Face mist adalah salah satu skincare inovasi baru, dimana bentuknya yang cair dalam kemasan botol spray. Dalam satu kemasan, kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari beberapa kandungan bahan yang ada di dalam face mist tersebut. Pada dasarnya  face mist berfungsi untuk memberikan kesegaran pada kulit, terutama jika kita beraktivitas di ruangan ber-AC atau di luar ruangan yang cenderung membuat kulit kita terasa kering. Karena kemudahan yang diberikan oleh face mist ini, banyak brand kosmetik dan skincare berlomba-lomba mengeluarkan produk face mist untuk konsumen tercintanya.

Dari sekian banyak face mist yang ada, kita harus tetap jeli memilih face mist yang tepat untuk jenis kulit kita guys. Secara ya setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda dan keluhan yang berbeda pula. Jadi kita harus mengenal betul apa yang kulit kita butuhkan.
Selain memilih face mist yang sudah ada di pasaran, kita juga bisa membuat sendiri face mist sendiri guys. Dan bahan-bahan yang digunakan juga cukup mudah didapatkan. Okey guys,, kali ini aku mau share bagaimana cara aku membuat face mist aku sendiri.





💞Alat/Bahan:

💨 Botol Spray
Botol spray ini bisa kita dapatkan di toko kosmetik atau bisa gunakan botol bekas parfum yang sudah dicuci bersih.

💨 Aloe Vera Gel
Aku menggunakan aloe vera gel merk Nature Republic. Kalian bisa menggunakan aloe vera gel merk apa saja yang mudah kalian dapatkan.
Aloe vera memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit kita, seperti memudarkan bekas luka akibat jerawat yang meradang, mencegah dan mengobati infeksi, menjaga kelembaban kulit secara alami, sebagai anti aging alami, membuat kulit wajah lebih kencang dan kenyal, mengecilkan pori pori, dan masih banyak lagi manfaat dari aloe vera.

💨 Air Mawar
Aku memilih menggunakan air mawar untuk efek glowing, dan karena kulit normal kombinasi juga cocok menggunakan air mawar. Untuk kalian yang memiliki jenis kulit berminyak, bisa menggunak air jeruk atau tea tree oil, sedangkan untuk kulit kering bisa menggunakan sari air mentimun atau air mawar juga.
Manfaat air mawar untuk kulit kita seperti membantu menyegarkan kulit, mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini, perawatan untuk kulit kering, dan sebagai relaxasi.

💨 Vitamin E
Vitamin E bisa gunakan vitamin E capsul yang mudah kita dapatkan di Apotek atau toko terdekat seperti Natur-E capsul. Tetapi kali ini aku menggunakan Vitamin E capsul dari Tiens.
Manfaat vitamin E untuk kulit adalah untuk membantu detoxifikasi kulit, melembabkan kulit, mengatasi gejala penuaan dini seperti keriput dan flek, mengatasi noda hitam akibat jerawat, menutrisi kulit, dan menjaga kulit dari radiasai matahari.

💨 Air Mineral
Air mineral yang kita gunakan adalah air kemasan merk apa saja. Air mineral ini sebagai bahan utama dari face mist yang akan kita buat.



Alat dan bahan face mist


💞 Step by step:

💨 Masukan 1-2 sendok teh aloe vera gel. Takaran aloe vera gel dapat disesuaikan dengan jenis kulit. Jika jenis kulitmu berminyak, cukup gunakan 1 sendok teh aloe vera gel. Tetapi kalau kamu punya jenis kulit yang kering, bisa gunakan 2 sendok teh aloe vera gel. Karena jenis kulitku normal kombinasi, aku cukup kunakan 1 ½ sendok teh aloe vera gel.



Aloevera gel pada dinding botol

💨Selanjutnya tambahkan vitamin E, potong kapsul vitamin E dan keluarkan gel vitamin E.

Satu butir vitamin E, keluarkan isinya

💨 Tambahkan 4-5 sendok air mawar atau kira-kira mengisi ¼ botol spray.



5 sendok air mawar

💨 Terakhir isi penuh dengan air mineral





💨 Kocok botol agar semua bahan tercampur dengan rata, face mist siap digunakan.



Face mist siap digunakan


Sangat mudahkan membuat face mist sendiri, jadi kita tidak perlu susah-susah mencari face mist yang sesuai kebutuhan kulit karena kita sudah bisa membuatnya sendiri. Selain berfungsi untuk melembabkan kulit, face mist ini juga memiliki fungsi lainnya.

💨Sebagai penyegar wajah, face mist merupakan solusi praktis untuk membuat wajah  segar kembali. Aktivitas kita didalam atau diluar ruangan sering kali membuat kita penat dan kulit terasa tidak segar. Nah disaat seperti itu kita bisa menyemprotkan face mist ke wajah dan seketika wajah akan jadi lebih segar dan fresh.

💨Membantu mengontrol minyak diwajah, face mist dengan kandungan air jeruk akan dapat membantu mengontrol minyak yang berlebihan di wajah. Dan mencegah bakteri penyebab jerawat menempel di kulit.

💨Menenangkan kulit akibat sengatan matahari, cuaca yang panas dan matahari terik akan membuat kulit kita cepat kering dan terasa perih. Face mist dapat membantu menenangkan kulit yang kepanasan karena cuaca dan terik matahari.

💨Mengenyalkan kulit. Kandungan vitamin E dan air mawar akan membuat kulit terasa kenyal karena mendapat nutrisi yang baik. Kulit juga akan terlihat sehat dan glowing.

💨Membantu makeup lebih tahan lama. Selain sebagai skincare, face mist juga dapat digunakan untuk setting spray yang berfungsi mempertahankan makeup tetap tahan lama.

Satu botol face mist 10ml, biasanya aku pakai sampai 1 bulan. Dan kandungan vitamin E tadi juga membantu face mist lebih tahan lama.

Nah itu, informasi mengenai face mist yang biasa aku buat sendiri. Tertarik untuk membuat juga??
atau ada yang punya DIY face mist dengan bahan yang berbeda?? bisa comment di bawah ya guys...