Sebagai wanita yang tinggal di negara tropis, penggunaan sunscreen sangat lah krusial. Here take a look at this pict:




Beberapa teman terdekat aku bahkan tidak menggunakan proteksi sunscreen dalam kegiatan sehari-hari, mereka cenderung hanya menggunakannya saat seharian di luar ruangan. Padahal sinar matahari dapat langsung menimbulkan efek buruk di kulit kita walau kita di bawah matahari hanya sebentar. Contoh gampangnya gini deh, buat perempuan yang hobi pakai sepatu flat pasti menyadari bahwa bagian punggung kaki akan belang, padahal jarang terkena matahari. Begitu juga dengan yang sering menggunakan jam lalu kulit tangannya belang padahal terkena matahari hanya saat pergi/pulang kerja, serta saat membeli makan siang.

Ini satu lagi contoh buruk tidak menggunakan sunscreen:

www.google.co.id

Jadi Bapak ini adalah pengemudi truk yang setiap pagi hari melewati daerah yang sama dengan arah sinar matahari yang sama. Setelah beberapa tahun, pada bagian wajah yang terkena matahari mengalami keriput yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan bagian wajah yang tidak terkena paparan sinar matahari. Seram banget kaaan.

Itu lah mengapa penggunaan sunscreen sangat lah penting. Berikut adalah beberapa manfaat dari menggunakan sunscreen:
·         Mencegah penuaan dini pada kulit
·         Mencegah kulit kemerahan akibat efek terbakar sinar matahari
·         Mencegah timbulnya flek hitam
·         Mencegah rusaknya sel pada kulit yang dapat berujung pada kanker kulit

Yang perlu diingat, sunscreen terdiri dari dua jenis, yaitu fisika dan kimia. Sunscreen saat ini yang banyak beredar di pasaran adalah jenis kimia. Sebenarnya paling bagus adalah yang jenis fisika, tetapi sulit untuk ditemukan di pasaran. Kelemahan sunscreen jenis kimia yaitu harus dipakai minimal 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Sedangkan jenis fisika dapat langsung digunakan.

Pada sunscreen biasanya tertulis keterangan SPFnya. SPF adalah Sun Protection Factor, artinya adalah waktu yang dibutuhkan sunscreen untuk melindungi wajah dari matahari. Nah angkanya sendiri adalah faktor pengkali waktu sunscreen melindungi kita. Jadi misalkan sunscreenku SPF 25, tinggal dikali 10 (10 menit = waktu rata-rata kulit manusia akan terbakar di bawah matahari). SPF berpengaruh pada kemampuan sunscreen melindungi kulit dari sinar UVB. SPF 15 bisa memproteksi 93% sinar UVB, SPF 30 sampai 96%, SPF 50 memproteksi hampir 98%. Kalau PA yaitu Protection Grade of UVA. semakin banyak tanda plus berarti semakin kuat juga perlindungannya. (Contoh: SPF 50 PA+++).

SPF besar dan tanda + banyak belum tentu yang paling bagus. Karena biasanya semakin besar SPF dan tand +, semakin tinggi juga tingkat comedogenicnya. Jadi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan.

Yang perlu diingat, untuk mencapai hasil maksimal sebaiknya sunscreen dilakukan re-apply setiap 2 – 3 jam sekali. Karena sunscreen mudah luntur, saat terkena keringat, air wudhu, bahkan tidak terkena apa-apa pun sunscreen wajib di re-apply untuk mendapatkan hasil maksimal. Sunscreen untuk wajah juga berbeda dengan yang untuk tubuh. Untuk wajah bisa digunakan untuk tubuh, tetapi untuk tubuh belum tentu bisa digunakan untuk wajah. Karena kulit wajah kita lebih sensitif.

Bagaimana, sudah tertarik untuk menggunakan sunscreen?
Bagi aku pribadi, aku sudah nyaman dengan sunscreen Skin Aqua spf 50 dan untuk tubuh menggunakan Nivea SPF 25.


See you on another post!



Reach me on earlyregina10@gmail.com