Assalamu'alaikum.....

Halo pembaca cantik, kali ini saya tidak sedang mereview produk seperti sebelumnya, tapi justru sedang membuat produk sendiri. Yang kenal saya pasti tau kalo saya senang bebikinan a.k.a DIY (Do It Youself), termasuk bebikinan skincare.

Bukan, bukan karena rajin, tapi sayang duitnya, eman-eman bisa beli yang lain, haha. Hayuk, mamak-mamak tim #lowbudgetcosmetics angkat tangannya donk! Toss dulu 🤗😂

Apa yang ada di benak kalian ketika mendengar DIY skincare? Apakah seperti aktivitas di lab yang mencampur bahan-bahan kimia di dalam tabung elemeyer? Sayangnya saya tidak sepintar itu.
Sumber okezone.com

Apakah seperti ini? Mencampur berbagai macam skincare pabrikan jadi 1 produk racikan? Sayangnya saya tidak senekat itu, hahaha.
Dapat di youtube orang bikin hand body lotion racikan

DIY skincare yang saya terapkan ga se-complicated itu, bahkan bisa dibilang sederhana bangettt, sesederhana menjentikkan jari. Serius! Ga percaya?

Berikut DIY skincare yang pernah saya buat (klik tulisannya untuk menuju linknya):

1.  DIY peeling untuk mengelupaskan sel kulit mati
2. DIY masker anti aging
3. DIY toner untuk hidrasi kulit kering

Daaaan sekarang saya ingin sharing tentang cleanser dan toner yang sedang saya pakai.

Dulu saya ga merasa harus pakai cleanser karena apa coba yang dibersihkan, lipstik saya ga pakai, fondation apalagi, sunscreen boro-boro, cuma bedak tabur andalan saya dan bersihkan itu pakai sabun cuci muka cincai lah.

Itu duluuu....

Tapi sejak saya selalu pakai sunscreen dan kalo rajin juga lipstik-an, saya merasa sabun cuci ga cukup, saya perlu double cleanser dan pilihan saya jatuh ke produk sejuta umat ini, apalagi kalo bukan dari Viva Cosmetics.


 Cleanser dan toner sejuta umat
Karena apa? Karena ketika saya sudah mulai pakai sunscreen di siang hari dan saya lupa membersihkan dengan milk cleanser di malam hari (hanya cuci wajah pakai sabun) besoknya jerawat sudah nangkring canteq 😪.

Iya, jadi kalo pakai sunscreen itu harus double pembersih menurut saya karena kalo ga, wah siap-siap besok pagi say hello sama miss acne.

Tapi, seperti yang sudah saya bilang kali ini saya ga akan review produk kesayangan ini karena saya mau bikin sendiri cleanser dan toner karena kebetulan memang bahannya ada di dapur.

Nyang suka bebikinan skincare juga, yuk mari merapat, Jeng!


DIY Cleanser

Jadi, asal muasal kenapa saya pengen bikin DIY cleanser karena empo hari saya nonton video beauty youtuber tentang skincare routine dia. Alamaak wajahnya muluss kali, glowing kalo kata orang zaman now, padahal dia demo sambil bersihin wajah, jadi dalan keadaan bare face aja mukanya flawless! *aawww

Salah satu cleanser yang dia pakai adalah baby oil, jadi ga pakai milk cleanser lagi tapi pakai minyak bayi yang wangi itu.

Ada parfumenya donk? Jelass. Makanya saya kayanya ga ikutan pakai baby oil, tapi cukup lah ya terinspirasi banget dari situ.

Dan akhirnya saya memakai minyak kelapa murni alias virgin coconut oil atau VCO Sebenarnya VCO ini saya beli tujuannya untuk diminum tapi karena memang saya pemalesan jadilah VCO 1 literan itu tidak kunjung habis dalam waktu setahun. Ya sudahlah, kenapa ga dijadikan cleanser aja ya kan?
Saya pakai VCO merk Vico Bagoes

Caranya? 
Kalian cuma perlu botol spray steril (botolnya direndam air panas sebentar), masukkan VCO dan semprotkan ke kapas untuk aplikasinya atau langsung dioles ke wajah dan bersihkan dengan kapas kemudian.


Performa
Ini nih yang bikin saya suka banget, selain bahannya ga neko-neko, hasilnya bisa dibilang juara! Ga hanya membersihkan fondation, tapi juga bisa maskara waterproof dan lip cream. Jadi, ga usah lagi beli pembersih khusus mata dan bibir a.k.a eye lip remover, cukup sebotol ini aja sudah bisa untuk semuanya.

Adalagi kah yang bikin saya ter-lafff? Adaa!

VCO ini ga cuma bisa bersihin sisa make up sampai ke maskara dan lip cream, tapi juga bisa menutrisi kulit wajah, membuatnya lembab dan kencang.

Say good bye eye lip remover

Bisa dilihat ya itu tangan atas yang kelompok bawah itu bagian base make-up dan kelompok atas bagian eye and lip; maskara, lipstik matte dan lip cream.

Kelompok base make-up seperti sunscreen, DD cream dan fondation bisa langsung bersih dalam sekali usap. Lipstik juga bersih dalam sekali usap. Hanya lip cream perlu 2-3 bersihkan dan maskara waterproof perlu lebih banyak effort untuk bersih seperti sedia kala, mungkin 4-5x usap ya.

Tapi ada triknya agar lebih mudah membersihkan make-up wateeproof ini, yaitu dengan mengoleskan VCO ke wajah dan didiamkan 1 menit sebelum dibersihkan dengan kapas supaya memberikan waktu pada si oil itu untuk mengangkat lapisan waterproofnya.

Saya mau bahas tentang kandungan VCO ini lebih dalam di tulisan selanjutnya, btw, supaya ga kepanjangan. Kindly wait, gurls! 😘

Oya, ada yang underestimate mungkin, apa ga oily banget jadinya di muka? Saya jawab, iya jelas donk muka udah kaya kilang minyak, tapi kan bisa dibilas pakai facial wash, sama aja lah kalo pakai milk cleanser kan juga dibilas kan? Habis dibilas pakain toner aja, ah udah lah gitu aja cakep di rumah,  yang penting seger, ga kucel, enak dilihat ga perlu poles sana sini.

Iya, saya yang ngakunya tim low budget tetap pengen kulit sehat dan cantik, tapi karena saya ga pintar dandan kaya mamak-mamak lain, jadinya saya maksimalkan di skincare untuk membangun kecantikan kulit dari dalam *tsaaaaaahh *kibas kerudung.

DIY Toner

Masih karena kepincut neng geulis si youtuber tadi, saya akhirnya bikin toner apple vinegar kw. Dia pakai produk apa gitu ya, sudah pastilah di sini susah dapatnya dan kalo ada kayanya koq mahal, akhirnya saya pakai apple vinegar yang ada di rumah aja.

Apple vinegar alias cuka apel ini sebenarnya juga untuk diminum, sama kaya VCO, tapi saya lihat exp date nya beberapa bulan lagi, waduuh ya sudah lah langsung aja kita manfaatkan semaksimal mungkin.

Cuka apel saya pilih yang ada logo halal MUI nya, merk Tahesta. Ga banyak yang merekomendasikan sih sebenarnya, para beuaty vlogger dan blogger biasanya pakai Bragg karena katanya sih organik, tapi tapi tapi..... karena produknya pakai proses fermentasi yang rawan sekali jadi pilih yang "aman"  aja kali yah.

Mungkin ada yang pengen juga, ini saya kasih penampakannya ya

Cara Membuat
Cuka apel ini lumayan "keras", karena alkohol yang ada di dalamnya dan yang namanya juga cuka pasti baunya semriwing gitu deh, haghaghag.

Jadi pemakaiannya dicampur dengan air dengan perbandingan cuka:air >> 1:6 untuk kulit sensitif, 1:3 untuk kulit kering, 1:2 untuk kulit normal, dan 1:1 untuk kulit berminyak.

Warna cuka apel itu bening kekuningan, jadi pas dicampur sama air hasilnya kaya keruh gitu.


Cuka apel ini cocok banget buat kalian yang mukanya berminyak dan jerawatan karena  bisa mengontrol minyak di wajah dan antiseptik di dalamnya bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Tapi, bagi kulit yang kering dan sensitif cuka apel kurang cocok karena alkohol di dalamnya cukup tinggi (and we know so well kalo alkhol bikin kulit kering) makanya campuran airnya sebaiknya lebih banyak untuk kulit kering dan sensitif.

Kandungan Cuka Apel
Mengutip dari Jurnal Beauty Sociola, cuka apel mengandung Alpha Hidroxy Acid alias AHA dan Acetid Acid atau asam asetit yang berfungsi; mempercepat pengelupasan sel kulit mati sekaligus regenerasi kulit (exfoliating) sehingga wajah tidak mudah kusam dan noda cepat pudar. Cuka apel juga mengandung astringent yang berfungsi sebagai oil controler alias mengontrol minyak sehingga riasan jadi awet dan ga mudah luntur. Dia juga bisa menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Selain itu juga mengandung anti bakteri dan antiseptik yang bisa membunuh kuman penyebab jerawat.

Kapan memakainya?
Bagi yang kulit normal dan berminyak bisa dipakai daily, tapi lebih baik malam hari karena regenerasi kulit terjadi saat malam. Tapi, bagi yang mukanya sensitif dan kering bisa 2x sepekan aja.

Gimana cara memakainya?
Setelah dimasukkan air dan cuka dengan perbandingan yang diinginkan, kalian tinggal semprotkan aja ke kapas dan usapkan ke seluruh wajah. Lalu diamkan beberapa menit terus bilas deh.

Iya, dibilas dulu ya pakai air biasa sebelum ke essence atau serum atau pelembab. Kenapa? Karena baunya sungguh aduhai semerbak mewangi macam ketek mamak-mamak ga mandi 3 hari 😂😂😂.

Noted: jangan sekali-kali menyemprotkan ke wajah langsung ya, karena berpotensi membuat mata dan hidung jadi perih

Performa
Setelah sepekan memakai toner apple vinager, pori-pori jadi mengecil, komedo juga malu-malu keluar padahal sebelumnya saya sudah hampir beli peeling yang 1 tub kecil harganya 145ribu tapi ampuh buanget ngusir komedo dan kusam. Eh, pas nyoba toner ini ga jadi deh, soalnya wajah jadi perlahan lebih cerah dan komedonya bener-bener jinak. Berarti emang bener ya, si toner cuka apel ini bekerja sebagai exfoliating juga dan masih menunggu kinerjanya me-regenerasi kulit yang ditandai dengan memudarnya noda bekas jerawat.

Oya, untuk kalian yang punya masalah jerawat, khusus di titik jerawat bisa kalian tekan-tekan dengan kapas yang sudah dibasahi toner. Kemarin saya punya 2 jerawat, 1 jerawat sudah 3 hari eksis dan 1 jerawat baru meradang, saat malamnya saya aplikasikan diy cleanser dan toner besoknya udah kempes aja keduanya, sama sekali ga sakit lagi. Dan percayalah, hal receh seperti ini bisa membangkitkan mood saya seharian! Luar biasa!

Kesimpulannya

DIY cleanser dan toner ini kayanya bakalan saya jadikan skincare utama, karena bener-bener fungsinya ga sekedar membersihkan doank, tapi juga menutrisi kulit. Saya perlu merangsang kolagen di kulit saya yang pernah lama ga saya rawat dan sepertinya VCO bisa membantu saya untuk itu. Muka saya juga rawan kusam dan komedoan dan akhir-akhir muncul jerawat juga kaya zaman abegeh, dan di saya toner cuka apel ini sungguh sangat membantu.

Dapat skincare (apalagi DIY dan mudah) yang cocok sekali di kulit kayanya saya harus berdoa semoga cocok banget sampai kapanpun. Jadi, apakah saya akan bikin lagi? Demi kemudahan cara buatnya dan demi hasilnya yang worth it, saya bakal bikin lagi dan lagi 💖💖💖.

Akhir kata, semoga bermanfaat yaa gurls😘!

Disclaimer: hasil bisa berbeda untuk setiap jenis kulit. VCO di sini hanya digunakan untuk pembersih dan bukan sebagai moisturizer. Untuk yang ingin mencoba toner cuka apel gunakan dengan dosis minimal dulu untuk memberi jeda reaksi pada kulit. Jika cocok lanjutkan saja kalo mau, jika terjadi kemerahan sebaiknya hentikan.