P_20180728_160335_vHDR_On-02.jpeg

Setelah mencoba mempelajari skin care method ala korea lebih dalam… Disitulah aku mengenal teknik double cleansing.

Double cleansing? yep artinya mencuci wajah sebanyak dua kali.

Pertama dengan menggunakan pembersih yang larut minyak , seperti cleansing balm atau cleansing oil. Kemudian di lanjutkan dengan pembersih ( cleanser) yang larut air, seperti cleansing foam, cleansing gel, cleansing cream dan cleansing water.

Nah, pilihan ku jatuh pada The Body Shop Camomile Sumptuous Cleansing Butter ini.

Aku sudah menggunakannya selama lebih kurang 3-4 bulan, dan sekarang jar nya sudah hampir kosong , yang segera akan digantikan oleh cleansing oil nya Manyo factory.

Lah, kenapa aku ga repurchase? Alasannya bukan karena produk ini ga bagus..bukaaaann.. Aku cuma pengen cuma produk lain sebagai perbandingan (fyi : ini kan cleansing balm pertama ku, aku juga pengen beud nyoba cleansing oil dan balmlain yang beredar di pasaran (untuk nambah bahan bahan review juga hehe). Overall, cleansing balm TBS CAMOMILE   ini sangat bagus menurutku.

Yuk kita simak review ku di bawah ini :

HARGA

200 K untuk 90 ml (27 0z (76 g)

aku membelinya di counter the body shop Mall lippo Cikarang

INGREDIENTS

Ethylhexyl palmitate, synthetic wax, PEG-20 Glyceryl Triisostearate, Olea Europaea Fruit Oil/Olea Europeae (Olive) Fruit oil, Butyrospermum Parkii Butter/Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Caprylyl Glycol, Tocopherol parfum/fragrance, Aqua/water/Eau, Linalool, Limonene, Helianthus Annus seed Oil/Helianthus Annus (sunflower) seed oil, Anthemis Nobilis Flower Extract, citric acid

Key’s Ingredient

Anthemis Nobilis Flower Extract  alias roman comomile. 

Camomile telah terbukti sangat efektif untuk menenangkan kulit sensitif dengan khasiat anti iritan yang dimilikinya. Formulasi Bunga yang menakjubkan ini cocok untuk semua jenis kulit.

Bunga ini merupakan golongan dari bunga daisy, nah untuk anda yang ALERGI dengan bunga , khususnya bunga daisy, sebaiknya menghindari produk yang ada kandungan chamomilenya. 

Pasti ada yang bertanya, kok ekstrak bunga ini ada di list terakhir sih? Kecil banget berarti konsentrasinya , ga efektif donk?

Eits. Tenang dulu. Berada di list terakhir, bukan berarti  tidak memberikan pengaruh positif apapun terhadap formulasi . Justru, dengan konsentrasi yang kecil ia sudah mampu memberikan efek signifikan dan yang terpenting aman bagi kulit.  Menggunakan ekstrak dalam konsentrasi besar berisiko mengiritasi, bukannya memberikan efek yang menguntungkan malah akan menjadikan ingredient tersebut berubah menjadi zat toksik bagi anda.

Anthemis Nobilis Flower Oil akan memberikan reaksi negatif pada kulit serta efek toksik pada dosis 5 g/kg.

Jadi, jangan salah kaprah dulu terhadap susunan INCI (International Nomenclature of Cosmetic Ingredients) nya ya guys.

Ingredients yang berpotensi mengiritasi:

Screenshot_20180729-000840_1.jpg

Zat Yang berpotensi mengiritasi berdasarkan tabel yang saya dapatkan dari cosdna adalah :

1. Linalool ( yang berfungsi sebagai parfum yang memberikan aroma floral)

2. Limonene ( pelarut atau fragrance)

3. Fragrance

Ketiga ingredient tersebut berada pada urutan ke 7, 9 dan 10.

Menurutku Ga perlu terlalu di kuatirkan . Karena dalam menilai sebuah produk kita tidak boleh terlalu terpaku pada ingredient nya saja, yang paling penting adalah formulasi secara keseluruhan.

Ibaratnya seperti ini, ” kamu memasak sesuatu, jika terlalu banyak gula akan membuat rasa masakanmu jadi manis bukan? Tapi, jika komposisi gulanya sedikit dan garamnya lebih banyak, maka yang di rasakan oleh lidahmu adalah rasa asin. Benar demikian?

Nah begitu juga dalam formulasi skin care. Saat ada zat yang berpotensi sebagai iritan digunakan, namun dipadu dengan zat/ bahan yang melembabkan kulit maka efeknya tidak akan begitu kentara, apalagi jika konsentrasi yang digunakan kecil.

Mungkin akan muncul lagi pertanyaan di kepala

” kalau begitu, kok temanku bisa teriritasi sama udang, padahal kandungan udang dalam produk A sedikit banget di bawah 1% atau di list terakhir.. eh dia malah kulitnya bentol bentol semua..”

Well, itu adalah dua hal yang berbeda. Teman teman harus bisa membedakan antara reaksi iritasi ( tersensitisasi ) dan reaksi alergi ( karena reaksi berlebihan dari sel sel imun)

Pada kasus iritasi,perlu frekuensi pemakaian dan dosis/konsentrasi tertentu sehingga iritasi bisa terjadi. Namun pada kasus alergi tidak mengenal dosis atau konsentrasi, pada paparan pertama dan dosis sekecil apapun reaksi alergi bisa terjadi pada orang/individu tertentu yang memilioi riwayat alergi ( permasalahannya ada pada tingkat sel sel imunologi individu itu sendiri yang overreacted).

Product’s claim :

(Membersihkan make up dan kotoran di wajah, bahkan make up waterproof sekalipun) ,nembantu memberikan rasa bersih, segar,  dan lembut pada kulit. Cocok untuk kulit sensitif dan pengguna lensa kontak. 

PACKAGING

Kemasannya berupa jar bundar yang agak pipih (gepeng),  terbuat dari aluminium foil. Dapat dibuka dengan cara memutar tutup atasnya. Kadang-kadang saat telapak tanganku agak licin tutup agak susah di buka, ditambah lagi  kalau aku menutupnya terlalu kencang, tutup dan badan jar akan melekat sangat rapat sehingga sulit dibuka oleh tanganku yang ringkih ini. Untuk membukanya aku harus mencongkel dan mendongkrak bagian pinggir tutup dengan gunting atau pisau ( sangat amat tidak safety). Aku sangat tidak nyaman dengan packaging seperti ini. Sumpah!

TEXTURE

Texturenya seperti wax( lilin) atau balsem. Uniknya, saat menyentuk permukaan kulit ia akan berubah SImSAlabiiinnnnnn menjadi minyak yang akan melumerkan make up dan kotoran di kulit.

P_20180618_011833_vHDR_On-01

SCENT

Aromanya mewah, wangi floral yang ringan di hidung. Cocok sekali ia dilabeli sebagai Sumptuous cleansing Butter 🙂🙂

How I Used This 

Saya memakainya sesuai dengan instruksi yang di tuliskan di belakang produk. Instruksinya berbunyi seperti ini :

” Gunakan pada wajah yang kering dan pijat dengan lembut, bilas dengan air hangat atau bersihkan dengan kapas yang dibasahi air hangat”

Nah, saya pribadi sering menggunakan opsi pertama. Langsung bilas dengan air hangat saja, tanpa menggunakan kapas.

Jumlah balm yang saya ambil sesuai kebutuhan dan tebalnya make up yang mau dibersihkan, saya biasanya mencolek sebesar satu buku jari telunjuk , kemudian saya  oleskan pasa telapak tangan, kedua telapak tangan saya gosok pelan satu sama lain hingga balm tadi lumer, lalu saya aplikasikan ke wajah sambil di pijat ringan. Setelah make up, kotoran di wajah teremulsi (di tandai dengan munculnya cairan putih susu) langsung saya bilas dengan air hangat dan saya pijat pelan wajah agar kotoran terbilas seutuhnya. Nah, cleansing balm ini akan teremulsi langsung tanpa perlu dicampur dengan air hangat terlebih dahulu. Keren kan?

REVIEW

Jujur, aku suka dengan cleansing balm ini. Kesan pertama yang diberikan sangat luar biasa ( terlebih lagi ini cleansing balm pertama) ( belum ada perbandingan yang lain). Kulitku tidak kering, dan teriritasi karenanya. Malahan jadi lembab dan supple gitu pasca di bilas, emang sih agak oily seperti ada sisa residu minyak di wajah (yang sedikit bikin aku ga nyaman, ngerasa ga bersih total aja), tapi kan setelah di double cleanse sama water based cleanser sensasi oily itu pun ilang dan aku pun senang 🤣😄😄..

 

 

P_20180728_161726_vHDR_On-01

 

 

Kekurangan lainnya , produk ini perih di mata setelah ia bercampur dengan air, tapi kalau belum terkena air sama sekali ga perih ( aku pun tak tahu kenapa..  mungkin aja begini ya :  saat dia masih berupa minyak maka akan sulit netes ke mata, tapi pas kena air maka akan lebih mudah terpercik ke mata ( anggap saja begitu-> logikanya).

Hal lain yang bikin aku jatuh hati padanya, terlepas dari beberapa kekurangan tadi adalah, produk ini sukses membersihkan make up waterproofku sebersih bersihnya dalam waktu sesingkat singkatnya. Cuma oles, pijat secara gentle, eh lumer semua kotoran dan make up membandel. Aku sukaaaa….. Walaupun ya, saat membersihkan make up mata, harus kudu hati hati supaya ga masuk ke mata. ( kalau kalian takut , untuk membersihkan mata sebaiknya gunakan make up remover yang tidak perih di mata sebagai alternatif).

Pro

– wanginya mewah dan enak di hidung

– mudah teremulsi dan mampu mengangkat kotoran, make up serta make up waterproof sekalipun dengan maksimal dan tidak membutuhkan waktu lama

– cukup melembabkan ( tidak bikin kulitku kering dan teriritasi)

CONS

– Packagingnya menyebalkan ( susah di buka saat tangan licin atau tertutup terlalu rapat), butuh usaha ekstra membukanya. Jadi badmood duluan dan semangat untuk skin care an jadi hilang ( agak lebay sih  gue)

– perih di mata

– sedikit oily pasca di bilas ( semacam ada sisa residu gitu) (walaupun sebenarnya wajah bersih tapi sensasi oilnya begitu kentara)

SCORE

8/10

Bottom line

Produk ini sukses bikin aku jatuh hati terlepas dari beberapa kekurangannya yang sedikit bikin keki. Overall, aku insyaallah akan repurchase suatu saat nsnti setelah proses pencarian dan pengalihan terhadap cleansing oil/balm yang lain dengan range harga yang beda beda tipis tak mampu mengalahkan TBS camomile cleansing balm ini

Bagaimana dengan anda? Sudah pernah mencoba produk ini? Jika belum produk cleansing balm/oil apa yang anda gunakan?

Disclaimer 

Produk ini saya beli dengan duit pribadi, review di atas adalah murni dari hasil pengalaman saya sendiri.