Single dapat diartikan tunggal atau situasi dimana kita sendiri, tidak memiliki pendamping.
Dan semua orang mungkin sudah tahu apa itu single.

And then, how about single by choice ?

Menurut saya single by choice itu adalah seseorang yang memilih untuk sendiri, baik sebelumnya sudah pernah mempunyai hubungan atau belum pernah sama sekali.
Biasanya, seseorang yang mempunyai prinsip "Single by choice" ini ingin menjalin hubungan yang serius, tidak ingin terjebak dalam hubungan yang tidak pasti.
Tidak ingin hanya galau memikirkan tentang percintaan dan hal-hal yang memang belum pantas mereka pikirkan sebelum memasuki jenjang yang lebih serius.
Baik pria/wanita, mereka akan mengalihkan waktu mereka untuk terus memperbaiki diri dan menggunakan waktu untuk hal-hal yang lebih produktif.

Ya, memang tidak bisa dipungkiri setiap makhluk hidup akan selalu berdampingan dan tidak bisa hidup sendiri atau individualisme. Tapi para pemegang prinsip "Single by choice" ini bukan tidak ingin memiliki teman berbagi, teman sehidup sepenanggungan.
Akan tetapi mereka lebih bijak menggunakan waktu muda mereka untuk sesuatu yang lebih bermanfaat.
Tidak repot memaksakan suatu hubungan dan mempercayakan perihal jodoh kepada Allah S.W.T
Karena jodoh itu adalah cerminan diri.

“Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik."
(Qs. An Nur:26)

Tapi baiknya bro/sist jangan terlalu lama ya single by choice nya, jika memang sudah memasuki umur atau kondisi yang siap menikah bukan hanya sekedar janji "aku akan menikah 5 tahun lagi, tunggu aku ya".

Segerakanlah untuk melepas prinsip "Single by choice" ini ☺