P_20180728_155512_vHDR_On-01.jpeg

Kali ini aku mau me review sebuah produk skin care korea yang beberapa tahun belakangan lagi happening banget dalam dunia per skin care an.

Yep.. Produk tersebut adalah

natural republic soothing & moisture Aloe Vera 92% soothing Gel “

Dulu alasanku beli produk ini ya karena kebawa arus juga. Penasaran plus Pengen nyoba aja biar exist (jangan ditiru ya)

Kita mulai dari price and ingredients ya 🙂

price : 110 k – 150 k

Bisa di dapatkan di counternya langsung ( puri indah mall jakarta)

atau online shop terpercaya.

P_20180728_155647_vHDR_On-01.jpeg

Komposisinya terdiri dari :

Aloe Barbadensis leaf extract (92%), alcohol, glyceryl polyacrylate , dipropylene glycol, butylene glycol, glycerin,propylene glycol, 1,2-hexanediol, polyglutamic acid, betaine, sodium hyaluronate, celendula officialis flower extract, mentha viridis (spearmint) extract, melissa officinalis extract, carbomer, PEG-60 hydrogenated castor oil, triethanolamine, phenoxyethanol, water, parfum, disodium edta

Key Ingredients :

Aloe Barbadensis leaf extract (92%)

lidah buaya sudah dikenal sejak dulu kala. Tumbuhan ini telah digunakan ribuan tahun silam dan diketahui manfaatnya sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Bahkan ratu mesir fenomenal (siapa lagi kalau bukan Cleopatra) juga menggunakan tumbuhan ini untuk menunjang kecantikannya.

Aloe vera gel kaya akan antioksidan. Untuk perawatan kulit/ kecantikan aloe vera dikenal mampu mengatasi peradangan (inflamasi)/ iritasi, mempercepat proses penyembuhan luka, dapat melembabkan dan menutrisi kulit , menyegarkan kulit, mencerahkan kulit wajah, mengatasi jerawat, menghaluskan kulit, menyuburkan rambut jika diolekskan di kulit kepala hingga berkhasiat sebagai anti-aging.

Selain mengandung 92% aloe vera, produk ini juga terdiri dari skin conditioning agent yang berfungsi untuk melembabkan kulit seperti :

glyceryl polyacrylate , dipropylene glycol, butylene glycol, glycerin,propylene glycol, sodium hyaluronate,polyglutamic acid, betaine, 

Untuk pengawet , produk ini tidak menggunakan paraben namun menggunakan phenoxyethanol

Kandungan yang berpotensi mengiritasi dalam formula nature republik adalah :

1. Alkohol ( list nomor 2)

2.  Butylene glycol

3. Propylene Glycol

4. Dipropylene glycol

5. Phenoxyethanol (pengawet) juga meningkatan kemungkinan terjadinya reaksi alergi pada kulit

6. Parfum

Butylene glycol, dipropylene glycol dapat berfungsi melembabkan kulit dan memiliki khasiat sebagai humektan (menarik air, sehingga kelembapan terjaga), namun di lain sisi juga dapat meningkatkan absorbsi oleh kulit yang dapat meningkatkan risiko iritasi pula ( terutama pada kamu dengan permasalahan kulit sensitif)

Dari penjabaran ingredients di atas, saya menganjurkan untuk kalian yang memiliki kulit yang sensitif dan skin barrier yang bermasalah/ terganggu/rusak sebaiknya be aware terhadap produk ini , soalnya nanti bisa bikin kondisi kulit kalian memburuk loh.

Klaim produk :

Kandungan aloe vera pada formula Nature Republic telah dinyatakan bersumber dari organik oleh California Certified Organic Farmers (CCOF)  dan Nature Republic juga memberikab klaim bahwa formula mereka tidak mengandunga paraben, mineral oils dan pewarna buatan.

Produk ini bisa di aplikasikan ke kulit, rambut , serta kuku.

Packaging ;

Kemasannya berupa jar plastik berwarna hijau muda yang transparan dengan diameter kurang lebih 10 cm, Pada bagian atas tutup ada gambar potongan lidah buaya dengan Netto  300 ml atau 10.56 fl.oz.

Tekstur

Tekstur berupa lightweight  gel yang transparan. Saat dicolek akan terasa sejuk di jari dan tidak terlalu runny. Gel akan berubah menjadi cair saat di aplikasikan ke kulit dan meresap lumayan cepat. Sensasi segar akan bertahan dalam kurun waktu 5-10 menit. Mudah sekali di aplikasikan dan diratakan di atas permukaan kulit.

P_20180728_155955_vHDR_On-01

Scent/aroma

Aromanya kurang lebih hampir menyerupai lidah buaya, tapi versi yang lebih manis dan enak dicium. Wanginya segar gitu dan bertahan agak lama di kulit.

Finish

Finishingnya natural, gak shiny atau glossy. Kulit terlihat segar dan sedikit lembab aja secara kasat mata. Ga bikin kulit oily juga,malahan agak dry gitu jika di pakai dalam jangka waktu yang lama ( mungkinkah efek alkoholnya?)

Cara Pakai 

Colek secukupnya dan oleskan pada bagian tubuh yang diinginkan. Bisa di dibiarkan di kulit seharian tanpa di bilas, atau sebagai wash off mask. Aku biasanya akan membiarkannya saja di kulit ( ga di bilas)

Review

Kesan pemakaian pertama ” Not Bad”, efek soothingnya cukup bagus, terutama untuk kamu yang seharian panas-panasan di luar dan kulit meradang, maka saat dioleskan produk ini kulitku agak lumayan “calming down”, terasa segar dan sejuk gitu, serta menghilangkan perih ( efek burning akibat sinar UV).

Untuk efek melembabkannya menurutku kurang maksimal apalagi ketika kulitku sedang kering keringnya. Malah akan muncul sensasi gatal dan tingling gitu beberapa menit setelah pengaplikasian. ( beberapa temanku juga mengeluhkan terjadi break out yang parah setelah menggunakan produk ini). Syukur, aku ga sampai mengalami break out. Cuma terasa gatal doank.

Fyi, produk ini mengandung alkohol ( di list kedua), dan kulit wajahku cenderung gampang kering dan mengalami iritasi kalau tersensitisasi ethanol ( alkohol) yang persentasenya lumayan besar.

Alkohol dalam produk ini berfungsi sebagai pelarut. Terkadang alkohol juga berfungsi sebagai preservative ( zat pengawet untuk membunuh mikroba). Memang sih alkohol tidak begitu berbahaya, dan tidak perlu di takutkan ,karena efek sampingnya sangat tergantung dengan formulasi produknya.  Tapi, jika kulitmu kering, maka penggunaannya harus lebih di waspadai, karena dapat membuat kulitmu semakin kering. Kukit yang kering akan memicu iritasi.

Karena itu, sekarang aku jarang sekali menggunakannya pada wajah (takut teriritasi) kecuali kalau kulitku terbakar atau memerah akibat efek sinar matahari (kalau terlalu banyak aktivitas outdoornya). Biasanya aku akan biarkan di kulit selama 10 menit saja kemudian membilasnya (tujuan hanya untuk memperoleh efek soothing dan calmingnya doank) untuk meredakan sun burnt effect. 😀

Biar ga rugi, karena masih banyak sekali sisa jadi aku menggunakannya pada rambut , kuku dan telapak kaki atau tangan.

Pros

– harganya lumayan murah

– wanginya enak dan lumayan tahan lama

– menyegarkan dan menenangkan kulit wajah

Cons

– kemasannya jar, agak kurang higienis gitu karena bolak balik di colak colek (cuci tangan dulu sebelum mencolek ya)

– mengandung zat yang berpotensi mengiritasi dan bikin kulit makin kering, seperti alkohol ( list no 2) dan parfum ( list terakhir)

– kurang cocok untuk kulit kering dan sensitif

Score : 

6/10

Bottom Line :

Sebaiknya untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, kering dan alergi dengan salah satu ingredients di atas, cobalah alternatif produk lain dengan komposisi yang lebih aman untuk kulitmu.

Demikianlah ulasanku tentang produk ini. Bagaimana pendapat  kawan-kawan tentang produk ini. Do you love the formula?