Lagi bebenah blog yang penuh dengan sarang laba-laba ini, karena udah lama banget ga keurus, terus lihat postingan ini isinya cuma foto dan caption bla bla bla, kok rasanya gemes banget yaa.. hahaha..

Walau fotonya sudah diupload dari 2 tahun lalu, tapi cerita mengenai cita rasa makanan ini ga pernah hilang. Iya, soalnya sampai sekarang, makanan ini masih sering dibeli karena yaaaa I Love Soto Betawi!!

Dulu, pernah diajakin makan soto kali ini di daerah Dago, Sop kaki kambing 999 khas Jakarta dan segengnya itu. Dulu banget ya jaman masih SD apa SMP gitu. Anak kecil makan ginian kan mana inget dan ngeh juga ya kalau makanan ini enak dan penuh kolesterol. Yang diinget dulu sehabis makan tuh cuma satu! MAHAL!! 😂

Iya, dulu zaman tahun 2000-an, makanan diatas 30rb itu udah mahal banget. Keluar uang segitu banyak buat makan doang itu kayak ga berguna, toh cuma ngenakin lidah doang. 😅

Lho lho lho…

tapi kok semenjak sudah kerja dan jajan pake uang sendiri, makin sini makin jatuh cinta ya sama si sop kaki ini atau bisa disebut soto betawi. Walau mahal (yang gak mahal-mahal banget sebenernya) tapi rasanya itu enak banget!! Walau makanan ini jahat ya! Penuh kolesterol.. yaaaa gimana gak jahat! Coba lihat penampakannya, makanan ini udahlah isinya jeroan, dikasih emping, kuahnya kuah susu/santan lagi!! Kalorinya berapaaa cobaaaaaaa…. Tapi, walau jahat aku tetap cinta.. kayak pas pacaran zaman cinta monyet dulu…

Lihat kuahnyaaa…

Lihat penampakan semangkuk dosa (bagi yang diet) yang isinya terkandung sesuatu yang  JAHAT!!

Potongan dagingnya..

Sebagai ilustrasi, aku menggunakan foto hasil jepret dikedai soto Betawi langgananku. Aku punya 2 referensi tempat makan soto betawi yang enak!

1. Soto Betawi H. Mamat Jalan Banteng

Siapa tak kenal diaaa… (nyanyi pake nada lagu Boy-Ikang Fawzi)

iya coba, siapa yang tak kenal? Soto Betawi H.Mamat, stoto yang  katanya paling otentik dan diimpor langsung dari Jakarta ini udah punya penggemarnya sendiri di kota ini. Cabangnya di Bandung yang di jalan Banteng adalah bukti dari eksistensi soto betawi ini. Gerainya penuh ketika jam makan siang.

awalnya tahu soto betawi ini dati rekan kerja yang ngegojekkin makanan ini ke kantor. Menu yang ditawarkan juga beraneka ragam, mulai dari daging goreng, soto betawi, sop kaki kuah bening dan masih banyak lagi (agak lupa).

Waktu pertama kali nyoba itu daging goreng punya temen itu, rasanya enak dan meresap. Karena penasaran, besoknya langsung beli ke tempatnya, karena kebetulan lokasinya ga jauh dari rumah.

Posisi lagi hamil, malem-malem, mana sempet kejebak hujan, akhirnya sampai pula di tempat itu. Dengan segala drama dan didukung cuaca yang dingin-dingin syahdu, kamipun memutuskan makan di tempat H.Mamat. Pesen daging goreng kuah susu dan sop bening. Kami datang ketika sejam mau tutup. Kalau ga salah tutupnya jam 8 malam.

Pesanan kami datang setelah menunggu diolah, wanginya udah ga ketahan lagi. Kuah susunya lekoh banget kalo kata orang sunda. Bener-bener kental banget rasanya.  Cuma pas nyobain daging gorengnya tanpa kuah, menurutku kurang pas, agak asin dikit. Kalau dicampur kuahnya, udah ga usah ditanya!! Juaraaaa!! Tapi kalau kelamaan agak eneg, hati-hati ya buat yang punya kolesterol! Sop nya juga enak, tapi agak berat. Mungkin karena kelamaan ngegodog kaldu sapinya kali ya, jadi rasanya itu gurih sekali. Kita juga datengnya malem-malem pas mau tutup.

Harganya standar, sekitar 30-35rb. Tapi porsi nasinya dikit. Bisa nambah kalau kurang.

Kalau kalian mau makan soto betawi paling otentik, saudara sekalian bisa langsung menuju Soto Betawi H.Mamat di Jalan Banteng. Depan Mie Kocok H. Dadeng.

2. Sop Kaki Sapi: Kiki

Nahhhh!!! Kalau ini Sop Kaki Sapi Langgananku!

Kiki…… do you love me, are you driving… (laaahh malah #kekechallenge)

Untuk sop kaki ini, ga usah ditanya deh!! Langganan banget! Selain harganya yang murah, lokasinya juga mudh dijangkau, dipinggir jalan banget!! Kuah santannya juga ga seberat H.Mamat. Enak banget pokoknya.

Di sini bisa milih isinya mau apa aja. Mau daging aja bisa, mau campur juga bisa, mau lebih speesifik pengen paru, tulang muda, tamusu aja juga bisa. Bebas! Bisa request!! Yang ga bisa reques cuma satu, yaitu kuah!!! Iyaa, kuahnya cuma ada kuah santan aja. Ga ada kuah bening. Tapi beneran harus coba. Because you won’t regret! Ini soto betawibyang sesuai dengan lidah urang sunda… tinggal tambah kecap, sambel dan jeruk nipis yang buanyaaak.. mantap tenaaann….

Harga soto inipun standar, 35rb sudah dengan nasinya!

Lokasinya dipinggir jalan sejajaran dengan PT.Inti Moh.Toha. Ga jauh dari gerbang masuk PT.Inti. Bukanya dari Sore-Malam. Selalu fresh!! Kalau lewat suka penuh. Habis enak sih!! Buat anak-anak daerah Bandung Selatan, mau makan soto betawi enak ga usah jauh-jauh ke kota, langsung cuss ke sini ajaaa…

Kalau kalian, dimana soto betawi favoritnya? Bisa share juga d kolom komen!