Definisi sempurna bagi manusia itu gak akan pernah ada habisnya selalu kurang dan kurang. Padahal pada dasarnya manusia itu gak ada yang sempurna, setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan baik di fisik, sosial, kecerdasan, emotional, keluarga, dan banyak aspek kehidupan yang lainnya. Dan kali ini yang gw akan bahas fisik. Yes body positivitity yaitu bagaimana kita belajar mencintai diri kita sendiri dengan tidak memperdulikan beauty standard dari orang lain.

Ibaratnya gini kita dateng ke toko buku buat beli buku yang pertama kita liat apa? Covernya kan pasti, trus kita baca sinopsisnya, kalo bagus kita beli. Sama dengan manusia yang kebanyakan dari mereka akan menilai seseorang dari apa yang kita liat pertama kali yaitu fisik. Jelas fisik kenapa? Karna emang itu yang bisa kita liat yang menjadi cover kita. Ga mungkin pertama kali yang keliatan itu otaknya gak ada tuh tulisan “gw pinter/gw bodoh”. Jangan kan pertama kali liat yang udah temenan lama dan ga pernah ketemu juga sekali nya biasanya akan komentar fisik contoh gini “eh kok gendutan ya”, “eh kok kamu ga tinggi tinggi” dan eh eh yang lainnya soal fisik/ penampilan.



Sadar atau engga perilaku seperti itu telah mendarah daging di tanah air kita, ya emang gak semua tapi kebanyakan melakukan hal itu. Secara tidak langsung kita yang terbiasa mendengar seperti ini terkadang berkaca penampilan kita menurut pendapat orang lain, selalu menjadikan pendapat orang lain itu standard beauty. Standard beauty tuh gemana sih? Yang sempurna yang kayak apa? Sebenernya standard beauty tuh gak ada, kita aja yang menciptakan itu sendiri dengan menjadikan pendapat orang lain pedoman standard beauty kita. 

Kalo hidup kita selalu ngikutin apa maunya orang lain itu gak akan ada habisnya, hidup kita gaakan pernah bahagia dan gaakan pernah bersyukur. Kita gak bisa dengan gampang nya mengubah orang lain untuk ga berkata seperti itu, sekarang yang terpenting adalah mengubah mindset kita untuk lebih love yourself. Siapa lagi yang akan mencintai diri kita kalau kita sendiri aja gak mau mulai itu. Kita itu udah dikasih bentuk terbaik dari Allah jadi buat apa ngubah ngubah ciptaannya hanya karna standard beauty. Apa yang Allah ciptakan itu terbaik dan sesuai dengan porsinya masing masing. Tugas kita hanya menjaga dan merawatnya sebagai bentuk syukur kita.



Cantik itu saat kita nyaman, nyaman dengan apa yang ada di diri kita. Bukan memaksakan diri kita mengikuti standard beauty orang lain untuk dibilang cantik. Kalo kalian nyaman dengan pakai make up lakukan, jika kalian nyaman dengan no make up terserah gausah terlalu peduli dengan apa yang akan orang lain katakan, yang terkadang mereka sendiri sebernya gak peduli sama kamu. Mereka hanya pintar mencari kekurangan orang lain dan jangan sampe kalian jadi ikut ikutan cari kesalahan di diri kalian sendiri. Stop untuk berpikir mengikuti standard beauty,misalnya kalian pake skincare ya untuk kulit kalian sehat bukan untuk cantik, cantik itu bonus dari kalian merawatnya, kalian olahraga supaya sehat bukan untuk diet, kalo berhasil nurunin berat badan itu bonus. Jadi apa apa yang kalian lakukan itu semata mata untuk diri kalian bukan untuk tampil sempurna dimata orang lain tapi karena bentuk kita bangga terhadap diri kita sendiri dan happy ngelakuin itu. Dari pada memperbaiki standard beauty cobalah untuk memperbaiki perilaku kalian, mindset kalian dan masih banyak yang perlu diperbaki lagi. 

Dan satu lagi stop untuk menilai fisik orang lain, karena kalian ga tau dibalik itu semua seberapa keras mereka berjuang untuk belajar mencintai dirinya sendiri. Kalian itu semua cantik dengan kalian mencintai diri sendiri. Jangan lupa bersyukur untuk menikmati kebaikan Allah setiap harinya. Love yourself guyss and see you next post.

❤ LOVING YOURSELF IS THE GREATEST REVOLUTION ❤