Sering nggak sih, kamu ngerasa kulit wajahmu 'tebal'? Alias, banyak sel kulit mati yang menumpuk dan menyebabkan wajah jadi kasar. Nggak cuma itu, wajah jadi kusam, penuh komedo dan mudah berminyak. Nah, berarti kamu butuh scrub, nih! Tapi, produk scrub apa yang cocok jadi daily scrub dan aman buat kulit untuk usia kita?

Well, nggak perlu nyoba merk scrub yang aneh-aneh, pakai POND'S White Beauty Facial Scrub aja! Produk POND'S tentunya sudah memiliki nomor BPOM dan punya label halal di kemasannya juga, lho. Jadi, kamu ga usah ragu soal aman-nggaknya buat kulit. Brandnya pun sudah terkenal dan produknya mudah dijumpai dimana-mana. Buat kamu yang baru pertama kali dan ingin pakai scrub, nggak ada salahnya pakai POND'S White Beauty Facial Scrub.

Anyway, aku dapat produk ini dari Home Tester Club. Free sample gitu, datang satu paket dengan produk POND'S yang lain. Thank you, Home Tester Club!

Baiklah, kita bahas dari segi packaging-nya dulu. Dengan ukuran segenggaman tangan dan berat 50 gram, POND'S White Beauty Facial Scrub pun mudah dibawa kemana-mana. Kecil, jadi bisa dimasukin pouch, deh! Warnanya pun minimalis, hanya dihiasi dengan logo POND'S dan keterangan jenis produk serta desain yang berwarna pink & gradasi ke ungu tua. Bagi yang kurang paham dengan produk POND'S dan malas membaca jenis produk, bisa jadi tertukar mengira produk ini adalah facial foam. Awas ya, dibaca baik-baik sebelum membeli, hehe.

Cara menggunakannya adalah mengikuti step-step di bawah ini:
- Basahi wajah dengan air
- Buat busa dengan tangan
- Pijat lembut pada wajah dan leher dalam 2-3 menit
- Sesudahnya, langsung bilas dengan air sampai bersih
- Keringkan wajah dengan handuk atau tisue
​​​​​
Ketika aku buka tutup tube-nya, terlihat formula scrub ini berwarna putih dengan scrub kecil-kecil yang berwarna sama. Aromanya lembut dan wangi, tapi tidak menyengat. Scrubnya sangat kecil sampai hampir tak terlihat mata, tetapi teksturnya cukup terasa lho di kulit wajah. Cukup pencet sedikit saja, sudah cukup kok untuk seluruh area wajah. Jangan lupa, aplikasikan ketika kulit wajah masih basah oleh air, karena kalau kita aplikasikan ketika kulit wajah kering, scrub ini akan terasa menyakitkan (ada gesekan antara scrub dengan kulit wajah yang kering) dan gak bisa bekerja secara optimal.

Waktu aku pakai dan aku pijat-pijat halus di kulit wajah, terasa butiran kasar dari scrub-nya. It feels good at beginning, tapi lama-kelamaan ketika wajah mulai kering (karena airnya terserap), scrubnya mulai terasa sakit dan perih di kulit. Ada sensasi panas juga, tapi gak dominan. Ketika 2-3 menit dipijat-pijat dan kita ngerasa sel kulit mati di wajah terangkat, langsung bilas wajah secara merata. Setelah dibilas, keringkan wajah (aku pakai tissue yang ditepuk-tepukkan untuk menyerap air).

Setelah pemakaian, aku merasa kulit wajah kenyal, sekaligus kesat. 1 jam setelah pemakaian, kulit wajah masih cenderung kering dan gak berminyak sama sekali. Wajar sih, karena scrub kan memang bersifat mengikat sel kulit mati dan minyak. Dan wajahku jadi kemerahan setelah pakai scrub. Mungkin, karena efek dari scrub-nya yang kasar & bergesekan dengan kulit tadi. Dan, kulit wajah terasa bersih dan gak 'tebal' lagi. Yeaaay!

Oh ya, meskipun claim-nya adalah 'daily facial scrub' which is boleh dipakai tiap hari, aku menyarankan agar jangan sering-sering pakai scrub. Minimal 3 hari sekali, atau 1 minggu sekali lah. Kulit kita nanti bakal lebih tipis, mudah iritasi, mudah berjerawat dan malah bikin minyak berlebih, lho.

Price: Rp. 29.000 (menurut id.priceprice.com)
Available on: minimarket, supermarket, toko kosmetik.

(+)
- Mudah ditemukan dimana-mana
- Punya nomor BPOM & label halal
- Brand yang sudah terkenal sehingga ga perlu diragukan
- Wanginya lembut
- Pemakaian sedikit, cukup untuk seluruh area wajah
- Scrub kecil-kecil tapi efektif untuk mengangkat sel kulit mati, minyak & kotoran di wajah
- Berfungsi ganda sebagai scrub sekaligus foam
- Harganya murah
- Jika dipakai rutin, wajah akan terlihat lebih cerah sekaligus menghilangkan kulit yang 'tebal'
- Setelah pemakaian, wajah jadi gak berminyak
- Karena pemakaiannya sedikit, jadi bisa awet sampai beberapa bulan

(-)
- Scrubnya kasar dan bikin perih di kulit
- Ada sensasi sedikit panas ketika memakainya
- Wajah jadi kemerahan setelah memakai scrub
- Disarankan agar tidak dipakai setiap hari

Repurchase? Yes. Tapi masih pengen mencoba produk scrub dari brand lain buat membandingkan.

Nah, itulah pengalamanku memakai POND'S White Beauty Facial Scrub. What about yours? Share yuk pengalaman kalian di kolom komentar.