Hello there! Selamat datang di blog SEHAT - CANTIK - BAHAGIA. Hari ini saya akan membahas tentang jenis kulit wajah dan ciri-cirinya. Siapa di sini yang sudah tahu jenis kulitnya? Nah, mengetahui jenis kulit sangatlah penting. Terlebih jika Anda ingin bisa merawatnya secara tepat.

Gen yang terdapat di dalam tubuh Anda memiliki peran besar dalam menentukan penampilan kulit. Termasuk kulit wajah. Di samping itu perubahan hormon, kebiasaan makan, dan kondisi lingkungan juga bisa berpengaruh pada kulit. Hasilnya kulit manusia terbagi jadi beberapa tipe.

Oleh karenanya memahami jenis kulit merupakan langkah pertama yang harus dipahami jika ingin dapat melakukan perawatan kulit yang benar. Kemudian selanjutnya langkah kedua adalah mengetahui bagaimana menentukan rutinitas perawatan kulit dengan cara dan media yang tepat.

Sudah tidak sabar kan untuk belajar tentang jenis-jenis kulit manusia dan bagaimana cara merawatnya? Langsung saja kita bahas bersama jenis kulit wajah, ciri-ciri, dan cara perawatannya. Check them out!

1. Kulit Kombinasi

Ciri-ciri Kulit Wajah Kombinasi

Karakter kulit kombinasi akan sedikit 'tricky' untuk diidentifikasi. Jenis kulit kombinasi memiliki 2 jenis kulit sekaligus atau lebih. Jika Anda memiliki jenis kulit kombinasi, area T-zone akan cenderung berminyak.

Uniknya, area kulit wajah Anda yang lainnya akan kering atau kadang juga normal meski area T wajah Anda cenderung berminyak. Unik sekali bukan?

Cara Merawat Kulit Kombinasi

Sudah tahu bukan mengenai ciri-ciri kulit wajah kombinasi? Sekarang saatnya belajar tentang perawatan kulit wajah kombinasi. Kulit kombinasi memiliki beberapa area yang berbeda. Ada yang kering, normal, juga berminyak.

Untuk itu Anda perlu menggunakan produk berbeda-beda pula untuk tiap-tiap bagian wajah. Gel wajah yang bersifat ringan dan produk penyerap minyak dapat dipakai untuk mengatasi kondisi yang berminyak di area T.

Sementara itu krim dan vitamin wajah akan membantu merawat bagian kulit yang kering. Mungkin terdengar agak merepotkan. Tapi tidak masalah asal hal tersebut bisa menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Semangat!

2. Kulit Berminyak

Ciri-ciri Kulit Wajah Berminyak

1. Sering mengalami masalah pori tersumbat
2. Terdapat komedo
3. Pori-pori tampak besar di area T
4. Sering muncul jerawat di bagian yang berminyak

Lebih dari itu, kulit berminyak dan mengkilat seringkali diperburuk oleh perubahan hormon dalam tubuh yang fluktuatif. Misalnya saat sedang hamil dan menstruasi pada wanita. Pemakaian produk beralkohol juga bukan ide bagus lho untuk kulit berminyak. BIG NO!

Bagaimana Cara Merawat Kulit Berminyak?

Kulit berminyak sering membuat pemiliknya merasakan ketidaknyamanan karena lengket. Namun meski demikian, sebaiknya jangan terlalu sering mencuci wajah. Mencuci wajah dengan sabun hanya akan membilas minyak sementara. Setelah itu produksi sebum justru semakin meningkat.

Lalu bagaimana cara merawat kulit wajah berminyak dan kusam secara tepat? Yuk ikuti uraian di bawah ini.

Cara Mengatasi Wajah Kusam Berminyak dan Berjerawat Secara Alami

Seperti yang telah saya sampaikan di atas. Banyaknya minyak di wajah Anda memang membuat tidak nyaman dan ingin mencuci muka lagi dan lagi. Akan tetapi jangan mencucinya terlalu sering ya. Mengapa?

Yes, sabun akan membuat kulit dehidrasi. Kemudian kelenjar sebasea segera bertindak memproduksi banyak minyak untuk melumasi area yang kering tadi. Hasilnya minyak di kulit Anda justru semakin parah.

Lalu bagaimana sebaiknya? Untuk mengatasi minyak dan kekusaman di wajah, sebaiknya gunakan pembersih ringan non alkohol. Setelah itu Anda dapat melanjutkan dengan pemakaian serum non-comedogenic, losion, maupun gel.

Sebagian orang berpikir bahwa pelembab hanya akan membuat wajah semakin berminyak. Sebaliknya, pelembab justru penting untuk menjaga keseimbangan pada kulit wajah. So, jangan takut untuk memakai pelembab, ya?!

Furthermore, kertas penghisap minyak atau face paper juga dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak wajah. Di samping itu Anda juga bisa mengaplikasikan masker tanah liat atau masker lumpur seminggu sekali.

Masker tersebut dikenal ampuh dalam membantu menyerap kelebihan minyak di wajah. Perawatan tersebut cocok untuk jenis kulit Anda yang berminyak. Lakukan secara teratur dan lihat perbedaannya mulai seminggu perawatan.

3. Kulit Kering

Ciri-ciri Kulit Kering

Beberapa orang berasumsi bahwa kulit kering disebabkan oleh kurangnya kelembaban. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa jenis kulit kering sebenarnya tidak ada hubungannya dengan hal tersebut.

Pada jenis kulit kering, penyebabnya adalah lapisan terluar kulit yang tidak mampu mempertahankan tingkat kelembaban dengan baik. Tipe kulit ini biasanya harus berjuang keras untuk melembabkan kulitnya.

Tanda-tanda kulit kering bisa dilihat dari;
1. Pori yang sangat kencang atau kecil,
2. Kulit kasar dan kaku,
3. Kulit tampak bergaris,
4. Tampak kusam,
5. Terdapat bintik merah.

Cara Merawat Kulit Wajah Kering dan Kusam Secara Alami

Perawatan untuk kulit kering sebenarnya tidak serumit kulit kombinasi. Beberapa tips yang dapat Anda coba adalah sebagai berikut;
1. Hindari pembersih wajah yang berbahan keras,
2. Gunakan susu pembersih ringan untuk membersihkan wajah,
3. Gunakan prlembab dengan SPF tinggi untuk mencegah kerusakan kulit,
4. Gunakan krim pagi yang mengandung urea & asam laktat,
5. Jangan mengelupas kulit yang bersisik,
6. Jangan mandi & mencuci muka dengan air panas.

Jika kulit Anda tampak bersisik dan mengelupas, jangan dikelupas paksa. Pijatlah kulit dengan minyak zaitun kemudian bersihkan dengan handuk lembut. Lalu meski suhu udara sedang dingin, sebaiknya air panas tetap dihindari untuk mencegah kulit Anda bertambah kering.

4. Kulit Sensitif

Ciri-ciri Kulit Sensitif

Berikut ini adalah beberapa ciri untuk mengenali kulit sensitif;
1. Mudah teriritasi,
2. Memiliki tekstur bergelombang,
3. Ada beberapa bagian yang kering,
4. Kulit mudah memerah.

Bagaimana Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif?

Untuk merawat kulit sensitif sebaiknya hindari produk-produk yang mengandung parfum atau bahan kimia yang bersifat keras. Kulit sensitif pada umumnya sangat mudah teriritasi saat mencoba produk baru. Untuk itu cobalah tips ini saat mencoba produk baru untuk kulit sensitif untuk menghindari reaksi gatal.

1. Gunakan test patch pada kulit terlebih dahulu,
2. Gunakan perawatan sederhana dari bahan alami,
3. Jangan gonta-ganti produk jika sudah cocok.

Jadi, intinya Anda perlu mencoba produk dengan cara mengoleskannya ke punggung tangan terlebih dahulu sebelum dipakai di wajah. Lihat reaksinya apakah menyebabkan gatal dan kemerahan atau tidak. Jika aman, barulah Anda boleh menggunakannya untuk kulit wajah.

Kulit sensitif juga cenderung tidak bisa menggunakan sembarang produk. Maka dari itu setialah pada skin care Anda jika memang sudah cocok. Dengan demikian kulit Anda akan tetap sehat dan cantik.

Itu dia tips mengenali jenis kulit dan bagaimana cara perawatannya yang dapat saya sampaikan hari ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, insyaa Allah! ^_^

(diens)