Waktu saya bekerja di sebuah portal berita kuliner, setiap tahun saya 'ikut merayakan' Tahun Baru Imlek dengan mencicipi yu sheng alias yee sang saat liputan Imlek di berbagai hotel di Jakarta. Sejujurnya dulu saya bosan setiap tahun harus menulis hal yang sama tentang makanan khas Imlek ini. :D

Sudah tiga tahun berlalu sejak saya terakhir bekerja di media kuliner tersebut, dan kebetulan pada Selasa (30/01/2018) saya diundang oleh Grand Mercure Jakarta Kemayoran untuk mengenang kembali citarasa yee sang dan melakukan tradisi prosperity toss. Hmm... Rasanya kangen juga sama yee sang yang dulu bisa saya nikmati sampai tiga kali dalam setahun dalam liputan yang berbeda.



Memangnya apa, sih, yee sang itu? Merangkum dari Wikipedia, yee sang adalah salad ikan mentah ala Kanton yang identik dengan perayaan Tahun Baru Imlek di Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Secara harfiah, yu sheng berarti 'ikan mentah', tapi karena homofon dengan kata yang berarti 'kemakmuran' dalam Bahasa Kanton, tradisi yu sheng dijadikan simbol kemakmuran, kesejahteraan, dan semangat dalam mengawali tahun.

Salad ini terdiri dari banyak bahan berwarna-warni, bikin tampilannya menarik. Tapi bukan cuma soal estetika, bahan-bahan ini juga memiliki makna-makna baik. Misalnya, wortel dianggap perlambang keberuntungan, sedangkan taburan kacang tanah yang dicincang kasar menjadi simbol rumah tangga yang dipenuhi dengan emas dan perak.

Yee sang sebelum dicampur 

Biasanya bahan seperti wortel dan lobak yang diiris memanjang dan tipis seperti mie, acar jahe iris, bawang bombai, kacang tanah cincang, serta irisan daging ubur-ubur sudah disiapkan di piring, namun belum dicampur. Saat seremoni yu sheng dimulai, barulah satu orang menambahkan irisan tipis salmon mentah, bubuk merica, minyak, saus plum, serta keripik pangsit ke piring yee sang secara satu per satu diiringi ucapan berupa harapan baik.

Setelah itu, setiap orang yang mengelilingi yee sang tersebut mengangkat-angkat isi yee sang dengan sumpit (makanya wortel dan lobaknya dibuat seperti mie agar mudah diangkat dengan sumpit) tinggi-tinggi sambil mengucap 'Lo hei! Lo hei!'. Dipercaya, tingginya mengangkat yee sang mencerminkan tingginya pertambahan kekayaan orang tersebut. Kemudian, yee sang disantap bersama.

Seperti apa rasanya yee sang? Enak, sih, menurut saya. Sayurannya segar, berpadu dengan daging salmon yang lembut dan gurih, keripik yang renyah, serta saus plum yang manis. Kalau boleh bungkus, mah, saya mau bawa pulang daripada sisa yee sang yang masih banyak itu dibuang.

Mau mencoba sendiri pengalaman unik menarik-narik dan menikmati yee sang yang hanya ada saat Imlek ini? Anda bisa reservasi tempat untuk makan malam perayaan Tahun Baru Imlek 2018 di Magnolia Grand Ballroom Grand Mercure Jakarta Kemayoran, Kamis 15 Februari 2018, mulai pukul 18.30.

Di acara yang bertajuk 'The Journey of Love with Tina Toon' ini, Anda tidak sekadar menikmati makan malam bersama keluarga. Akan ada berbagai hiburan, mulai dari iringan petikan guzheng (alat musik mirip kecapi), barongsai, parade, tarian phoenix dan lampion, wushu, sampai puncaknya penampilan mantan artis cilik Tina Toon berikut homeband.

Menurut Aloysia Sekar, Marketing Communication Manager Grand Mercure Jakarta Kemayoran, acara dibuat padat dengan berbagai hiburan agar keluarga yang datang ke acara makan malam Imlek ini tidak bosan. "Sesuai dengan slogan Grand Mercure, 'Bringing Stories to Life'," kata Sekar di Konferensi Pers The Journey of Love, Selasa (30/01/2018).

Konferensi Pers 'The Journey of Love with Tina Toon'. Foto: Grand Mercure Jakarta Kemayoran

Wanita berambut pendek ini menambahkan, tema 'The Journey of Love' dipilih karena pihaknya mencoba mengombinasikan perayaan Imlek dengan Hari Valentine yang hanya memiliki selisih dua hari dengan Tahun Baru Imlek.

"Hari Valentine biasanya dirayakan bersama pacar. Nah, lewat 'The Journey of Love', kami ingin mengubah pandangan bahwa Hari Valentine bisa juga kok diperingati bersama keluarga atau teman," jelas Sekar.

Yee sang akan disajikan di awal. Selanjutnya, Anda bisa memilih sendiri makanan yang ingin Anda nikmati dari sajian buffet yang konon terdiri dari lebih dari 100 jenis makanan. Konsep santap malam Imlek tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang berupa set menu dan terdiri dari 8-9 courses. Menurut Jefri dari tim F&B Grand Mercure Jakarta Kemayoran, hidangan yang ada nanti berasal dari 5 regions of China seperti Szechuan, Hunan, Cantonese, dan lainnya. Hmm... Sounds interesting, ya?

Lo hei! Lo hei! Foto: Grand Mercure Jakarta Kemayoran

Tina Toon yang akan menjadi bintang utama di event ini mengatakan bahwa malam Imlek penting dirayakan dengan sebaik-baiknya bersama keluarga karena seperti sugesti untuk setahun ke depan. "Kalau malam Imleknya bagus, dipercaya ke depannya juga akan hoki," tutur Tina.

Karena itu, untuk penampilannya di tanggal 15 Februari nanti, ia sudah menyiapkan sesuatu yang spesial. "Bagi orang Tionghoa, emas melambangkan kemakmuran dan lampion melambangkan terang. Kurang lebih seperti itu konsep kostum yang akan saya kenakan. Jadi bukan sekadar gaun," ucap Tina memberikan bocoran.

Selain itu, kata Tina, di tengah-tengah penampilannya yang membawakan lagu-lagu berbahasa Mandarin, akan ada lagu-lagu bertema cinta karena masih dalam suasana Hari Valentine.

Selain hidangan istimewa dan hiburan menarik tadi, para tamupun berkesempatan mendapatkan berbagai voucher lewat games-games yang akan dimainkan. Ada pula fasilitas seperti photo booth, arena bermain anak, serta welcome drink!

Semua keseruan perayaan malam Tahun Baru Imlek tersebut bisa Anda rasakan dengan membayar Rp 418.000++/orang. Pastikan Anda sudah reservasi karena tempat sudah hampir full. Segera hubungi 021-22601111 atau email ke H9896-FB2@accor.com.

Kehabisan tempat di The Journey of Love, atau memilih merayakan Imlek dengan brunch saja? Grand Mercure Jakarta Kemayoran menghadirkan paket seharga Rp 288.000++ untuk menikmati sajian buffet di Catappa Restaurant pada 16 Februari 2018.

Area makan Catappa Restaurant
Buffet Catappa Restaurant

Anda juga bisa menginap di hotel bintang lima ini dengan harga spesial yakni Rp 818.000++/malam, khusus untuk pemesanan lewat accorhotels.com/9896. "Rate ini paling rendah di mana-mana. Kalau Anda bisa menemukan yang lebih murah, buktikan kepada kami dan Anda akan kami berikan free stay," jamin Sekar.

Let's celebrate Chinese New Year 2018 in Grand Mercure Jakarta Kemayoran, guys! For more info, please contact 081387322226 or send email to H9896-pr@accor.com.