Pernah nggak sih kalian dandan tapi kayak lagunya Raisa "Serba Salah"? Pakai produk tipis-tipis tapi kok keliatan nggak fresh. Pakai make-up tebel-tebel kok kayak biduan dangdut. Nggak pakai make-up tapi nanti takut keliatan jelek sama gebetan. Apalagi yang baru belajar make-up, masih bingung pakai produknya sebanyak apa.

Sebenernya kunci make-up itu bagus atau tidaknya tergantung kesatuan dari complexion make-up. Mau setebal foundationnya, countournya terlalu banyak, highlighternya terlalu blinding bisa diatasi dengan cara mulai dengan primer dan dikunci dengan setting spray yang tepat. 

Untuk mengatasi masalah complexion yang susah menyatu dengan sempurna, Studio Tropik mengeluarkan dua priming water yaitu Original Priming Water untuk kulit normal cenderung berminyak dan Flawless Priming Water untuk kulit normal cenderung kering. Apa sih bedanya Studio Tropik Priming Water dengan priming water yang lain? Berdasarkan webstite resmi Studio Tropik ada 3 filosofi utama dari produk-produk yang dikeluarkan brand ini. Pertama Innovative, yaitu Studio Tropik  menghadirkan produk perawatan kulit yang inovatif dan dirancang khusus untuk menunjang make-up. Yang kedua Natural Formulation, dimana semua produk Studio Tropik memiliki formula natural yang mengandung ekstrak alami dan bahan aktif (active ingredients) yang berkualitas tinggi, dan filosofi terakhir yaitu Hygienic Technology dimana semua produk diproduksi dan dikemas secara higienis di pabrik kosmetik berstandar CPKB dan proses HALAL. 

Sesuai dengan filosofinya, maka perbedaan produk priming water Studio Tropik dengan priming water yang lain adalah selain bisa sebagai base make-up tapi dapat digunakan sebagai skincare. Menurut saya ini hal yang menarik karena jaminan dapat digunakan sebagai skincare tersebut maka dapat mempersiapkan kulit wajah lebih maksimal saat memulai make-up. Apalagi zaman sekarang dimana orang lebih memilih hidup praktis, jadi priming water yang diformulasikan sebagai skincare juga merupakan inovasi yang menarik. 



Tampilan Studio Tropik Original Priming Water

Saya pribadi punya Studio Tropik Original Priming Water untuk menggantikan MUFE Mist&Fix saya yang sudah habis. Selain produk lokal dan yang pasti lebih murah, ternyata Studio Tropik Original Priming Water isinya lebih banyak (150 ml). Setelah saya baca kandungannya rasanya kurang tepat mengatakan didominasi oleh rosewater dan aloe vera karena pada list ada di posisi 4 dan 7. Saat disemprotkan yang saya perhatikan pertama kali adalah bau aroma mawar tetapi tidak terlalu menyengat dan campuran bau kimia, yang jelas baunya enak dan tidak mengganggu sama sekali. Air yang keluar dari spray menyebar secara merata dan lebih halus dibandingkan dengan MUFE Mist&Fix.


Ingredients Produk di Belakang Kemasan

Selama sebulan menggunakan Studio Tropik Original Priming Water sebagai base make-up saya suka dengan hasil yang diberikan. Make-up jadi menyatu dengan sempurna, cocok sekali untuk saya yang selalu dandan dempul. Efek flawless yang dikasilkan bahkan lebih terlihat jika kita semakin lama memakai make-up. Tetapi perlu dicatat, karena produknya bernama "priming water" maka tidak bisa dijadikan setting spray. Dalam waktu dua jam saya perlu blotting paper untuk menghapus minyak di wajah saya. Studio Tropik Original Priming Water pernah saya pakai untuk skincare dan tidak menimbulkan reaksi alergi atau breakout di wajah saya yang cenderung sensitif. Tapi sayangnya saya pernah punya pengalaman buruk dengan Studio Tropik Original Priming Water ini ketika dikombinasikan dengan Aloe Vera Gel dri brand K-Beauty. Kulit wajah saya langsung bruntusan tapi entah kenapa hasil dandanan saya masih menyatu dengan sempurna. 

 Menurut saya, bagi kamu yang serba salah dalam menggunakan make-up, bisa dicoba Studio Tropik Original Priming Water untuk menghasilkan dandanan yang menyatu dengan sempurna. Apalagi kandungan rosewater dan aloe vera di dalamnya yang kaya akan manfaat sehingga dapat dijadikan skincare. Jadi, gak perlu malu jelek di depan gebetan karena dandanannya menor kan?