Hai guys!  I'm a newbie here. So, ini post pertama aku di blog ini. Hope me doing good here :)

Hari ini aku akan bahas salah satu produk sabun wajah merk lokal yang punya terobosan baru nih  mengikuti produk produk cleansing luar negeri yang memajang adanya kandungan AHA dan BHA-nya di kemasannya. Uniknya, kandungan AHA dan BHA dalam produk ini katanya alami a.k.a natural. Wardah white secret facial wash ini merupakan salah satu item dari white secret series yang dikeluarkan wardah di tahun kemarin. White secret series dari wardah ini sendiri merupakan rangkaian whitening/brightening skincare yang fungsinya mencerahkan wajah. 

Sebelum lebih lanjut, tadi aku sudah sebutin wardah white secret facial wash ini ada kandungan Natural AHA dan BHA-nya. Nah, apa kalian tau apa itu AHA dan BHA? 
AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (beta Hydroxy Acid) adalah 2 senyawa asam yang berfungsi mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. AHA dan BHA ini banyak macamnya dan jika kita menemukan di komposisi produk umumnya kita akan temukan dengan nama lain. Seperti, lactic acid,  merupakan salah satu jenis AHA dan salicylic acid,  merupakan salah satu jenis BHA. AHA dan BHA ini mempunyai sifat yang berbeda, dimana AHA berfungsi melembabkan dan BHA berfungsi mengeringkan. 



Mari kita mulai lihat seperti apa wardah white secret facial wash ini. Dari segi packagingnya, sabun wajah ini tersedia dalam bentuk tube dengan tutup fliptop. Desain produk ini menurut aku elegan karena warnanya dominan putih. Kemudian, face wash ini isinya 100 mL. Oh ya, di bagian depan tube ada tulisan "non soap formula", jadi ketika diaplikasikan, busanya memang tidak terlalu banyak karena formulanya beda dengan sabun biasa. Menurutku, ini bagus banget untuk ukuran sabun wajah, jadi ga buat kulit kering.



Wardah white secret facial wash ini kalau dibaca lebih detail di belakang tube nya, di komposisinya ada beberapa ekstrak tanaman yang menjadi bahan yaitu sugar cane, orange. lemon, dan sugar maple. Selain itu, ada juga peringan khusus untuk menggunakan produk ini terkait kandungan AHA-nya. Di bagian belakang tube tertulis "Selama penggunaan hindari kontak dengan sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 di siang hari." Jadi, untuk yang gak terbiasa menggunakan sunscreen di siang hari, saat kita menggunakan produk ini sebaiknya pakai sunscreen atau pelembab yang ada SPF nya. Kenapa begitu? Karena kandungan AHA membuat kulit kita sensitif terhadap sinar UV, jadi kita akan lebih mudah iritasi karena sinar matahari. Pada umumnya, sinar matahari memang lebih sensitif juga untuk kulit cerah dibandingkan kulit gelap.

Next, dari segi tekstur, produk ini tekstrurnya gel bening, gak creamy. Menurut aku, produk ini cocok untuk kulit kering sampai berminyak, karena untuk kulit kombinasi seperti akupun dia oke. Di bagian T zone ku dia ga bikin kering, dan di bagian lainnya dia ga bikin kering juga, malah jadi lembab sehabis pakai ini.



For your information, aku beli produk ini seharga 30ribuan dan aku udah pake produk ini selama sebulan lebih. Tapi sayangnya aku lupa foto wajah aku sebelum mulai menggunakan produk ini, jadi aku kasih lihat wajah before-after-nya yang sebelum cuci muka (baru bangun pagi) dan sesudah cuci muka aja ya :)

Ini foto sebelum aku cuci muka xD


dan ini foto setelah aku cuci muka


(Maaf banget ini pajang muka jelek wkwkwk ya inilah bare face xD)

Selama sebulan lebih menggunakan produk ini aku merasa kulitku ga sekusam dulu. Aku ga pakai milk cleanser atau cleansing oil sebelum pakai produk ini, tapi menurut aku, produk ini cukup kuat mengangkat make up yang aku pakai di wajah. 

Jadi, menurut aku kelebihan produk ini:
+ bagus untuk mengangkat kotoran di wajah
+ mencerahkan, menghilangkan kusam 
+ tidak membuat kulit kering, melembabkan
+ harga terjangkau

dan kekurangannya:
- agak licin-licin gitu, jadi waktu bilas itu jadi agak ragu sudah bersih atau belumnya (tapi ini yang bikin lembab sepertinya)
- setelah pakai produk ini, harus diikuti penggunaan tabir surya 

Oke itu dia review aku tentang Wardah White Secret Facial Wash ini. Sekian dulu ya, see you on my next post, guys! :)

Note: Kalau ada yang pernah pakai produk ini juga, boleh share di kolom komentar ya gimana pengalaman kalian, thanks :)