How to make cream..

Di dalam tugas ini, Saya akan mendeskripsikan bagaimana cara membuat cream karena saya sudah pernah membuatnya waktu saya bersekolah di sekolah menengah kejuruan farmasi.

Berikut ini adalah salah satu resep cream :
R/ acid salicyl                      1.5
     sulf praecep                     2
     kalii iodide                      0.600
     cera flava                        2.5
     olei sesami                      5
     lanolini              ad          20
     m.f.ungt
     S.u.e

Pro : Vivi

Pertama-tama yang di lakukan adalah mencari kelengkapan Resep di buku Formularium (Fornas) karena lanolin terdiri dari adeps lanae dan aqua dest jadi kita harus melihat dulu berapa perbandingannya di buku yang menjadi standard-nya (Fornas).
Yang selanjutnya harus dilakukan adalah menghitung semua bahan-bahan atau komposisi obat yang akan kita gunakan untuk membuat cream tersebut. Setelah semua bahan dihitung, kita baru bisa membuat sediaan obat cream tersebut.
Alat-alat yang diperlukan adalah : lumpang, alu, gelas arloji, cawan uap, pipet baku, pot kaca, anak timbangan, timbangan, etiket warna biru (khusus untuk sediaan obat luar)

Berikut adalah langkah-langkah cara membuatnya :
1. Larutkan KI (Kalii Iodide) dengan aquadest di gelas arloji
2. Tara cawan uap, timbang oleum sesami + cera flava + adeps lanae lebur di penangas air (water bath) lalu gerus ad homogen (sampai semua tecampur rata) --> (basis cream)
3. Acid salicyil masukkan ke dalam lumpang + ethanol 95% 3 tetes, gerus + 1/2 basis salep-->massaI
4. Sulfur praecep masukkan ke dalam lumpang + sebagian basis cream + massa I + larutan KI + sisa basis cream, gerus ad homogen
5. Kemas ke dalam pot kaca, beri etiket warna biru (obat luar) 

Selesai

Terima kasih :)