Peserta #BloggerMuslimahMeetUp
Bermula dari undangan sebuah grup menulis, untuk mengikuti acara yang diberi nama #BloggerMuslimahMeetUp. Sebenarnya sudah lama ingin kumpul bareng para blogger saat acara kopdar, namun ini kali pertama terwujud (Minggu, 27 Agustus 2017). Menjadi motivasi untuk terus berkarya, mengingat moodku yang selalu turun naik dalam menulis.

Lokasinya tidak jauh dari halte busway Matraman, tepatnya di kantor Nutrifood Inspiring Center, Apartemen Menteng Squre. Cukup mudah menemukan tempat tersebut, ketika sudah sampai di pos security akan langsung menunjuk gedung yang berada tepat di depannya. Terdiri atas dua lantai dan ketika pertama masuk saya seperti sedang berada di sebuah kafe, minimalis tapi rapi serta bersih.

Beberapa pengunjung tengah mengobrol santai di sebuah sofa putih, pada dinding atasnya bertuliskan "Nutrifood Inspiring Center", sedangkan sebelahnya ada pantry yang menyediakan beberapa varian rasa minuman sehat. Melihat konsep yang diusung, tidak heran bila seluruh peserta yang hadir di acara kali ini dilarang membawa makanan digoreng.

"Permisi mas, kalau pertemuan blogger muslimah di sini bukan?" tanyaku memastikan.
"Iya, langsung ke lantai atas aja mbak. Sudah pada kumpul ko."
"Terima kasih."

Mba Liswanti memperkenalkan diri
Melihat tumpukan alas kaki di bawah tangga, saya pun langsung naik ke lantai 2. Hanya berselang beberapa menit setelah registrasi, acara pun dimulai dengan duduk lesehan. Meskipun di antara kami sudah ada yang saling kenal, tetapi agar lebih mengakrabkan diri dengan sesama anggota akhirnya perkenalanpun dilakukan, jadi bisa tahu alamat sosial media dan blog tiap peserta. Sebagai MC, Mba Liswanti Pertiwi menyampaikan rasa terima kasihnya atas kedatangan para peserta lalu mempersilakan Uni Novia Syahidah Rais selaku Founder Blogger Muslimah melanjutkan.

Uni Novia,  Founder BM
Diceritakannya perjalanan Blogger Muslimah, yang sempat vakum namun bangkit kembali atas dukungan para anggotanya. Saya pun merasa bersyukur bisa menjadi bagian dari Blogger Muslimah, terlebih tema kali ini "Membaca Dunia, Menulis Semesta" menggugah diri dalam mengenal lebih banyak seputar dunia literasi.

Sebagai selingan, gamespun dilemparkan dan yang beruntung mendapat bingkisan menarik dari Blogger Muslimah. Sayangnya, hanya satu orang yang terpilih dan itu bukan saya... :(


Peserta yang beruntung menerima bingkisan

Menggali Ide, Mencipta Karya Memasuki Dunia Penerbitan

Mba Dee menyemangati melalui materi
Materi mulai dibedah oleh Mba Rahmadiyanti Rusdi mengenai dunia penerbitan. Menurut Mba Dee (sapaan akrab Rahmadiyanti), yang dibutuhkan penulis adalah gagasan atau ide. Karena penulis hidup dari gagasan yang ia miliki, sesuatu yang berbeda dari orang lain sehingga dapat menghasilkan hal baru atau orisinalitas. Ide itu dapat dimunculkan melalui 4 C : Content, Context, Creativity, dan Community.

Walaupun penulis pemula, keyakinan harus terlebih dahulu dimiliki apakah naskahnya layak atau tidak untuk diterbitkan. Sebagaimana tips yang disampaikan oleh Mba Dee berikut ini :
1. Beranikan diri untuk mengirim naskah pada penerbit.
2. Tunjukkan keunggulan naskah yang dimiliki dan tentunya menarik untuk dibaca.
3. Apapun hasilnya, nikmati prosesnya.

Penerbit akan selalu mencari naskah yang bagus dan menarik, sesuai dengan tema, tren dan kebutuhan pembaca. Jadi, penulis pun perlu memperhatikan persyaratan yang diajukan penerbit saat mengajukan naskah. Untuk menyiasati itu, Mba Dee berbagi tips supaya menembus penerbit :
1. Miliki hal-hal baru yang menarik perhatian publik.
2. Punya kejelasan segmen buku yang ditulis.
3. Kualitas penulisan, sistematis, aktual.
4. Buat sinopsis yang menarik + daftar isi + 3 bab awal.
5. Amati tren buku & sering ke toko buku.

Di akhir materi, Mba Dee pun menyebutkan peran sosial media yang mempunyai pengaruh besar dalam menyebarluaskan serta menyukseskan apa yang kita lakukan.


Kenangan untuk Mba Dee dari BM

Belajar Cantik Bersama Viva Cosmetics
Sebab wanita ingin selalu tampil cantik, maka lengkaplah di acara #BloggerMuslimahMeetUp ini menghadirkan beauty class sebagai warnanya. Walaupun bukan beauty blogger, tetapi setiap wanita juga harus menjaga penampilannya di mana dan kapanpun. Ialah Viva Cosmetics, yang bersedia memberikan ilmunya seputar dunia kecantikan. Ibu Indah, Kepala Unit Hubungan Konsumen dari Viva Cosmetics, mulai memperkenalkan sejarah berdirinya yang telah melalui perjalanan panjang sejak 55 tahun lalu. 

Ibu Indah & Tim Viva mulai beraksi
Tahun 1962, awalnya bernama PT. Farmasi Vita dan setelah mengalami pengembangan, berubah menjadi PT. VitaPharm. Konsistensinya terhadap kualitas, produk disesuaikan dengan kulit wanita Indonesia yang tinggal di daerah tropis, membuat Viva Cosmetics mampu bertahan hingga kini. 

Atas kerja kerasnya, Viva Cosmetics berhasil meraih berbagai penghargaan, diantaranya : Indonesian Best Brand Award Double Platinum untuk 14 tahun berturut-turut kategori Milk Cleanser & Face Tonic, Top Brand For Teens 2015, BPOM Award, Indonesia Living Legend Brand, Moeslem Award Sertifikat, dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya penghargaan yang didapat, kita pun merasa yakin Viva Cosmetics memang aman dan berkualitas, apalagi telah memiliki label halal dari MUI dan bersertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik). Jadi, ketika para peserta diminta mengaplikasikan produk viva, tidak ada keraguan untuk mencobanya.

Mba Erma menjelaskan permasalahan kulit
Mba Erma bertindak sebagai pemandu menjelaskan bahwa kulit cantik itu bersih dan sehat. Dan kita pun harus tahu jenis kulit masing-masing; normal, berminyak, kering, atau kombinasi, untuk disesuaikan dengan jenis perawatan yang akan dipakai. Membersihkan wajah harusnya dilakukan tiga kali dalam sehari, menggunakan milk cleanser dan face tonic. Sementara jika mencuci wajah hanya dengan facial wash, sekedar mengangkat kotoran di permukaan wajah. 

Viva Cosmetics
Setelah memastikan tangan bersih, selanjutnya tiap peserta dapat mulai merias wajahnya dengan make up kit yang telah dibagikan. Berikut tahapannya :
1. Bersihkan area mata dan bibir dengan gerakan melingkar menggunakan Viva Eye & Lip Make UP Remover.
2. Bersihkan wajah dan leher secara maksimal dengan Viva Milk Cleanser. Lakukan gerakan rotasi di seluruh wajah dan leher lalu bersihkan dengan kapas.
3. Angkat sisa Viva Milk Cleanser secara sempurna dengan Viva Face Tonic. Gunakan kapas dengan gerakan mengusap ke atas.
4. Gunakan Viva Pelembab ke seluruh wajah dan leher.
5. Aplikasikan Viva Liquid Foundation yang setingkat lebih gelap dari warna kulit, pada wajah dan leher lalu ratakan.
6. Gunakan Viva Compact Powder dengan menepuk-nepukkan ke seluruh wajah.
7. Bentuk alis dengan Viva Eye Brow Pencil.
8. Ulaskan Eye Shadow warna terang/muda di area bawah alis dan warna tua di kelopak mata. Baurkan keduanya dengan halus.
9. Gunakan Eye Liner, dimulai dari arah dalam ke luar.
10. Sapukan Blush On yang sesuai dengan warna Eye Shadow.
11. Terakhir, gunakan lipstick.

Rasa puas para peserta tergambar dari rona wajah yang terlihat segar nan ceria. Pemahaman baru mengenai perawatan wajah, mungkin akan bisa diterapkan sepulang dari sini.

Di antara waktu istirahat, sambil menikmati makan dan minum yang tersedia, perhatian kami pun tak bosan pada tiap sudut bangunan kantor Nutrifood Inspiring Center ini. Kekeluargaan terjalin secara alami, menghadirkan nuansa saling berbagi, entah itu makanan atau pengalaman. Cerita mengalir di dalamnya, tanpa kesengajaan atau imbalan lain. Ruangan ini menjadi saksi dan motivasi tentang indahnya kebersamaan saat pertemuan itu dihadirkan kembali.

Ornamen pada salah satu sisi ruang lt. 2
Menyambung mengenai produk, baik kecantikan maupun kesehatan, Gogobli Indonesia merupakan toko online terpercaya atas dasar telah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan Indonesia (BPOM), sehingga semua produknya aman dikonsumsi dan digunakan. Secara singkat, Mba Dita mempresentasikan keunggulannya. Melalui Gogobli Indonesia, kita bisa terbantu dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan, karena adanya jaminan yang diberikan. 


Perkenalan sekilas Mba Dita
Merangkai Aksara, Mencerna Makna 
Belum sempurna bila pertemuan ini tidak menyajikan tata cara menulis, agar kepercayaan diri semakin terpupuk sebelum melangkah maju memasuki dunia penerbitan. Jadilah Uni Novia memberikan workshop kilat tentang menulis fiksi. 

Uni Novia memaparkan jenis karya fiksi
"Semua unsur-unsur dalam karya fiksi harus saling melengkapi dan punya hubungan sebab akibat." Uni Novia menyimpulkan.

Adapun modal dasar seorang penulis yaitu : mencintai, membaca dan latihan. Dengan mencintai dunia tulis menulis, maka seorang penulis akan terus menulis walaupun ada tidaknya bayaran diperoleh. Dan melalui membaca, akan semakin terasah dari tata bahasa maupun penyampaian. Terus berlatih agar semakin terampil dalam menulis.

Usai materi disampaikan, tantanganpun diberikan kepada peserta, "Menulis kalimat pembuka yang menarik, menggelitik dan membuat penasaran di Facebook dengan tema bebas". Begitu perintah yang tertulis dan waktu diberikan dalam 10 menit.

Sama sekali tidak ada gambaran tentang cerita yang hendak disampaikan melalui Facebook, terlebih ketidakaktifan saya selama ini menghambat kelancaran dalam menulis kata-kata. Jadilah bertutur sekenanya.

Ada Kenangan dalam Pertemuan

Pemenang lomba menerima hadiah
Dan, saatnya membagikan hadiah-hadiah dari para sponsor bagi pemenang yang beruntung, mendapatkan : Khimar dan gamis yang indah nan anggun dari Margaw, gamis dari Mozlaik, tas kanvas dari Heejou, jilbab dari Anizah, serta paket buku by Novia Syahidah.


Bingkisan dari Viva Cosmetics
Souvenir cantik dari She Collection
Meski tidak memenangkan hadiah, akan tetapi ilmu yang berguna mampu memotivasi. She Collection juga sudah berbaik hati membagikan pin cushion cupcake-nya yang imut ditambah produk dari Viva Cosmetics diberikan secara cuma-cuma. Sangat memuaskan dan berhasil, menurutku acara #BloggerMuslimahMeetUp yang diadakan kali ini. Semoga Blogger Muslimah bisa semakin eksis dan terus menginspirasi teman-teman lainnya untuk berkarya, serta memberi arti untuk sesama. 

https://twitter.com/blogmuslimah_id