Cuka apel adalah bahan skincare yang cukup kontroversial, ada yang bilang gak baik buat wajah dan ada pula yang cocok untuk wajah mereka. Biasanya cuka apel digunakan sebagai penganti toner atau sebagai kompres untuk wajah berjerawat. 

Sebenernya bagus gak sih Cuka Apel ini untuk wajah? 

Sekitar bulan lalu wajah aku lagi breakout parah karena gak cocok pakai salah satu skincare korea. Bener-bener parah, jerawatan gede-gede (sakit dan gatel pula), Bruntusan, dan Minyakan. Awalnya sih aku ngira itu Purging, tapi ko anehnya numbuh di tempat yang gak biasanya aku jerawatan dan munculnya banyak pula. Aku sih tahan-tahanin aja pake produk itu (nanti aku review produknya) mengira akan ada perubahan, ternyata nggak. Huhuhu aku sempet down ituu.

Nah, aku baca-baca skincare-skincare threads yang ada di Instagram dan di web gimana sih supaya menyembuhkan jerawatku. Ada macem-macem cara sih, tapikan cost nya gak nguatin wkwkw akhirnya bertemu lah aku dengan cara menggunakan Cuka Apel ini. 

Sejujurnya aku agak takut sih makenya, kan banyak yang gak cocok. Bermodal nekat, akhirnya aku coba juga. 

Aku beli cuka apel online (pas lagi ada promo) aku belinya brand Heinz (katanya sih bagusan brand Bragg atau brand lokal Tahesta yang masih ada sari-sari apelnya, biasanya disebut Mother). Dulu aku baca-baca di Web penggunaannya harus dicampur air, ada yang 1 banding 1, 1banding 3, dsb ( sesuai selera) nah karena saking takut tapi nekat (?) aku pakenya 1:5, satu sendok cuka apel dicampur 5 sendok air bersih. 

Awal make sih, rasanya agak cekit-cekit gitu di daerah yang berjerawatnya, gak parah sih. Nah aku makenya malem aja sebagai pengganti toner, aku gak berani make siang takut jadi sunburn dikulit.

Hasilnya? 

Lumayan hehe

Jerawat aku lumayan kempes dan lukanya keringgggg. Bekas jerawat juga lumayan ilangg huhu aku senenggggg

Tapi gak instan yaa.

Oke, pertama-tama dia ngebuat jerawat jadi merah-merah gitu, malah ada beberapa titik di wajah yg jadi timbul jerawat (tadinya aku mau berenti tp aku paksain dan nekatin wkwk). Sekitar seminggu setelahnya merah-merahnya berubah jadi hitam, nah penggunaannya aku tambah, yang biasanya malem aja jadi pagi juga aku pake, tapi jangan lupa pake sunscreen yaa... sekitar sebulanan kurang lah aku bisa liat hasilnya, lumayan laah. 


(ini udah make beberapa hari, aku lupa gak foto waktu pas parah-parahnya)


(ini kurang lebih sebulanan aku pake ACV, sori ya buat kualitas gambarnya, itu keliatan bekas nya makin menipis)

​​​​​​
Kesimpulan:
Mungkin bener kalo Cuka Apel (ACV) itu gak baik buat kulit, tp kondisi kulit wajah tiap orang beda-beda, soo kalo kalian mau nyoba boleh-boleh aja. Tapi jangan lupa ya, selalu pakai sunscreen disiang hari.
​​​​
Tips:
Kalo udah terlanjur beli ACV tapi gak cocok diwajah, bisa dipake buat ngilangin ketombe juga looh, nanti lain kesempatan aku bahas kuga yaa

Sekarang aku lagi fokus cari serum yang bisa menghilangkan bekas jerawat, aku lagi pake Probio C, nanti aku review juga yaaa hasilnya