Sejujurnya, agak terlambat sih aku ngikutin tren lipcream. Jauh sebelum ini, aku adalah pemakai garis keras Purbasari Lipstick no 85. My very first lipcream was NYX Lingerie Shade 12 (Travel Size), beli di temenku. Dan sejak itu, aku langsung jatuh hati! Mulai deh kalap nyari informasi disana-sini dan tertariklah dengan Emina Creamatte. Dari 7 shades, aku langsung beli 3: Mauvelous, Flamingo dan Jelly Bean. Harga masing-masingnya Rp. 38.000, beli di Tokopedia (psst, ongkirnya cuman Rp. 5.000, lho!). Kalau beli di online shop atau di toko langsung, selisihnya lebih mahal 3-7 ribu rupiah, lho. That's why aku beli online di Tokopedia aja.

​​​​​​Tuh, liat packaging-nya aja kita udah pada tergiur kan? Cutie banget, wagelaseh! Tiap packaging menggambarkan warna produknya, lucu-lucu ya. Sepertinya Emina paham betul kalau segmentasi produknya didominasi oleh gadis-gadis belia, makanya untuk menarik atensi, dibuatlah desain kemasan yang girlie banget.

Maaf ya kalau belum bisa review all shades (maklum, kantong cekak! hehe), jadi aku beli aja shades yang paling aman buat warna kulitku yang sawo matang. Thanks to Detha buat rekomendasi warna Mauvelous dan Jelly Bean, cocok banget ternyata! Seperti yang kalian ketahui, kulit sawo matang ga cocok dengan warna-warna nude yang cenderung oranye, pink maupun peach. Terlebih, harus juga menyesuaikan dengan warna bibir yang cenderung dark.

​​​​​​Ukurannya cukup mungil, tapi isi lipcream-nya sendiri lumayan banyak. Lipcream-nya cukup kental, dengan warna yang pekat. Aplikatornya pun easy to use. Satu kali dioleskan, langsung menutupi warna bibir asli kita, lho. Kalau kalian ngerasa formulanya terlalu oily, tepuk-tepuk bagian bibir dengan tissue hingga kering. Atau kalau mau diangin-anginkan 1-2 menit pun juga bisa, nanti kering sendiri. Oh ya, Emina Creamatte ini mengandung vitamin E, lho. Jadi walau dipakai seharian, bibir nggak terasa kering sama sekali.

​​​Itu hasil swatch-nya di tanganku ya. Kelihatan kalau shade Mauvelous itu kombinasi antara pink dengan cokelat, jadinya warna ini aman banget kalau dipakai on daily basis (misal: pas pergi kuliah, hangout bareng temen), meskipun agak pink, tapi cocok kok di kulit sawo matang. Kalau kulit kita lebih gelap lagi, warna Mauvelous ini nggak aku rekomendasikan karena pasti bakal kelihatan aneh dan mencolok.

Sementara, shade Flamingo sendiri cenderung seperti pink neon. Mungkin beberapa dari kalian agak minder dengan warnanya yang mencolok, aku juga gitu pas awal-awal. Tapi, trust me, warna ini cantik sekali! Bikin wajah kita kelihatan auto-fresh gitu. Bisa banget dipakai di acara semi-formal, seperti nikahan, anniversary/ultah, maupun kalo dipakai sehari-hari juga ga masalah. Asal PD, apapun yang kita pakai bakal kelihatan mempesona.

Shade terakhir, Jelly Bean menurutku cukup ngejreng juga. Merah cabe gitu. Shade ini juga bikin kita terlihat fresh, karena warna merahnya tegas banget dan menarik perhatian. Kalau nggak PD pakai warna gini on daily basis, pakai saja di occasion tertentu, seperti di undangan nikahan, saat kerja dan lain-lain. Finishing-nya yang matte nggak bikin shade Jelly Bean kelihatan tua (beda ama pakai lipstick biasa yang cenderung glossy).

Diantara ketiga warna itu, aku ga pernah pilih kasih. Kalau lagi pengen terlihat kalem, ya pakai Mauvelous. Kalau lagi pengen kelihatan bold, bisa pakai Flamingo atau Jelly Bean. Toh ya semua cocok-cocok aja di kulitku, walau Flamingo dan Jelly Bean terlihat ngejreng, tapi ga mencolok banget sampai dilihatin orang. Kuncinya PD aja, and just being yourself!

Oh ya, Emina Creamatte ini tahan dipakai berjam-jam dan warnanya ga pudar sama sekali. Dipakai minum air pun warnanya tetep stay. Kecuali dipakai makan ya, apalagi makan yang berminyak, baru deh warnanya bubar jalan! Hehe. Gak langsung hilang sih, tapi di bagian tengah bibir yang pasti hilang warnanya. Tapi tetep, kudu dipoles lagi (retouch) biar kelihatan fresh dong.

Price: Rp. 38.000 (Tokopedia)
Rata-rata harga jual: Rp. 40.000 - Rp. 45.000

(+)
- Harganya murah
- Packaging & desainnya lucu!
- Mudah dibeli dimana-mana (offline & online)
- Formulanya kental. Sekali usap, langsung menutup warna bibir
- Stay berjam-jam dan ga pudar warnanya
​​​​- Awet, bisa dipakai sampai beberapa minggu
- Gak bikin bibir kering/rusak

(-)
- Kalau dipakai makan (apalagi yang berminyak), pasti ilang warnanya
- Shade-nya kurang variatif, perlu dibanyakin lagi
- Ada bau bahan kimianya gitu
​​​​​​
Repurchase? Yes!

Itu pengalamanku pakai Emina Creamatte. What about yours? Share yuk cerita kalian!