Bibir kering sampai pecah-pecah sering banget kita jumpai saat menjalani puasa. Nah biasanya sih karena kurang konsumsi air putih dalam sehari, yang biasanya kita bebas minum kapan aja, kini hanya setelah berbuka puasa hingga sahur tiba.
Kondisi ini bisa semakin diperparah kalau kita biasa pakai lipstick atau lip cream yang matte, tanpa dibarengi penggunaan lip balm. Saya pribadi sih memang lebih suka lipstick matte ketimbang yang glossy, karena hasilnya yang lebih bagus dan tahan lama (pake yang glossy sering dibilang abis makan gorengan huff). Cuma kalau kita nggak rajin rawat si bibir, menggunakan lipstick matte secara terus menerus bisa bikin bibir makin kering, pecah pecah sampe bisa dikelet dan berdarah. Huff.
Ini yang saya alami beberapa waktu lalu (sebelum masuk Ramadan), bibir jadi pecah pecah super parah, berasa kering banget sampai tangan rasanya gatel pengen dikelet itu kulit bibir yang mengelupas. Lipstick matte pun untuk sementara nggak bisa dipakai, sementara kalau liputan (dan harus oncam) itu ya kudu pake lipstick (karena katanya kalau cuma lip balm tetep pucet). Yang saya ingat, waktu itu Rissa atau yang kita kenal dengan @lippielust di Instagram, sempet promo produknya bareng Evete Naturals, semacam lip care set gitu. Well, let’s try!

Tentang Lip Remedies by Lippielust

Perkara bibir kering itu menyiksa banget, bahkan makan kena pedes aja sakit. Dikelet sakit, didiemin jadi nggak oke, dijilat bikin nambah kering. Tanpa pikir panjang, saya langsung order si lip care set dari lippielust yang diberi nama Lip Remedies. Produk ini bisa kalian pesan di official website Evete Naturals seharga Rp 165 ribu.
Mengutip pernyataan Rissa, Lip Remedies ini difokuskan untuk perawatan bibir semua orang, khususnya bagi pecinta dead-matte liquid lipstickyang cenderung susah untuk dibersihkan. Jadi emang nggak hanya wajah saja yang punya perawatan khusus, tetapi bibir juga harus dong.
Lip Remedies ini dikemas dalam kemasan dominan pink dengan desain yang sungguh cute. Dia punya 3 produk di dalamnya, ada lipstick remover, lip scrubsama lip balm. Rissa sendiri juga sempat ditanya kenapa harus dijual dalam satu set alias tidak dijual satuan? Rissa pun menjawab bahwa si Lip Remedies Luxury Lip Care Set ini akan lebih efektif saat dipakai secara berurutan. Kamu bisa baca soal Lip Remedies ini di blognya Rissa ya.

Lipstick Remover

Produk pertama yang bakal saya ulas adalah Lipstick Remover yang memang jadi starter di lip care set ini. Sebelumnya sih saya kalau hapus lipstick pakai make up remover sekalian gitu haha. Atau bisa juga pake lip balm (kan jadi berminyak terus baru dihapus hehe nggak begitu efektif sih sebenernya).

Cara pakainya gampang. Tinggal oleskan si lipstick remover ini ke bibir secara merata, diamkan kurang lebih 30 detik lalu hapus pakai kapas atau tisu. Rissa menyarankan lipstick remover ini harus tetap dipakai sebelum menggunakan lip scrub karena ada kemungkinan residu pewarna dari lipstick tertinggal di bibir even kamu lagi nggak pakai lipstick.
Disini saya pakai NYX SMLC nomor 18 (Prague) dan warna bibir asli saya agak sedikit gelap. Terlihat bedanya nggak ya?

Jadi begitu dioles, memang bibir langsung mengkilat dan berminyak banget. Tapi setelah nunggu beberapa saat dan dilap pakai tisu atau kapas, si lipstick matte ini langsung bersih. Nggak pake drama digosok kuat biar ilang, bener-bener hanya dilap lembut aja sih. Bahkan setelahnya bibir berasa lebih moist aja. Sukak!

Lip Scrub

Nah produk kedua ada Lip Scrub. Sebenernya kita bisa bikin sendiri sih lip scrub bermodalkan gula sama madu (biasanya), cuma kadang males buat ngadon haha. Ini yang paling saya suka dari lip care set ini, karena bener bener jadi penyelamat kulit bibir saya yang suka nggak kontrol ngelupas sendiri belakangan ini (ditambah suka dikelupas pake jari sih tapi perih haha). Tapi dengan lip scrub ini, kulit bibir jauh lebih lembut setelah si kulit kulit kering ini terkelupas sempurna nggak pake drama apalagi berdarah.

Kenapa saya bilang nggak pake drama? Karena si lip scrub ini memakai grain atau butiran gula yang lebih lembut daripada lip scrub konvensional. Jadi ya emang pas scrubbing, nggak bikin sakit atau perih. Kalian cukup ambil secukupnya si lip scrub lalu oles (gosok lembut) ke bibir dengan gerakan melingkar. Nah kalau dirasa sudah cukup, basahi bibir lalu bersihkan sisa sisa gula dengan tisu. 

Saya sih ngerasa jauh lebih nyaman setelah scrubbing, karena bibir jadi lembut dan kulit keringnya udah hilang. Enak sih manis gitu (tapi jangan dimakan please haha). Memang ini bisa ngangkat kulit mati di bibir, tapi jangan terlalu sering ya. Disarankan untuk menggunakannya cukup dua kali dalam satu minggu. 

Lip Balm

Nah ini rangkaian produk terakhir dari si lip care set ini yang bisa kapan saja dipakai untuk melembabkan bibir. Si lip balm ini juga bisa kalian pakai sebagai lip base sebelum menggunakan lipstick (yes I did it)

Yang saya suka dari lip balm ini adalah dia nggak memberikan kesan berminyak. Bener-bener ringan tapi lembab setelahnya. Jarang saya nemu lip balm yang model dry lip balm begini (hahaha norak). Mungkin karena sebelumnya lip balm saya model model yang berminyak gitu sampai sampai kalau pake temen bilang abis makan gorengan (iya temen saya memang tarkom huff). Saya sih pakai sebelum tidur juga jadi pas bangun bibir terasa lembut :3

FYI, kesemua produk di lip remedies ini mengandung extra virgin coconut oil, shea butter, mango butter dan argan oil yang memang sudah dikenal bagus untuk merawat bibir. Semua produknya ini oil based dan nggak pakai pengawet. Di kemasannya sih ada keterangan bahwa produk ini bisa bertahan selama 18 bulan setelah dibuka. Hanya saja, karena si lip scrub ini sering kontak dengan jari, katanya sih hanya tahan 6 bulan.

Saya sudah pakai lebih dari satu bulan dan suka banget, apalagi sama wangi mangganya yang manis dan menggoda. Jadi pas pakai pun berasa nyaman karena memang suka sama wanginya. Saya sih seneng ada produk ini, karena masalah saya memang sering berputar di area bibir yang kering dan gampang dikelet. Cuman sih info yang beredar, produk ini termasuk limited edition huff. Berharap sih produk ini bakal tetep ada sampai kapanpun karena zaman sekarang banyak banget lipstick matte yang begitu menggoda. 

Overall saya puas karena memang ini yang saya butuhkan. Repurchase? Of course ya!
Kalian sudah coba juga? Yuk share pengalaman kalian mengatasi bibir kering di kolom komentar yaa!

XOXO!
Za