Betulkah cacing kecoa itu hoax?

Apa bahaya membunuh kecoa adalah hoax? Hari ini saya akan membahas tentang serangga yang banyak membuat orang jijik. Apakah itu? Yes, saya akan membahas tentang kecoa. Hii...! Siapa yang geli dengan binatang berwarna cokelat mengkilat yang satu ini? Saya sih yes.

Anyway, sudah pada tahu belum kalau kecoa ini tidak bisa sembarangan dibunuh? Jadi, kalau Anda melihat ada kecoa di rumah, lebih baik jangan dipukul mati. Apalagi sampai isi perutnya meletet.

Apa pasal??? Ada kemungkinan di dalam perut kecoa terdapat koloni cacing halus yang tetap bisa hidup meski telah berada di luar tubuh kecoa. Apabila cacing ini sudah berada di luar tubuh (perut) kecoa maka dia akan bergerak untuk mencari tempat/indukan baru. Ngeri banget kan?!

Bayangkan kalau sampai isi perut ini menempel pada kulit Anda. Kalau dia masuk dan berkembang biak di situ. Na'udzubillah.

Benarkah Terdapat Cacing Pada Perut Kecoa?

Pertanyaan ini juga sempat melintas di benak saya. Pada sebuah postingan di facebook kala itu saya membaca ada seseorang yang menulis tentang cacing kecoa. Cacing ini berbentuk kecil, sangat pendek, dan halus katanya. 

Disebutkan bahwa mereka bisa terlihat jelas secara kasat mata bila dilihat dalam jarak dekat, sekitar 10 cm. Kalau penasaran ingin melihat cacing ini dengan lebih jelas Anda dapat menaruh isi perut kecoa tersebut di atas kertas hitam atau bisa juga di atas cermin.

Karena hal ini, di sana tertulis akan sangat berbahaya apabila cacing ini sampai menyentuh kulit tubuh manusia (terutama kaki) karena dengan ukurannya yang sekecil itu cacing dapat masuk melalui pori-pori kulit dengan mudah. 

Apakah Anda percaya begitu saja dengan pernyataan tersebut? Akhirnya rasa penasaran menuntun saya untuk melakukan sedikit riset hingga tertuanglah hasil pengamatan itu di dalam tulisan ini.

Entomopathogenic Nematode

Ada yang tahu dengan nama hewan tersebut? Hewan di atas adalah sejenis cacing atau ulat berbentuk benang yang bisa menginfeksi serangga. Lalu apa hubungan cacing tersebut dengan kecoa?

Mengingat lingkungan hidup kecoa yang jorok, tidak menutup kemungkinan jika hewan ini telah terkontaminasi oleh aneka hewan parasit. Misalnya saja saat kecoa lewat got atau septic tank. Parasit sangat mungkin singgah di tubuhnya.

Ulat benang tersebut akan menginfeksi tubuh kecoa hingga mati. Biasanya koloni cacing itu tinggal di sekitar perut serangga yang terinfeksi. Nah, cacing inilah yang dimungkinkan bisa berpindah dan menginfeksi manusia saat mereka meletet keluar dari perut kecoa. 

Makanya jangan digencet kecoanya. Anda bisa bingung mencari cara menghilangkan cacing kecoa di dalam tubuh setelahnya.

Bagaimana Cacing Kecoa Menginfeksi Manusia?

Bahaya kecoa terbang saja sudah cukup membuat merinding. Belum lagi kalau harus memikirkan langkah bila terlanjur menginjak kecoa. Saking takutnya kalau sampai terkena cacing kecoa.

Sebetulnya cacing tidak akan bisa menembus kulit manusia karena kulit manusia cukup tebal dan juga kuat. Jadi, meski ada cacing di dalam perut kecoa yang mengenai kulit, mereka tidak akan bisa masuk melalui pori-pori kulit kecuali jika kulit yang sedang terluka.

Apalagi apabila luka tersebut terbuka pada kulit bagian luar. Tidak menutup kemungkinan cacing-cacing dari perut kecoa bisa menginvasi masuk dan berkembang biak di bawah kulit.

Selain itu cara yang paling mungkin agar cacing kecoa bisa menginfeksi manusia adalah dengan masuk ke dalam pencernaan. Caranya? Tentu dengan memasukkan kecoa ke dalam perut (dimakan).

Tidak mungkin kan ada orang yang bisa makan kecoa. Jorok banget!

Bagaimana Cara Membunuh Kecoa Agar Aman?

Untuk lebih amannya lakukan pencegahan supaya tak ada kecoa di tempat Anda. Caranya yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan. Kemudian kalau ada kecoa yang menyelinap, bagaimana cara membunuh kecoa yang paling benar dan aman agar Anda tidak beresiko diserang cacing? 

Nah, akan jauh lebih baik membasmi kecoa cukup menggunakan semprotan pembasmi serangga yang dapat membunuh kecoa tanpa harus memukul hingga mengeluarkan isi perutnya. Bisa pakai dari merk apa saja yang Anda suka.

Semprotan ini dapat Anda beli dengan mudah di berbagai mini market di sekitar Anda. Cukup semprotkan pada kecoa maka dia akan segera mati dalam beberapa detik. Setelah itu Anda bisa membuangnya ke tempat sampah.

Well, itu dia artikel untuk hari ini. Sudah tidak galau lagi kan soal hoax cacing kecoa? Semoga info ini bermanfaat bagi Anda dan sampai jumpa kembali di tulisan-tulisan berikutnya, insyaa Allah. ^_^

(diens)

berbagai sumber