Selamat membaca, semoga bermanfaat...




POHON KENARI PUNYA HORMON PEREMPUAN


Jakarta, Selama ini mungkin orang telah mengetahui bahwa hormon progesteron dimiliki oleh manusia dan hewan. Tapi penelitian terbaru menemukan pohon kenari punya hormon progesteron.

Progesteron merupakan hormon seks perempuan yang diproduksi di ovarium. Hormon dari golongan steroid ini berpengaruh pada siklus menstruasi perempuan, kehamilan dan embriogenesis.


Hormon progesteron berfungsi menaikkan faktor pertumbuhan epidermal, meningkatkan temperatur inti selama ovulasi, mengurangi kejang dan rileks otot polos (memperluas saluran pernapasan dan mengatur lendir), anti-inflamasi, mengurangi kandung empedu kegiatan, normalisasi darah dan pembekuan pembuluh darah.


Dan baru-baru ini, peneliti telah menemukan hormon seks perempuan ini di pohon kenari. Hal ini merupakan penemuan besar, karena sebelumnya orang hanya tahu bahwa progesteron hanya terdapat pada manusia dan hewan.


Sampai saat ini, peneliti berpikir bahwa selain manusia hanya hewan yang bisa memproduksi progesteron. Sebuah hormon steroid yang disekresi oleh ovarium, progesteron mempersiapkan rahim untuk kehamilan dan mempertahankan kehamilan. Sebuah versi sintetis, progestin, digunakan dalam pil KB dan obat-obatan lain.
"Pentingnya indikasi yang jelas dari progesteron tidak dapat dilebih-lebihkan," tulis Guido F. Pauli dan rekannya dalam jurnal American Chemical Society dari Produk Alami, seperti dilansir dari LiveScience, Selasa (25/5/2010).


Menurut Pauli, meskipun peran progesteron dalam biologi telah banyak dipelajari pada mamalia, tapi alasan kehadirannya pada tumbuhan masih kurang jelas.


Peneliti berspekulasi bahwa hormon progesteron, seperti hormon steroid lainnya, mungkin menjadi bioregulator kuno yang berevolusi miliaran tahun yang lalu, sebelum munculnya tumbuhan dan hewan moderen.


Penemuan baru bisa mengubah pemahaman ilmiah tentang evolusi dan fungsi progesteron dalam hidup organisme.


Peneliti sebelumnya mengidentifikasikan zat mirip progesteron pada tumbuhan, dan berspekulasi bahwa hormon itu sendiri ada di tumbuhan.


Pauli dan rekannya menggunakan dua teknik kekuatan laboratorium, yaitu resonansi magnet inti dan spektroskopi massa, untuk mendeteksi progesteron dalam daun pohon kenari jenis Common Walnutatau English Walnut.


Pauli juga mengidentifikasi lima progesteron yang terkait steroid pada tumbuhan, termasuk pada famili bunga buttercup.