Di postingan aku beberapa waktu lalu, aku cerita kalau aku jalan-jalan sendirian ke Semarang. I’m not an expert backpacker, cuma mau sharing  aja mengenai gimana persiapan cewek ribet untuk jalan-jalan backpacker sendirian. Karena pasti di luar sana banyak perempuan seperti aku, yang pingin jalan-jalan low budget tetapi sayang sama waktu cuti dan susah nyamain waktu dan keinginan sama teman-teman lain. Jadi ujung-ujungnya mencari tempat yang cukup dijelajahi pas weekend dan….sendirian.

Awalnya untuk pemilihan tempat, aku memilih Semarang karena tadinya mau datang ke wisudaan teman kerjaku di Salatiga. Tetapi karena teman-teman kerjaku batal pergi semua, jadi aku juga gak jadi ke wisudaannya temanku, tapi ke Semarangnya gak mungkin aku batalin karena udah pingin banget. Waktu itu yang membuat aku tetap berangkat karena 1 hal: ada Gojek! Jadi aku gak takut masalah transportasi. Dan setelah aku googling juga tempat wisata di Semarang kotanya gak terlalu banyak, jadi aku yakin untuk waktu 2 hari sudah cukup.


So, in conclusion:


    1.  Research research research! Harus banyak googling destinasi wisata yang kamu ingin datangi. Cari alternatif transportasinya, cari tujuan-tujuan wisatanya, cari kisaran harganya.
    2. Pilih kota yang waktu tempuhnya gak terlalu lama dan gak terlalu susah. Aku pingin ke Malang tapi perjalanannya lama banget kalau pakai kereta/bis, sedangkan kalau pakai pesawat harganya agak mahal. Kalau untukku pribadi, perjalanan pergi gak masalah pakai kereta/bis, tapi kalau pulangnya sih kalau bisa pakai pesawat karena besoknya sudah kerja lagi biar gak terlalu capek.
     3. Pilih kota yang tempat wisatanya gak terlalu banyak. Soalnya nyesek sis kalaus udah datang ke suatu kota tapi gak bisa menjelajahi semua wisatanya karena keterbatasan waktu.
     4. Bawa ransel aja. Jangan bawa koper, karena kamu bukan lagi liburan mewah. Koper cuma menghambat mobilitas aja.
     5. Jangan terlalu banyak membawa baju. Cuma dua hari ini perginya. Baju rumah sepasang, jeans, lalu baju pergi dua pasang. Quick tips: bawa tanktop untuk tidur, lalu pakai cardigan. Taraa jadi lah sekali dayung 2 pulau terlampaui. Tapi jangan lupa bawa parfum ya.
     6. Untuk alat mandi jangan bawa yang terlalu ribet. Shampoo bawa satu aja yang sachet jadi gak makan tempat.
    7. Untuk kosmetik, cukup bawa sunscreen sama bedak tabur aja (tentunya plus alis dan lipstick). Yang paling penting sunscreen dan sunblock sih soalnya Semarang panasnya luar biasa. Lipbalm pun harus yang ber-spf.
     8. Jangan lupa bawa kacamata hitam! Ini terkait panasnya Semarang yang membara. Sumpah, lebih panas Semarang daripada Jakarta.
     9. Jangan lupa bawa tongsis! Ini krusial sekali saudara-saudara. Soalnya gak ada partner buat fotoin kita kan.
     10. Opsional sih, tapi bawa semacam setruman atau pepper spray ya, untuk proteksi.

     11. You’re good to go!


Reach me on earlyregina10@gmail.com