tren produk kecantikan korea 2018

Di dunia kecantikan, telah menjadi rahasia umum jika negeri ginseng Korea selalu berhasil memimpin dalam hal inovasi produk. Contohnya saja boomingnya BB cream  beberapa tahun belakangan. Saya yakin sebagian besar wanita telah mencobanya, tentu saja termasuk saya.

Well, bicara soal BB cream sepertinya sudah agak ketinggalan zaman di 2018 ini. So yesterday, isn't it? Lalu, produk kecantikan baru ala Korea apa saja yang tengah dan masih menjadi hype di sepanjang tahun ini?

Yonhap, sebuah kantor berita di Korea melaporkan bahwa jumlah ekspor produk kecantikan Korea pada tahun 2017 telah mengalami peningkatan hingga sebanyak 10 kali lipat sejak 7 tahun belakangan. 

Inilah bukti betapa Korean Beauty begitu memimpin di pasar produk kecantikan. Tak hanya pasar Asia, bahkan hingga Amerika ikut dilanda K-Beauty trend. So, jangan sampai ketinggalan dengan tren kecantikan terbarunya.

Ini dia top 10 produk kecantikan yang hits di Korea tahun ini. Penasaran?

1. Produk yang Melindungi dan Memperbaiki Barrier Kulit

Lapisan pelindung alami kulit Anda harus dijaga agar kulit bisa tetap sehat dan awet muda. Untuk itu berbagai produk krim wajah diciptakan untuk memberikan lapisan pelindung bagi kulit dari pengaruh buruk lingkungan. 

Selain itu di 2018 juga hadir produk pembersih wajah yang diciptakan dengan tujuan tidak memberikan efek "mengupas" lapisan minyak alami kulit Anda. Ini berbeda dari kebanyakan produk pembersih sejenis yang umumnya bersifat kasar, membuat kulit dehidrasi dan akhirnya berjerawat.

Untuk melembabkan, produk yang diperkaya dengan kandungan Hyaluronic Acid serum bisa diandalkan untuk memperbaiki kulit Anda dengan fokus pada lapisan moisture barrier serta meningkatkan regenerasi kulit. Inilah daftar pertama untuk jenis produk kecantikan ala Korea yang digadang-gadang jadi tren baru untuk diikuti oleh para K-Beauty Lovers.

2. Produk dengan Hasil Klinis

Produk dengan hasil seperti perawatan yang dilakukan di klinik kecantikan dengan dokter kulit berhasil mencuri perhatian di 2018. Contohnya Meso Ampoule dengan formula yang meniru fungsi jarum mikro yang akan merangsang produksi kolagen serta membuat produk terserap lebih dalam ke lapisan kulit tanpa rasa sakit.

Efek tersebut mengadaptasi perawatan menggunakan derma-roller yaitu sebuah alat dengan ratusan jarum ukuran mikro yang akan digulingkan di atas permukaan kulit Anda guna merangsang produksi kolagen sekaligus memperbaiki struktur kulit.


3. Make Up Sekaligus Perawatan Kulit


Tahun 2018 akan diramaikan dengan aneka produk dengan fungsi ganda yaitu memberikan efek riasan ringan sekaligus memberikan perawatan pada kulit. Akan ada lebih banyak produk yang merupakan gabungan dari krim perawatan sekaligus make up seperti 'tone up' cream.

Penggunaannya yang lebih praktis dengan hasil yang sesuai dengan ekspektasi akan membuat produk ini melambung di 2018. Contoh brand yang sudah meluncurkan produknya di Indonesia yaitu Pond's White Beauty Instabright Tone Up Milk Cream.

Tone Up krim ini memiliki klaim dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit seketika sekaligus memberikan efek riasan minimalis pada wajah dalam satu waktu. 


4. Masker Wajah


Jika berbicara soal masker, Korea lebih identik dengan sheet mask atau masker topeng. Tahun ini produk tersebut masih tetap bertahan dan melakukan berbagai inovasi baru untuk semakin memanjakan konsumen.

Produk perawatan yang Anda cintai ini akan menjadi masker dengan kekayaan lebih dari sebelumnya. Tidak hanya memberikan efek menghidrasi, melembabkan, dan detoksifikasi, masker jenis ini akan jadi lebih stunning karena dilengkapi dengan collagen essence serta pembersih.

Jadi, bersiaplah untuk kemunculan masker sheet jenis ini di rak-rak toko produk kecantikan langganan Anda. Ada yang sudah mencobanya?


5. Produk Skincare dengan Efek 'Menyembuhkan'


Riasan yang sekaligus memberikan efek perawatan adalah tren baru di dunia kecantikan. Akan ada banyak produk yang menekankan fungsi merawat dan mengatasi masalah kulit atau setidaknya menutupinya dalam satu waktu.

Christine Chang berkata bahwa di Korea sana tengah dikembangkan produk krim Cica yang diinfuskan dengan centella asiatica (pegagan) untuk menenangkan dan menyehatkan kulit, bukan hanya melembabkannya.

Jadi, jangan heran jika ke depannya akan semakin banyak bermunculan produk yang tidak hanya memberikan kelembaban namun juga memiliki efek menyembuhkan berbagai keluhan yang dirasakan oleh kulit Anda.


6. Produk Peel-Off


Ini bukan tentang masker lho, tapi lip tattoo. Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang ini sebelumnya. Perona bibir model peel-off alias yang bisa dikelupas dengan mudah menjadi sebuah solusi cepat dan praktis.

Bagi Anda yang menginginkan warna bibir tahan lama tanpa takut luntur tapi juga dapat dihapus dengan mudah, produk seperti ini bisa jadi pilihan tepat. Tampilan seperti ini sangat populer di kalangan wanita Korea.

Dengan lip tattoo, warna bibir Anda bisa lebih tahan lama dan Anda juga tinggal mengelupasnya dengan mudah saat hendak pergi tidur. Seperti masker peel off saja, atau sebut saja tattoo bibir yang bersifat sementara. Mau coba?


7. Produk untuk Kulit Bersinar (Ampul)


Kulit yang berkilau alami masih bakal menjadi tren yang digandrungi sepanjang tahun ini. Untuk itu 2018 masih bertemakan produk perawatan yang bisa membuat kulit memancarkan kilau alaminya, tidak hanya menutupi kekurangan.

Saat produk serum mungkin terdengar umum, kini ada ampul yang akan menjadi 'racun' baru yang berbeda dengan serum cair pada umumnya. Produk ini telah digunakan oleh banyak penata rias di Korea. 

Efek serum ini adalah memberikan kesan bening dan berkilau dengan cara mengunci hidrasi di lapisan kulit bagian dalam. Hasilnya adalah kulit dengan tampilan kinclong seperti kaca.

Tunggulah produk ini tiba di tanah air dan bersiaplah untuk mencobanya segera.


8. Perlawanan Terhadap Polusi


Banyak pakar kecantikan yang meramalkan jika produk yang didesain untuk melawan efek polusi akan mendapatkan sukses besar di 2018. Partikel polutan memiliki bentuk yang sangat kecil dan bisa menembus lapisan kulit dengan mudah. Untuk itu diperlukan produk yang bisa mengatasi masalah ini.

Tunggulah berbagai produk dengan kandungan antioksidan dan anti inflamasi tingkat tinggi yang akan membantu Anda tetap aman dari kejahatan radikal bebas bahkan saat berada di tepi jalan raya. Dengan demikian kerusakan kulit dapat dicegah agar jangan sampai terjadi.


9. Produk Portable yang Praktis

Apa yang dimaksud dengan portable? Maksudnya adalah rangkaian produk dengan desain kemasan yang mudah untuk dibawa kemana-mana. Produk semacam ini semakin dibutuhkan seiring mobilitas kaum hawa yang kian tinggi.

Produk skincare di tahun 2018 akan lebih terfokus pada kemasan yang minimalis dan tidak ribet. Dengan kemasan yang handy, tentunya semakin memudahkan Anda bukan?


10. Solusi Jerawat Non Obat

Jerawat menjadi momok yang mengancam bagi kebanyakan wanita. Sayangnya obat jerawat berbasis bahan kimia seringkali memberikan efek samping kurang baik pada kulit. Alih-alih cepat menyembuhkan, justru kulit Anda akan jadi lebih menderita ke depannya nanti.

Kabar baiknya, 2018 akan memberikan inovasi pada lini produk khusus jerawat. Produk perawatan kulit khusus jerawat dengan kandungan bahan alami seperti madu, vitamin C, tanah liat, dan probiotik yang lebih ramah kulit akan mulai ramai di pasaran dan Anda patut mencobanya sekarang juga.


11. Perawatan Kulit Kepala

Kebanyakan wanita akan menghabiskan waktu untuk mengoreksi cela di wajahnya. Lalu bagaimana dengan kulit kepala? Tempat tumbuhnya mahkota Anda adalah kepala. Meski jarang ada yang menyadarinya, kulit kepala juga membutuhkan perhatian yang tak kalah besar agar rambut bisa tumbuh sehat.

Kulit kepala Anda butuh dibersihkan, dilembabkan, dan tak lupa juga dieksfoliasi. Saat ini K-Beauty trend sedang menggalakkan kebiasaan baik tersebut. Tambahkan scalp treatment product selain shampoo dan kondisioner untuk rambut dan kulit kepala yang cantik!


12. Centella Asiatica (Daun Pegagan)

Daun yang tumbuh liar di kebun-kebun dan pematang sawah di Indonesia ini telah cukup lama terbengkalai begitu saja. Dan saat ini, tanaman tersebut tengah menjadi hype di kalangan beauty enthusiast karena khasiatnya.

Berbagai produk dengan kandungan centella asiatica sedang ramai menjadi bahan perbincangan. Nama populernya di dunia kecantikan adalah cica cream yang mungkin adalah kependekan dari centella asiatica itu sendiri.

Formula skincare dengan kandungan daun pegagan alias panegoang (penyebutan di Banyumas) dikenal ampuh untuk mengurangi kemunculan garis halus, kulit kendur, dan tanda penuaan lainnya. Wanna try?


13. Sabun Pembersih Wajah Satu Langkah

Selama ini mungkin Anda sudah mengenal istilah skincare routine Korea yang sampai 10 tahap. Nah, di tahun ini akan ada terobosan baru yang lebih menghemat waktu Anda yang berharga. Produk pembersih wajah satu langkah akan menjadi tren baru yang jauh lebih praktis untuk diikuti.


Takeaway

Korea selalu memberikan inovasi yang ciamik dan juga segar bagi dunia kecantikan kulit. Tidak heran jika produk mereka tak pernah sepi menghiasi toko-toko kecantikan seluruh dunia. Beberapa orang bahkan rela terbang jauh hingga ke sana demi mendapatkan produk langsung dari tokonya.

Mengikuti tren sah-sah saja, namun Anda tetap harus memperhatikan kesesuaian produk dengan jenis kulit. Selain itu juga jangan pernah lengah terhadap produk tiruan yang tak kalah banyak jumlahnya.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya. Memiliki pertanyaan, kritik, atau saran? Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah sana. Komen yuk?! ^_^


(diens)