hai~! selamat malam~! ><

aku mau ngebahas dampak positif dari ngegame. ya, maklum, selama liburan berbulan bulan gini kerjaan aku cuma ngegame. main Persona 3 dan Persona 4 sampe tamat dan itu seruuuu 'o')/ kalian juga main yap di PS2 lohh!!
namun, terkadang orang yang suka ngegame malah kayak dipojokkan gitu. semacam dibilang freak gitulah. padahal kan engga juga. apalagi kalo gamenya genre RPG. sumpah itu bikin mikir banget. ga semua orang bisa tamatin game RPG --kecuali pake walkthrough :v-- soalnya game RPG itu susyah. serius. :( tapi bikin nagihhh 
nah, apa aja sih manfaat dari ngegame itu? check this out!!


Terapi Penyakit Kronis untuk Anak-anak
The University of Utah meneliti efek dari video game terhadap anak-anak yang didiagnosa penyakit kronis seperti autisme, depresi, dan penyakit Parkinson.
Anak-anak yang memainkan game tertentu menunjukkan tanda-tanda perbaikan dalam ketahanan dan daya juang dalam menghadapi penyakit mereka dibandingkan yang tidak bermain game.

Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Prasekolah (3-5 tahun)

Peneliti dari Deakin University, Melbourne, Australia, menyatakan tidak apa-apa membiarkan anak usia empat tahun bermain video game di depan televisi.
Dari 53 anak-anak balita yang diamati perkembangannya, ditemukan bahwa mereka yang memainkan “game interaktif” akan memiliki keterampilan motorik terhadap objek yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

Mengurangi Stress dan Depresi

2009's Annual Review of Cybertherapy and Telemedicine menemukan bahwa gamers yang memiliki masalah kesehatan mental seperti stress dan depresi, dapat melampiaskan rasa frustasi mereka dengan bermain video game.
Studi ini memberikan hipotesis bahwa permainan tertentu akan memungkinkan mereka menghindari tingkat stress tertentu. Sehingga membantu mereka untuk menenangkan pikirannya.

Memberikan Efek Penghilang Rasa Sakit

Video game tidak hanya dapat mengurangi rasa sakit emosional saja, tetapi juga mereka yang menderita sakit secara fisik.
Salah seorang psikolog University of Washington mengembangkan sebuah permainan yang dapat membantu pasien rumah sakit yang menderita sakit fisik.

Meningkatkan Penglihatan Anda

Anda mungkin sering mendengar bahwa duduk telalu lama di depan TV tidak baik untuk mata. Tapi ada psikolog perkembangan Visual Development Lab of Ontario's McMaster University dr. Dephen Maurer dari menemukan hasil yang berbeda. 
Ia mengungkapkan orang yang menderita katarak dapat meningkatkan penglihatan mereka dengan bermain game tembak-tembakan seperti Medal of Honor dan Call of Duty. Permainan itu membutuhkan jumlah perhatian, pelatihan, dan adrenalin yang tinggi.

Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Anda

Video game paling membutuhkan reaksi cepat dalam sepersekian detik untuk mengambil keputusan yang menyangkut hidup dan mati tokoh virtualnya.
Para ahli saraf kognitif dari University of Rochester di New York menemukan fakta bahwa game dapat memberikan banyak permainan otak untuk menyimpulkan informasi.

Memberikan Kebahagian di Usia Tua

Para peneliti dari North Carolina State University meneliti hubungan antara bermain video game dengan kesejahteraan mental.
“Mereka yang senang bermain video game memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi, sedangkan yang tidak bermain video game justru terdapat emosi negatif seperti depresi.” - peneliti di PsychCentral Rick Nauert.
Nah, udah tau kan manfaatnya gimana? selamat menikmati game yang kamu maini! jangan sampe berlebihan ya mainnya, malah bisa berdampak buruk loh :< udah gitu juga main gamenya inget waktu. semisal pas lagi liburan, biar sambil ngisi waktu liburan. jangan pas lagi sekolah atau mau ujian :(

Regards, Kallen.
credits: okezone.com