Sebagai seorang perempuan yang ‘beruntung’ diberikan gen kulit berminyak dan berjerawat, kulitku sangat rewel untuk urusan perawatan wajah. Apalagi semenjak kerja di Jakarta, kondisi kulitku makin parah dengan terpaparnya kulitku dengan matahari dan debu-debu jahat Ibukota setiap hari. Pokoknya susah deh mencari regimen untuk kulit ini. Sabun muka dan obat jerawatku sebelumnya seperti sudah gak mempan lagi.

Berbekal baca review sana-sini dari beberapa blogger favoritku, tertarik lah sama si Cetaphil ini. Aku tertarik karena produk ini sangat lembut di kulit, menenangkan kulit yang lagi ‘kacau’, serta tidak mengandung detergen/sabun. Jadi memang saat dipakai tidak akan ada busanya. Bahkan sampai-sampai bisa dipakai segala jenis usia, termasuk bayi sekalipun. Wow.

CetaphilGentle Skin Cleanser yang dibuat pada tahun 1947, merupakan produk perawatan kulit pertama yang diformulasikan oleh ahli kulit sebagai produk yang lembut dan cocok untuk setiap jenis kulit. Selama lebih dari 40 tahun, produk kami telah dikembangkan dan diuji ketat secara klinis agar selalu memberikan kualitas yang terbaik bagi para konsumen. Cetaphil telah menerima berbagai penghargaan dan diakui oleh para ahli kecantikan dan kesehatan. Cetaphil merupakan produk perawatan kulit yang direkomendasikan oleh dokter kulit. Setiap hari ada 1 botol yang terjual setiap menitnya di seluruh dunia dan formula yang dikembangkan pada tahun 1947 masih dipertahankan hingga hari ini.




Cetaphil ini sendiri banyak varian dan jenis produknya. Tetapi aku akan fokus untuk menceritakan tentang Cetaphil Gentle Skin Cleanser, for all skin types. Aku beli ini di Grand Lucky SCBD, 125 ml dengan harga Rp 100.000. Tetapi produk ini juga banyak kok di Guardian, Century, Sociolla, Lazada, dsb.

Mungkin akan ada yang bertanya-tanya kenapa aku gak pilih yang varian untuk oily skinsecara kulitku berminyak. Tetapi kulitku sensitif, dan masalah kulit sensitif prioritasnya nomor 1 dibandingkan masalah berminyak. Secara yang varian gentle  juga untuk semua jenis kulit, jadi aku milih varian ini.

Kesan pertama, secara packaging sih biasa aja, dan aku agak takut untuk membawa pembersih ini bepergian karena bagian tutupnya lebih gampang terbuka. Dari segi wangi, seperti klaimnya, gak ada wangi apapun. Dan yang paling aku suka tuh dia mencantumkan ‘dermatologist recommended’ haha khas cewek banget ya mudah terbujuk. Pertama aku pakai sebenarnya agak bingung harus seberapa banyak yang aku tuang, karena produk ini cukup runny. Terlebih saat aku pakai dan gak ada busanya, aku takut memakai produknya terlalu sedikit/terlalu banyak.


Produk ini sebenarnya bisa dipakai dengan atau tanpa air. Jadi kalau tanpa air, jatuhnya seperti memakai milk cleanser, nanti dihapusnya bisa dengan kapas atau handuk basah. Tapi kalau aku masih lebih nayaman dengan menggunakan air, berasa lebih segar gitu. Sesaat setelah dibilas, kulit muka rasanya lembut, tapi gak berasa kayak kering ketarik gitu. Dan sebenarnya saat awal aku memakai ini, aku masih merasa kalau mukaku belum terlalu bersih. Untuk itu aku sarankan double cleansing ya sis.

Aku sudah pakai ini selama dua bulan. Kebetulan saat aku pakai, kulit muka aku lagi rewel banget, banyak jerawat meradang kemerahan gitu. Dan setelah beberapa hari aku pakai Cetaphil, kulit muka aku jauh lebih kalem dan kemerahannya berkurang. Maaf aku gak foto buktinya, soalnya gak pede banget banyak jerawatnya. Tetapi memang produk ini bukan obat jerawat sehingga tidak menghilangkan jerawat. Cuma aku sangat sangat menyarankan pembersih ini dimiliki oleh orang yang kulitnya sensitif dan sering berjerawat.


Satu-satunya kekurangan adalah……harganya agak mahal yah. Tapi setelah aku perhatikan beberapa bulan ini ternyata produk ini cukup sering didiskon di Guardian dan Aeon Mall, jadi sering-sering deh pantengin tempat itu.

Rating: 9.5/10

Do you ever try this product?
Or do you have any option for gentle facial cleanser with cheaper price?

If yes, please comment in the comment section below. Thank you for reading!


Reach me on earlyregina10@gmail.com