Hello, guys iā€™m back again with new review. Yaps,,, udah beberapa minggu ini libur buat review karena masalah teknis. Tapi sekarang aku mulai buat review lagi dan semoga tetap konsisten buat tulisan lainnya šŸ˜™. Akhir-akhir ini aku lagi fokus sama skincare dan masih belajar dengan double cleansing dan treatment lainnya. Dan COSRX Clarifying Treatment Toner ini salah satu produk skincare routine ku.


Aku tergolong pemula dalam hal double cleansing dan produk yang berbahan AHA dan BHA, karena banyak baca dan nonton review tentang double cleansing dan produknya. Akhirnya mulai tertarik dengam eksfoliating toner. Kenapa aku pilih produk ini, karena aku mau kulitku adaptasi dulu dengan kebiasaan double cleansing jadi aku perlu produk yang kandungannya tidak membuat kulitku kaget dengan produk baru. Dan akhirnya aku mulai coba deh COSRX nya.

COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner ini merupakan salah satu produk COSRX yang paling terkenal. Untuk pemula dalam hal double cleansing dan penggunaan toner exfoliating aku sangat merekomendasikan produk ini. Karena kandungan AHA dan BHA, serta kandungan pH nya rendah, sehingga cocok untuk menyeimbangkan pH kulit.

Sebelum lanjut ke review produknya, aku mau kasi informasi sedikit tentang AHA dan BHA dulu ya guys šŸ˜.

AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) merupakan senyawa asam yang efektif untuk eksfoliasi atau proses pengelupasan sel kulit mati.
Pada beberapa produk skincare jenis AHA dan BHA dituliskan dengan jenis yang berbeda. Bentuk lain AHA biasanya adalah glycolic acid, lactic acid, malic acid, mandelic acid, dan citric acid. Sedangkan BHA, yang sering kita lihat pada produk skincare adalah salicylic acid.
Meski AHA dan BHA dapat digunakan dalam eksfoliasi, ada beberapa perbedaan yang harus kita perhatikan.
AHA memiliki komponen pelembap dan dapat larut dalam air, cocok digunakan pada jenis kulit normal atau kombinasi normal kering. AHA dapat membantu pelepasan sel kulit mati, memperbaiki tingkat kolagen, dan menjaga kelembapan kulit.
Sedangkan BHA dapat larut dalam minyak, karena sifat komponennya yang merupakan susunan lemak. Lebih cocok untuk kulit yang berminyak dan cenderung berjerawat. Selain mengangkat sel kulit mati, BHA juga berfungsi mengatasi masalah jerawat, komedo, dan mencegah peradangan kulit. Penggunaan AHA dan BHA ini dapat dilakukan terpisah atau bersamaan pada satu produk, seperti pada produk COSRX ini šŸ˜‰.

Kita mulai reviewnya ya guys..

šŸ’¦ PACKAGING 
COSRX Clarifying Treatment Toner ini dikemas dalam kotak karton putih, kemasannya simple dan tidak terlalu banyak deskripsi produk. Kemasan dalam berbentuk botol silinder ukuran lumayan panjang yang berbahan plastik bening, jadi kita bisa lihat langsung isi cairan tonernya.  Netto produk 150 ml. Pada bagian kepala botol, dipilih semprotan/sprayer warna hitam. Dengan menggunakan sprayer, akan lebih efektif kita mengeluarkan cairan tonernya dan tidak akan tumpah juga. Pada bagian kemasan box, ada beberapa deskripsi produk. Sayangnya sebagian besar menggunakan bahasa korea. Kecuali cara pakai, komposisi, dan caution pada produk.

Kemasan depan

Kemasan belakang


šŸ’¦ INGREDIENTS
Water, Salix Alba (Willow) Bark Water, Pyrus Malus (Apple) Fruit Water, Butylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Sodium Lactate, Glycolic Acid, Betaine Salicylate, Allantoin, Panthenol, Ethyl Hexanediol.

šŸ’¦ TEKSTUR
Tekstur dari toner ini cair dengan warna bening. Kandungan AHA dan BHA tergolong rendah jadi tidak terasa lengket setelah aplikasinya. Setelah diaplikasikan toner ini dapat memberikan efek menenangkan dan menyegarkan wajah.
Toner ini tidak mengandung parfum buatan atau kandungan yang terlalu menyengat. Jadi tidak mengganggu saat digunakan.

Tekstur toner di tangan


šŸ’¦ CARA PAKAI
Penggunaannya bisa dilakukan dengan dua cara, dapat diaplikasikan dengan menyemprotkan cairan pada kapas dan diusapkan ke wajah secara menyeluruh, atau dapat di semprotkan langsung ke wajah dan gosokkan ringan dengan kapas kering.



Selama menggunakan produk ini aku belum melihat perubahan yang signifikan banget ya sama kulitku. Menurutku, toner ini bukan tipe cleansing toner, jadi jangan berharap kalian bisa membersihkan sisa makeup dengan toner ini. Tetapi toner ini lebih ke membersihkan kulit mati dan menyegarkan kulit. Buktinya, wajahku sudah mulai terlihat lebih bersih dari sebelumnya dan masalah komedo juga berkurang.
Yang aku suka dari toner ini tidak membuat wajahku kering atau merasa ketarik setelah digunakan dan kulitku terasa lebih lembab. Dapat digunakan setiap hari siang atau malam, aku pribadi lebih suka menggunakannya saat malam hari. 

Sayangnya produk ini harus kita beli online. Sampai sekarang aku belum nemu store yg jual sih..
Yaps sekian ya reviewnya, dan aku bener2 rekomendasiin produk ini buat kalian yang masih pemula kya aku.

Oke,, see you on my next post ya šŸ˜