Sejak dulu A&W terkenal akan menu cepat sajinya yang ala Amerika. Namun, baru-baru ini restoran tersebut meluncurkan menu baru yang bukan terinspirasi dari Negeri Paman Sam, melainkan Negeri Sakura, yakni mixbowl kari Jepang! Hmm... How's the taste?

Japanese Curry Premium Mixbowls

A&W ini semacam restoran nostalgia untuk saya dan keluarga. Dulu kami sering makan di restoran khas Amerika ini. Kata mama, ayam goreng dan saus sambalnya lebih enak dan berbumbu dibanding hidangan serupa di restoran cepat saji lain, walau porsinya mungkin tak begitu besar.

Restoran A&W di Carrefour Puri Indah, Jakarta Barat

Nah, weekend kemarin saya dan keluarga mengulang nostalgia tersebut dengan mampir ke A&W Restoran di Carrefour Puri Indah. Mama seperti biasa memesan ayam goreng dan nasi putih. Namun, saya penasaran dengan menu barunya: Japanese Curry Premium Mixbowls dengan 3 pilihan (ayam, udang, ikan). Sebelumnya memang sudah ada Blackpepper Mixbowl, namun hidangan baru tadi lebih terlihat oriental. Menu ala Jepang di restoran Amerika? Akhirnya saya pesan saja ketiganya!

Modifikasi Sajian Jepang Ala A&W All American Food

Seperti orang Indonesia, makanan pokok orang Jepang adalah nasi. Kalau di negara kita biasanya lauk pauk diletakkan di samping nasi di piring (sebagai side dish), di Jepang lauk dituangkan di atas nasi putih yang ditempatkan di mangkuk. Orang Jepang menyebutnya donburi atau rice bowl dish. Lauk atau topping-nya bisa berupa daging hewani atau sayuran.

Salah satu ragam donburi adalah tendon yang merupakan kependekan dari tempura dan donburi. Yup, lauk yang digunakan adalah goreng-gorengan (tempura). Sepertinya, inilah awal inspirasi terciptanya Japanese Curry Premium Mixbowls A&W Restoran. Namun, kali ini A&W memberikan sedikit variasi dengan menuangkan kari Jepang di samping nasinya, seperti curry rice. Kari sendiri adalah hidangan asal India yang sangat populer di Jepang. Curry rice plus rice bowl, jadilah sebutannya mixbowl ala A&W Restoran.

Japanese Curry Premium Mixbowls

Japanese Curry Premium Mixbowls
disajikan di mangkuk plastik hitam yang meng-enhance warna cerah dari komposisi hidangan di dalamnya. Nasi putih mengisi 2/3 ruang mangkuk, sisanya dituangi kari Jepang. Di atas nasi, ada tempura sesuai pilihan, yakni ayam (Japanese Curry Chicken Premium Mixbowls), ikan (Japanese Curry Fish Premium Mixbowls), atau udang (Japanese Curry Prawn Premium Mixbowls) serta sedikit taburan seledri cincang. Hidangan ini dinikmati menggunakan sendok bebek porselen.

Jujur, saya bukan penggemar kari karena biasanya rasanya 'menyengat'. Namun, kari buatan A&W Restoran ini ternyata pas di lidah saya. Kuah kentalnya yang berwarna cokelat agak muda beraroma wangi namun bumbunya mild. Kari Jepang memang terkenal lebih kental dan agak manis dibanding jenis kari lain, misalnya kari India. Potongan bawang bombai yang ditumis hingga berkaramelisasi bercampur dengan wortel dan kentang di dalam sausnya yang menimbulkan sedikit sensasi hangat karena mengandung jahe. Tampaknya, wortel dan kentangnya sengaja dipotong dadu kecil-kecil supaya karinya sekadar menjadi pelengkap, bukan bintang utama hidangan ini.

Bintang utamanya adalah topping tempura tadi. Daging ayam pada Japanese Curry Chicken Premium Mixbowls menggunakan bagian dada sehingga terasa empuk. Setelah dicelupkan di adonan tepung dengan sedikit lada hitam lalu digoreng, daging ayam tersebut dipotong-potong kemudian disajikan di atas nasi.

Japanese Curry Chicken Premium Mixbowls
Untuk Japanese Curry Fish Premium Mixbowls, daging ikannya berupa fish katsu berbentuk segi empat yang dipotong-potong diagonal. Daging ikannya putih dan lembut, seperti menggunakan daging ikan dori.

Japanese Curry Fish Premium Mixbowls

Terakhir, Japanese Curry Prawn Premium Mixbowls menghadirkan tiga buah ebi furai alias udang goreng tepung. Ketiganya (ayam, udang, ikan) memiliki tekstur yang empuk atau lembut di dalam dan renyah di luar.

Japanese Curry Prawn Premium Mixbowls

Overall, porsi Japanese Curry Premium Mixbowls ini pas kenyangnya. Nasi putih pulen dinikmati bersama tempura yang renyah empuk jadi tak seret di tenggorokan karena disajikan bersama kari. Semuanya terhidang hangat.

Coba padukan citarasa sajian Jepang ini dengan rootbeer (RB) yang menjadi ciri khas A&W Restoran. Rasa sarsaparilanya nostalgia banget, bikin teringat dengan permen yang populer saat saya kecil. Gelembung karbonasinya membuat minuman dingin ini terasa lebih segar!

Rootbeer!

Berapa Harga Japanese Curry Premium Mixbowls di A&W Restoran?

Japanese Curry Premium Mixbowls ikan dan ayam dapat dinikmati dengan membayar mulai dari Rp 33.000 per porsi, sedangkan untuk udang ditawarkan dengan harga mulai Rp 37.500. Semuanya sudah termasuk segelas RB dingin namun belum termasuk pajak restoran 10%. Kalau tempura-nya terasa kurang, Anda bisa menambah topping udang seharga Rp 6.500 per porsi sebelum pajak. Hidangan ini juga bisa dibeli secara a la carte dengan harga mulai dari Rp 27.500 (belum termasuk pajak).

Anda sudah bisa mendapatkan Japanese Curry Premium Mixbowls di sekitar 230 restoran A&W di seluruh Indonesia secara dine-in atau takeaway. Kalau malas beranjak dari tempat Anda, telepon saja nomor delivery A&W Restoran 14061 atau kunjungi website A&W Indonesia di awdelivery.co.id. Anda akan mendapatkan Japanese Curry Premium Mixbowls dalam kemasan microwavable, sehingga bisa langsung dipanaskan di microwave tanpa perlu dipindahkan dulu ke piring.

Untuk mempromosikan hidangan baru tersebut, A&W Restoran bekerjasama dengan idol group JKT48. Kira-kira, inovasi internasional apa lagi yang akan diluncurkan oleh A&W Restoran? Kita tunggu saja!

A&W Restaurants

Kategori: Fast food, Amerika

Alamat:
Carrefour Puri Indah lantai dasar
Jakarta Barat


Kontak:
Telepon: 14061
Facebook: AWIndonesia
Instagram: awrestoranid
YouTube: awrestoranid
BBM: C003FE83A
Websiteawdelivery.co.id

Jam buka: 10:00-22:00

Range harga: Rp 6.500-53.000

Biaya tambahan: Pajak restoran 10%

Metode pembayaran: Tunai dan kartu

Halal? Halal

Kapasitas: Sekitar 100 orang

Fasilitas: Kid's playground

Kesimpulan: Come here for their chicken (and chilli sauce), rootbeer (with float!), curly fries, and their new menu!

---

*Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti Japanese Curry Premium Mixbowls Blogger Writing Competition yang digelar A&W Restaurants Indonesia.

A&W Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato