Do you have any imperfections on your face?
Do you always have problem with acne recovery?
Do you feel insecure to show your bare face?
All because of one reason: acne and its darkspot!

Aku punya gen keturunan dari keluarga besar yang memiliki kulit wajah berminyak dan berjerawat. Pusing euy ini jerawat mati satu tumbuh seribu. Belum lagi ngilangin bekas jerawatnya setengah matiii. Susah banget nahan tangan ini buat gak mencetin jerawat. Akibatnya bekas jerawat ada di mana-mana. Hiks…

Kadang suka gak pede mau keluar rumah tanpa makeup. Kalau untuk ke gereja atau acara-acara lainnya bisa diakalin dengan pakai foundation. Tapi kalau untuk harian kerja ke kantor, rasanya kasian kalau kulit muka harus ditimpa foundie seharian gitu. Jadilah aku mencari concealer yang cukup ringan tapi coveragenya oke.


Setelah cari sana-sini aku tertarik sama Maybelline seri Fit Me Matte + Poreless, yang katanya adalah dupe dari favorit semua orang: Nars Creamy Concealer. Aku beli ini di Sociolla, kalau gak salah dengan harga Rp 110.000 deh. Shade yang aku pilih: 25 Medium. Kalau kamu bingung apa shade yang paling cocok, bisa dicek di sini. Sekarang seri Fit Me ini sudah masuk ke counter Maybelline seluruh Indonesia, jadi kalau takut beli online langsung cus aja ke counternya!





Aku lebih prefer concealer yang creamy  gini dibanding yang lebih padat, rasanya lebih enteng aja. Kesan pertamaku adalah aku suka packagingnya! Ada aplikatornya jadi gak perlu ngambil produk pakai jari. Menurutku sih lebih higienis dibandingkan dengan jari ya, karena sebelum pakai concealer ini kan kondisi kulit sudah dibersihkan dan hanya dipakaikan sunblock. Terus bentuknya juga slim, travel friendly.


Ini info yang aku dapat dari webnya:
Fit Me® Concealer makeup for flawless, natural coverage. This oil-free concealer matches skin tones to deliver a more even complexion. Skin looks perfected with this natural coverage concealer. This oil-free formula conceals redness, flaws, and blemishes. Matches all skin tones. Dermatologist tested. Ophthalmologist tested. Non-comedogenic. Fragrance-free.
INGREDIENTS: WATER (AQUA), CYCLOPENTASILOXANE, HYDROGENATED POLYISOBUTENE, GLYCERIN, SORBITAN ISOSTEARATE, PROPYLENE GLYCOL, TITANIUM DIOXIDE, OZOKERITE, PHENOXYETHANOL, MAGNESIUM SULFATE, DISTEARDIMONIUM HECTORITE, DISODIUM STEAROYL GLUTAMATE, METHYLPARABEN, ACRYLATES CROSSPOLYMER, ALUMINA, BUTYLPARABEN, ALUMINUM HYDROXIDE, TOCOPHEROL, SILICA, CHAMOMILLA RECUTITA (MATRICARIA FLOWER EXTRACT), MAY CONTAIN (+/-): (CI 77891), IRON OXIDES (CI 77491, 77492, 77499), MICA F.I.L. D43567/2


Secara bahan-bahan sudah aman, walau memang ada parabennya (which is okay actually), tetapi gak ada bahan-bahan ‘bahaya’ lainnya seperti mineral oil atau alkohol. Tapi walaupun klaimnya oil free, Dermatologist teste, Ophthalmologist tested, Non-comedogenic, Fragrance-free, sebaiknya tetap patch test dulu ya. Dan jangan lupa double cleansing setelahnya.


Cara pakai concealer agak tricky. Jangan digosok-gosok ya aduh itu kulit muka bukan pantat panci. Ditap-tap lembut aja sampai dia ngeblend  dengan warna kulit. Aku pribadi lebih suka pakai jari tangan dalam pengaplikasian concealer, berasa lebih merata dan natural aja.

Berikut hasilnya:
Sorry for the chubby cheek and all the darkspots :(
Kalau pengen lebih jelas dizoom aja. Dari kiri atas ke kanan bawah: bare face hanya pakai sunblock - 1 layer - 2 layer - set dengan loose powder. Kelihatan agak patchy ya karena aku gak pakai pelembab dan itu semua bekas jerawat yang sudah kering. Foto aku ambil dengan kamera depan iPhone 5 tanpa filter, jadi itu apa adanya.

Untuk menutup bekas jerawat sih concealer ini gak terlalu full coverage ya, masih medium lah. Tapi kalau sebelumnya aku pakai foundie, wow mantap noda bekas jerawat tertutup sempurna. Concealer ini cukup buildable, tapi kalau dipakai di atas jerawat agak patchy, kurang bagus dilihatnya. Untuk masalah ketahanan, dia hanya bertahan sekitar 4-5 jam (tanpa primer dan foundie, hanya diset dengan bedak tabur), setelah itu sudah agak hilang. Yang aku kurang suka juga, dia cukup transfer kemana-mana.

Aku sebenarnya punya mata panda yang cukup parah juga. Tapi aku takut pakai concealer di daerah ini karena takut keriput dini :’) Jadi maaf aku gak bisa kasih tahu gimana hasilnya kalau buat undereye. Seharusnya sih pakai color corrector warna orange dulu baru ditimpa dengan concealer ini udah oke ya. Aku juga kurang merekomendasikan sebagai highlight. Lebih baik cari produk yang memang khusus untuk highlighter aja.

Pros:
·         Mudah diblend
·         Mampu menutup darkspot
·         Gak menimbulkan jerawat
·         Packagingnya lucu
·         Mudah dicari di berbagai counter Maybelline
·         Natural
·         Tidak mengandung pewangi, cocok untuk kulit sensitif
·         Travel friendly

Cons:
·         Agak mahal
·         Ketahanannya biasa aja kalau tanpa primer & foundie
·         Gak mampu menutupi jerawat karena jadi crease & patchy.
·         Tidak transferproof

Rating: 8/10
Repurchase? Maybe

Kalau ada rekomendasi concealer yang lebih tokcer, tolong komen di bawah ya!


Thank you for reading.


Reach me on earlyregina10@gmail.com