Waktu adalah uang. Kalimat tadi adalah ungkapan yang sudah sering kamu dengar sampai kamu sudah terlalu hapal dengan maknanya. Namun ternyata, kita sadar kalau kita sering membuang-buang waktu, sehingga ujungnya kita menyesal dan berharap waktu dapat diputar kembali. Daripada terus menyesal, tidak terlambat untuk mulai belajar menggunakan waktu secara efisien, kan? Bagaimana caranya? Berikut beberapa kebiasaan yang bisa kamu terapkan agar dapat memanfaatkan waktu secara efisien.

1. Buat Action List


Jika kamu merupakan orang yang mudah lupa, kamu bisa memulai kegiatan pagi hari dengan membuat catatan kecil berisi kegiatan-kegiatan yang harus kamu lakukan untuk sepanjang hari itu. Tujuannya adalah agar kamu tidak lupa dengan kegiatan yang ingin kamu laksanakan. Selain itu, kamu juga bisa tetap mengingat detail terkecil dari rencana yang kamu buat. Tentu saja ini adalah cara untuk menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya agar tak ada yang terbuang percuma.

2. Atur Jam Berangkat
Fenomena 'telat' masih cukup sering terjadi di kalangan pelajar dan mahasiswa. Mengapa demikian? Jika dilihat secara lebih seksama, ternyata masih banyak di antara kita yang belum bisa menggunakan waktu secara efisien. Salah satu contoh kecil adalah belum bisa mengatur jam berangkat ke kampus dan sekolah dengan konsisten. Masih banyak pelajar dan mahasiswa yang mengandalkan instingnya untuk bangun pagi, tanpa bantuan jam beker atau pengingat lainnya. Padahal mungkin di malam sebelumnya, mereka tidur larut karena mengerjakan tugas. Alhasil, bangun telat dan mengacaukan pagi hari dengan berlari-larian, bertarung dengan waktu di jalan.

Lalu, bagaimana caranya agar dapat menggunakan waktu dengan efisien? Jika kamu adalah salah satu dari pelajar atau mahasiswa yang mengalami kesulitan untuk bangun pagi, tentunya kamu harus dapat memasang target waktu yang sekiranya tepat untuk berangkat dari rumah. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan karena kamu bisa memperkirakan kapan akan tiba di tempat tujuan dan akan mendorong kamu untuk bangun lebih pagi. Kamuakan melakukan usaha-usaha agar kamu tidak elanggar target yang dibuat misalnya kamu memasang alarm di smartphone atau meminta tolong orang tua untuk membangunkan. Kamu juga bisa menambahkan hukuman jika tidak bisa melaksanakan target agar apa yang kamu rencanakan dapat berjalan dengan semestinya.

3. Siapkan Barang Bawaan Lebih Dulu
Salah satu kesalahan kecil namun fatal bagi pelajar dan mahasiswa adalah melakukan semua tugas atau hal lainnya sevara mendadak (impromptu). Mungkin the power of kepepet memang baik di saat-saat tertentu. Namun jika dijadikan kebiasaan, tentunya tidak akan baik bagi kehidupan. Misalnya saja, kamu terbiasa untuk menyusun buku yang akan dibawa ke kampus atau sekolah beberapa menit sebelum berangkat. Padahal, seharusnya buku-buku rersebut bisa dipersiapkan lebih awal saat malam hari. Dengab melakukan hal kecil seperti itu, jamu dapat menghemat waktu saat kamu terbangun pada pagi hari. Kamu judalam ga tak harus dilanda rasa was-was karena belum mempersiapkan segala sesuatu dari awal. Kamu pun bisa menggunakan eaktu kamu untuk mrlakukan hal lain, misalnya sarapan yang sangat penting untuk mrnambah energi sebelum beraktivitas di luar ruangan.

4. Tentukan Prioritas


Menentukan waktu sangat penting untuk kamu lakukan. Kamu tak ingin menyia-nyiakan waktu dengan percuma untuk kegiatan yang tidak kamu sukai atau terpaksa kamu jalani, bukan? Kamu tak kan bisa menggunakan waktu dengan efisien jika kamu masih belum bisa menentukan pilihan yang lrbih baik bagi hidupmu.

Lalu, bagaimana cara menentukan kegiatan prioritas bagi dirimu? Pertama, tanyakan hal terpenting yang ingin kamu capai. Contohnya, jika kamu ingin menjadi seorang pebisnis, selain kegiatan utamamu srbagai pelajat. Maka kamu akan lebih mendahulukan kegiatan-kegiatan berupa workshop, pelatihan, atau seminar yang berbau kewirausahaan dibandingkan drngan hak sejenisnya di bidang kepenulisan. Jika kamu sudah mrmiliki tujuan yang pasti, kamu dapat mrnggunakan waktu dengan lebih baik. Tentunya, kamu harus fokus ketika kamu sudah memiliki tujuan itu.

Kamu juga bisa menentukan prioritas dalam bertemu teman-teman di lingkaran pergaulanmu. Jika kebeulan kamu srdang dilanda krsibukan sedangkan kamu diundang untuk hang out dengan teman, disitulah dibutuhkan krmampuan untuk berpikir lebih lanjut. Apakah kedatanganmu sangat berarti di tempat itu ataukah hanya sebagai pelengkap saja? Apakah keuanganmu mencukupi untuk bersenang-senang? Adakah manfaat yang kamu dapatkan? Jika tidak ada, kamu bisa secara tegas mengatakan "tidak".

5. Manfaatkan Gadget
Gawai atau yang lebih dikenal dengan sebutan gadget, diciptakan untuk memudahkan urusan manusia. Tentunya, gadget juga diperuntukkan bagi kamu yabg memiliki srgydang aktivitas ptoduktif. Kamu bisa mengoptimalkan kegunaan gadget kamu untuk keperluan akademik atau pendukung kegiatab kamu lainnya. Daripada menambah aplikasi edit foto berfilter atau games yang menguras baterai dan kuota, lebih baik kamu menambah tempat kosong menori dengan kamus, aplikasi pengolah kata, data, dan presentasi, atau aplikadi lain yang lebih bermanfaat. Apalagi biasanya aplikasi tersrbut memiliki besar memori yabg lebih srdikit fibanding games.

Kamu juga bisa menggunakan waktu secara lebih efisien dengan cara mengatur pertemuan lewar online. Bayangkan, kamu pasti sering mengalami saat dimana susah mengatur waktu yang pas bersama rekanmu untuk membicarakan sesuatu, dikarenakan kalian memikiki jadwal yang berbeda-beda dan kadang saling berbenturan. Dengan gadget kamu yabg canggih itu, kamu bisa mengatur waktu rapat lewat aplikasi chat. Penggunaan aplikasi ini memiliki beberapa keuntungan. Selain menghemat waktu, tenaga, dan uang, penggunaan aplikasi chat juga memungkinkan kamu untuk melakukan pembahasan saat dalam keadaan mendesak tanpa harus menunggu waktu lama.

6. Berani Katakan Tidak!
Mengatakan tidak pada hal-hal yang tidak penting menurutmu adalah suatu tindakan yang sangat penti untuk dilakukan. Ini untuk menghindari kamu menggunakan waktu secara sia-sia. Bayangkan jika kanu harus menuruti permintaan trmanmu untuk pergi ke pusat perbelanjaan padahal kamu sendiri memiliki tugas kuliah yang sangat penting untuk dikerjakan hari itu juga. Tentu kamu akan ketepotan nantinya.
Kamu tak perlu takut untuk menolak ajakan teman jika itu dirasa merugikan kepentinganmu. Hakikatnya, kamu mempunyai hak atas tubuhmu sendiri. Kamu berhak untuk menggunakan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat bagimu. Jika temanmu menjauhi atau bersikap buruk saat kamu menolak dan menjelaskan alasanmu melakukan hak itu, berarti mereka bukanlah teman yang baik untukmu.

7. Evaluasi Diri Sendiri
Ada baiknya, jika kamu sudah menentukan action list, memasang target, bersikap tegas terhadap diri sendiri dan orang lain, namun kamu belum berhasil mencapai tujuan yang diinginkan, kamu sebaiknya mengevaluasi diri sendiri. Apakah kamu telah menjalankan action kist dengan konsisten? Apakah kamu memasang target yang kira-kira sesuai dengan kemampuan dirimu saat ini?
Demikian sedikit tips mengenai cara menggunakan waktu setiap hari agar dapat dimanfaatkan secara efisien. Ingat, kamulah orang yang bisa menentukan masa depanmu sendiri, bukan orang tua, teman, ataupun kekasih. Hidup itu hanya sekali. Kamu harus menggunakan waktu sebaik-baiknya.