Saya bersyukur di rumah ada pohon nangka. Soalnya, buah berdaging kuning, manis, dan wangi ini sepertinya agak susah dicari versi matangnya (kalau nangka muda, sih, di pasar banyak). Kalaupun ada yang menjual, biasanya nangkanya entah asam, hambar, berdaging tipis, atau berwarna pucat. Alhamdulillah, nangka yang ditanam mama di rumah sekitar 20 tahun lalu ini termasuk yang berkualitas bagus. Dagingnya tebal, warnanya kuning keemasan cenderung oranye, dan manisnya aduhai. Kalau sudah coba biasanya ketagihan.

Kemarin lusa, kebetulan ada nangka jatuh. Sebelumnya, sempat beberapa kali buah yang jatuh masih setengah matang, jadi tidak manis. Nah, yang ini kebetulan sudah masak pohon jadi rasanya manis. Sebenarnya, buah manis lebih enak dimakan segar, tapi membosankan juga. Hmm, enaknya diolah jadi apa ya? Biasanya jadi kolak atau digoreng, tapi rasanya sayang buah manis begini diolah seperti itu lagi. Tiba-tiba, saya kepikiran bikin es krim nangka.

Es krim nangka homemade yang creamy siap disantap!

Saya pernah melihat video simpel di YouTube tentang cara membuat es krim yang creamy. Ternyata sederhana kok, bahan utamanya cuma whipped cream dan susu kental manis. Saya cari resep es krim nangka. Wah, ternyata memang mudah! Saya jadi bersemangat membuatnya.

Resep ini saya intip dari sini, tapi saya melakukan beberapa penyesuaian. Berhubung saya tidak menemukan whipped cream bubuk (yang harus dicampur susu cair), saya pakai whipped cream cair. Resep es krim nangka homemade ini simpel cara membuatnya dan cuma perlu 3 macam bahan.

Hasilnya adalah es krim creamy lembut seperti es krim Wall's literan atau yang dijual di kotak itu. Hmm yummy... Saya lebih suka es krim seperti ini daripada es puter yang kurang creamy dan cenderung mengandung kristal es. Mungkin es puter tersebut dibuat menggunakan maizena, telur, gula, dan bahkan SP seperti es krim rumahan biasa.

Yuk, coba bikin di rumah!

Bahan:
- 250 ml whipped cream cair, simpan di kulkas
- 130 ml susu kental manis putih
- 150 gram nangka matang (untuk diblender)
- Nangka matang untuk campuran, potong dadu
- Sedikit esens nangka (saya tidak pakai)

Alat:
- Blender
- Mikser
- Wadah plastik berpenutup (kotak makan)
- Sendok
- Freezer

Cara membuat:
1. Blender 150 gram nangka dan susu kental manis sampai halus dan merata. Sisihkan.
2. Keluarkan whipped cream dari kulkas dan tuangkan ke mangkuk mikser. Kocok whipped cream dengan kecepatan paling tinggi sampai mengembang (sekitar lima menit).
3. Turunkan kecepatan mikser. Campurkan adonan nangka ke dalam adonan whipped cream. Biarkan mikser mencampur kedua adonan sampai rata atau sekitar lima menit. Matikan mikser. Cicipi rasanya. Kalau kurang manis, tambahkan susu kental manis dan kocok lagi dengan mikser sampai merata.
4. Tuangkan nangka yang sudah dipotong dadu ke dalam adonan es krim. Aduk rata.
5. Tuangkan adonan es krim ke kotak makan, tutup, lalu bekukan di freezer.
6. Keluarkan dari freezer. Sekop es krim dan sajikan di gelas. Es krim nangka siap dinikmati selagi beku.

Es krim nangka yang sudah dikeluarkan dari freezer. Seperti daging buah durian dan bijinya, ya?

Untuk: 5 porsi

Tips:
- Resep ini tak memerlukan gula tambahan karena susu kental manis dan nangkanya sudah manis.
- Whipped cream bubuk plus susu cair memang lebih ekonomis dari sisi harga. Tapi soal hasil, dibanding whipped cream cair, sepertinya sama saja. Malah, whipped cream cair bisa dikocok lebih cepat (5 menit) dibanding whipped cream bubuk plus susu cair (15 menit).
- Dari beberapa resep yang saya baca, whipped cream harus dingin sekali saat dikocok. Mungkin agar lebih cepat mengembang.
- Untuk nangka yang diblender, saya memilih nangka yang agak terlalu matang agar manis. Untuk nangka yang dipotong dadu, saya memilih nangka yang tidak terlalu matang agar terasa renyah saat dikunyah.
- Es krim yang dihasilkan dari resep ini lebih terasa susu daripada nangkanya. Karena itu, jika ada dan suka, Anda bisa menambahkan esens nangka untuk memberikan aroma dan rasa nangka yang lebih kuat serta warna kuning yang lebih mencolok. Mungkin bisa juga kalau proporsi nangkanya diperbanyak dibanding susu kental manisnya, tapi mungkin hasilnya tidak se-creamy ini. Masih harus diuji coba, sih.
- Saya menambahkan potongan nangka ke adonan es krim dengan royal. Jadi, ada kombinasi tekstur lembut es krim dan kenyal dari buah nangka. Potongan nangka juga ditambahkan untuk menguatkan rasa nangka di es krim.
- Kalau mau mengganti nangka dengan buah atau bahan perasa lain, boleh banget, lho. Resep dasarnya hanya whipped cream dan susu kental manis, kok. Selanjutnya, saya mau coba bikin es krim mangga pakai buah dan sirop mangga, nih, terus saya kombinasikan dengan es krim vanili homemade. Hmm...

Jadi kepingin coba resep ini tapi enggak ada nangkanya? Coba pantengin Instagram saya, @velvetycrema. Kadang, kalau sedang ada nangka jatuh dan kualitasnya baik, saya jual di sana.

Sudah mencoba resep es krim nangka simpel ini? Share lewat comment di bawah, ya!