masker susu dan jeruk nipis

Hal yang terpikirkan saat bahas susu pasti ya minuman sehat, atau bayi. Iya kan susu adalah minuman sekaligus makanan wajib buat bayi. Tapi bagaimana kalau saya bahas susu sebagai bagian dari skin care?

Kalau membahas tentang topik ini pasti akan ada yang pro dan juga kontra. Ada yang setuju bahwa susu itu really works to combat berbagai masalah kulit. Sebaliknya ada juga yang kontra dan beranggapan jika susu itu takdirnya ya untuk diminum. Bukan untuk dijadikan skin care.

Well, memang wajar sih hal-hal semacam itu terjadi di sekitar kita. Karena memang sebagus apapun khasiatnya, pasti tetap ada hal negatif yang bisa Anda temukan pada susu. Contohnya bisa menimbulkan efek alergi.

Bicara soal manfaatnya, sebenarnya apa sih istimewanya susu? Kita bahas saja yuk mulai dari definisinya dulu. Here you are!

Pengertian Susu

Sebelum membahas lebih jauh, sudahkah Anda tahu definisi susu? Jika belum, yuk dipahami dulu. Susu adalah sebuah substansi bersifat cair dan berwarna putih yang diproduksi oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya manusia. Susu merupakan sumber gizi bagi bayi mamalia, tentunya termasuk manusia.

Di dunia ini susu sapi menempati peringkat pertama dalam jajaran minuman sehat jika dibandingkan dengan susu dari mamalia lain. Manfaat susu ada banyak sekali, termasuk khasiatnya di luar sebagai sumber gizi bagi bayi.

Sebagai produk susu yang paling terkenal, susu sapi adalah yang paling merajai pasaran. Suplai susu dikuasainya mulai dari susu untuk bayi hingga lansia sekalipun. Untuk itu saya rasa sangat penting bagi Anda dan juga saya untuk memahami kandungan gizi susu itu sendiri.

Zat yang Terkandung Dalam Susu Sapi

Susu sapi murni memiliki kandungan berbagai zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Diantaranya mampu menopang sebanyak 30% kebutuhan harian tubuh akan vitamin D serta 8% kebutuhan vitamin A harian.

Lebih lengkapnya seperti di bawah inilah kandungan gizi susu sapi per 100 gram penyajian:
1. Kalori 61
2. Air 88%
3. Protein 3,2 gram
4. Karbohidrat 4,8 gram
5. Gula 5,1 gram
6. Lemak 3,3 gram
7. Omega3 0,08 gram
8. Omega6 0,12 gram

Kalau kandungan vitamin dan mineralnya adalah seperti ini:
1. Kalsium 
2. Vitamin B12
3. Riboflavin
4. Fosfor

Selain itu susu segar juga memiliki kandungan enzim yang bermanfaat untuk menjaga kekenyalan kulit Anda serta mengelupas sel kulit mati. Bonusnya, susu juga memiliki kandungan asam laktat yang merupakan turunan dari Alpha Hidroxy Acid (AHA) yang bisa mencerahkan warna kulit Anda.

Mungkin ini merupakan salah satu alasan mengapa susu seringkali masuk menjadi salah satu bahan di dalam produk-produk kecantikan kulit.

Kandungan Gizi Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah keluarga tanaman sitrus yang biasa digunakan sebagai campuran bumbu masak. Manfaatnya di dunia kuliner adalah untuk menghilangkan bau amis dari ikan dan daging-dagingan.

Jeruk nipis setidaknya mengandung zat di bawah ini:
1. Vitamin A
2. Vitamin C
3. Kalsium
4. Magnesium

Vitamin A dan C sudah sangat lama dikenal baik khasiatnya untuk kecantikan dan juga kesehatan kulit. Tidak heran mengapa buah berwarna hijau ini banyak digunakan untuk membuat masker DIY.

Vitamin A dan C berperan sebagai antioksidan alami yang akan bekerja melawan radikal bebas dari luar. Radikal bebas merupakan senyawa hasil reaksi oksidasi di lingkungan sekitar. 

Dengan bantuan antioksidan, laju aktivitas radikal bebas bisa ditekan. Radikal bebas erat kaitannya dengan terjadinya penuaan dini di kulit. Dengan bantuan antioksidan dari vitamin A dan vitamin C maka diharapkan proses penuaan tersebut dapat ditekan kemunculannya.

Baca juga:
Jeruk Nipis untuk Mengobati Batuk

Cara Membuat Masker DIY dari Susu dan Jeruk Nipis

Untuk bisa mendapatkan manfaat kedua bahan alami ini, Anda cukup menyiapkan 1 buah jeruk nipis segar dan peras airnya. Tambahkan beberapa sendok makan susu murni dengan perbandingan 1:1. Campurkan keduanya hingga rata sebelum diaplikasikan ke wajah.

Cara aplikasinya adalah sebagai berikut:
1. Ambil beberapa lembar kapas kecantikan,
2. Celupkan pada masker,
3. Tempelkan pada wajah hingga menutupi seluruh permukaannya,
4. Diamkan 10-15 menit,
5. Bilas hingga bersih.

Gunakan masker ini seminggu sekali secara teratur untuk dapat melihat hasilnya. Masker ini akan membantu membuat kulit Anda menjadi lebih halus, kenyal, dan juga cerah secara alami.

Selain menggunakan masker, Anda juga tetap harus menjaga kebersihan kulit dengan cara membersihkannya dengan baik dan teratur setiap hari. Kebersihan adalah pangkal dari kulit yang cantik. Tanpa kulit yang bersih maka perawatan yang dilakukan tidak akan maksimal.

Baca juga:

Di samping itu perhatikan juga kebutuhan cairan tubuh Anda. Jangan sampai mengalami dehidrasi karena kondisi ini bisa menghambat peredaran oksigen dalam darah ke sel-sel tubuh. Ujung-ujungnya kulit Anda tidak bisa menyerap nutrisi yang diberikan dengan sempurna. So, watch your water intake!

Baca juga:

Perhatian!!!

Penggunaan jeruk nipis kemungkinan kurang cocok bagi yang memiliki tipe kulit kering atau super sensitif. Di samping itu, beberapa orang juga dilaporkan memiliki alergi terhadap komponen di dalam susu. Untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan sebaiknya cek kondisi kulit Anda lebih dulu sebelum mencoba perawatan ini.

Cara alami ini tidak dapat memberikan hasil instan dalam sekali perawatan. Maka lakukanlah secara teratur sebanyak 1-2 kali seminggu setidaknya selama 1 bulan untuk dapat melihat hasil yang diinginkan.

Nah, itu dia tips membuat masker jeruk nipis dan susu untuk kulit kenyal dan berkilau secara alami yang bisa saya sampaikan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, insyaa Allah! 

Memiliki pertanyaan, saran, atau kritik terkait tulisan di atas? Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah sana. Komen yuk?! Xoxo ^_^


(diens)