Siapa di antara kalian yang rambutnya rusak , raise your hand..! (me :  raise my hand).. Sadly, rambutku juga rusak parah sejak aku SD. Padahal dulu waktu lahir sampai usia 4 atau 7 tahun kata mama, RAMBUTKU BAGUS BANGET.. hitam, lurus, tebal , sehat. Namun, sejak incident yang tak diiginkan (kesetrum listrik), berubahlah rambutku menjadi monster (jelek dan susah di atur).

jadi permasalahan rambutku adalah (aku sebut satu-satu ya):

  • Oily scalp +ketombean
  • Rambut bercabang, mudah patah, rapuh
  • susah di atur, gampang kusut (susah disisir), tidak bercahaya
  • rontok
  • ada yang tumbuhnya lurus, ada yang keriting membandel gitu.

sejak kesetrum pertumbuhan rambutku jadi aneh. Mulai deh, keluar rambut keriting yang teksturnya kasar dan diameternya lebih tebal dari rambutku yang lain. Sejak SMP, aku mulai meluruskan rambutku dong, biar kece (rebonding),  eh taunya rambutku makin rusak dan rapuh 😦   ,. argggggggggggggggggggghh.. aku putus asa. Pernah saat kuliah, aku memangkas pendek rambutku (potong cepak seperti militer), awalnya niat mau ku botakin (tapi hairstylistnya ga tega, karena menurut dia , mau bagaimanapun aku juga wanita, masa wanita botak katanya (padahal saat itu sudah kepalang tanggung, dan aku ga peduli).

Asumsiku, kalau rambut di pangkas habis, maka akan tumbuh rambut baru yang lebih sehat. Nah, setelah di potong sangat pendek, rambutku juga tak kunjung membaik, malah semakin parah. Setelah itu, aku diamkan saja, lelah juga soalnya. dan aku cuek aja (sudah ga sanggup mikir). Hingga pada tahun 2016, saat aku nyalon di May May salon (supermall karawaci kota tangerang). Seorang hairstylist menawari aku produk perawatan rambut kerastase ini.

“ih..aduk mbak,,rambutnya rusak parah…pakai  ini aja,, ini khusus di ciptakan untuk rambut yang sudah sangat rusak..” pekik si hairstylist saat aku menunjukkan rambut “indah”ku padanya.

yaudah deh, ga ada salahnya aku coba, fikirku saat itu.

 

FYI, kerastase adalah produk hair care terkenal dari Paris. Banyak digunakan oleh salon-salon ternama di Indonesia sebagai produk andalan untuk mengatasi permasalahan rambut.

Kérastase Resistance Thérapiste adalah produk perawatan untuk rambut yang sangat rusak atau overprocessed hair (rambut yang sering banget di macem-macemin berlebihan, seperti Blow drying, brushing, straightening, curling, colouring, sehingga dia lelah dan menjadi rusak,, 😦 sedih kan).

(aku sudah menggunakan produk ini selama 6 bulan oleh sebab itu aku lebih percaya diri untuk mereviewnya)

produk Kérastase Resistance Thérapiste  terdiri dari 4 varian yaitu :

  1. PRE-TREAT: Soin Premier Thérapiste (Conditioner)
  2. SHAMPOO: Thérapiste Bain (Shampoo)
  3. TREAT: Masque Thérapiste (Hair mask)
  4. TEXTURIZE: Sérum Thérapiste (Repair serum for ends)

tapi aku cuma beli 3 saja ..  yaitu. Pre-Treat , Shampoo dan treat (masker rambutnya), yang serumnya aku ga beli (duit udah seret cuy)

P_20180722_181816_vHDR_On-01

 

Sebenarnya ada satu lagi yang aku beli, yaitu Kerastase Specifique Bain Anti-Pelliculaire Anti-Dandruff Solution Shampoo (Dandruff-Prone Oily or Dry Hair), kalau yang resistance therapiste kan lebih di khususkan untuk batang rambut, tapi yang Specifique banin anti pelliculaire anti-dandruff solution shampoo lebih di khususkan untuk scalp (kulit kepala), nah karena kulit kepala aku oily (berminyak) jadi aku direkomendasiin ini sama si hairsylistnya. jadi aku keramas dua kali sehari,dan samponya di selang-seling antara dua varian yang berbeda. Karena shampo yang specifique lebih sering aku pakai, dan udah duluan habis, dan botolnya aku buang tanpa sempat aku ambil fotonya makanya aku masukin foto di bawah ini dari google aja ya (maafkan). kerastase-specifique-bain-anti-pelliculaire-250ml-anti-dandruff-solution-shampoo

okay, mari kita review satu persatu.

Kerastase Specifique Bain Anti-Pelliculaire Anti-Dandruff Solution Shampoo (Dandruff-Prone Oily or Dry Hair)

Price  sekitar 300 K-350 K (lupa pastinya)

kita mulai dari ingredients ya, terdiri dari :

Aqua / Water – Sodium Laureth Sulfate – Sodium Lauryl Sulfate – Cocamide Mea – Glycerin – Sodium Chloride – Glycol Distearate – Zinc Pyrithione – Sodium Benzoate – Carbomer – Salicylic Acid – Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride – Sodium Polynaphthalenesulfonate – Linalool – Cellulose Gum – Fumaric Acid – Methylisothiazolinone – Sodium Hydroxide – Citric Acid – Parfum / Fragrance

dengan key ingredientsnya sebagai berikut

  • zync Pyrithione:  antibakterial aktif untuk mengatasi mikroorganisme penyebab ketombe
  • Salicylic Acid: berfungsi untuk membersihkan kulit kepala lebih dalam, mengatasi minyak berlebih dan juga memiliki efek eksfoliasi sehingga dapat melembutkan kulit kepala.

nilai plusnya adalah, produk ini silicon free , jadi ga perlu takut ada efek silicon build up yang bikin rambut lepek.

YANG HARUS DI WASPADAI komposisi dalam produk ini mengandung zat-zat yang berpotensi bikin alergi dan iritasi, diantaranya adalah

  1. sodium laureth sulfate (SLES) , dan sodium lauryl sulfate (SLS) ada pada list nomor 2, dan 3 secara berurutan. SLS dan SLES ini merupaka  surfaktan yang berfungsi untuk membersihkan dan mengangkat kotoran dan menghasilkan busa. SLES Agak lebih mild dibandingkan sodium lauryl sulfate (SLS). Bagi kamu yang memiliki kulit kepala yang sensitif,  be cautious ya. Oia, produk SLS dan SLES juga bisa bikin kulit kepala makin kering loh..
  2. fragrance/parfum (konsentrasinya rendah sih, ada di list terakhir), tapi tetap aja waspada pada kamu dengan kulit  sensitif, karena berpotensi mengiritasi.
  3. Linalool (yaitu salah satu pengharum juga, yang memberikan aroma floral), nah sayangnya linalool ini berpotensi menyebabkan dermatitis kontak alergi. Jadi kalau kamu yang alergian , agak lebih hati-hati, sebaiknya tes dulu di lengan bagian dalam. Jika timbul bintik-bintik merah, maka hindari.
  4. Methylisothiazolinone (Kathon CG)  (merupakan preservative (zat pengawet), yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri.  (urutannya pada list terakhir sih, jadi konsentrasinya dalam formula kecil). sayangnya zat ini menang award sebagai  2013’s allergen of they year dari  American Contact Dermatitis Society

claim produk : 

  • Di formulasikan untuk mereka dengan kulit kepala yang berketombe baik kering atau pun berminyak
  • Mengandung agen anti ketombe
  • Mampu mengangkat kotoran di kulit kepala
  • Memiliki efek  anti-relapse* terhadap ketombe dalam setelah penggunaan selama 8 minggu                                                  * telah diuji klinis pada 43 orang

a. Packaging : packagingnya berupa  botol berbahan plastik berbentuk semi silinder berwarna pink keunguan, dengan tutup botol  ulir silver (jadi cara bukanya tingga di putar gitu). Cukup mewah dan ekslusif menurutku. volume shampoonya adalah 250 ml.

b. Texture : konsistensinya agak creamy gitu tapi ga gitu kental, gak runny juga, dan agak meyerupai konditioner tapi tidak begitu menggumpal.

c. scent : aku suka wanginya, wanginya segar (lebih ke minty gitu) dan ada aroma floralnya. wanginya tidak terlalu menusuk hidung, enak deh pokoknya.

d. How to used it : aku menggunakan shampo ini seminggu 2-3 kali, diselang seling dengan sampo kerastase resistance therapiste .

Cara pakainya adalah, basahi rambut terlebih dahulu sampai benar benar basah, tuangkan shampoo secukupnya pada telapak tangan ( disesuaikan dengan tebal, volume, dan panjang rambut), kemudian pijat kulit kepala secara gentle dan merata untuk mrngaktifkan mikrosirkulasi, tunggu sampai teremulsifikasi dan muncul busa. Sumpah, segar BANGET rasanya, seperti  dingin-dingin minty  gitu di kulit kepala. setelah di pijat semenit atau dua menitan, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

e. Result (hasil) : rambutku super segar setelah keramas pakai shampoo ini, rasanya bersih dan kulit kepala terasa adem gitu. Rasanya kotoran dan ketombe rontok semua. kulit kepala jadi halus (yes, it is). Terus,  kulit kepalaku juga ga gatal sama sekali (biasanya sering gatel karena ketombe). Setelah 2 bulan kemudian, ketombeku beneran ilang total..  Di kulit kepalaku syukurnya ga bikin alergi dan iritasi, ga ada sensasi perih, atau rasa terbakar gitu di kulit kepala. Untuk batang rambut sih ga ada perubahan signifikan, tapi karena kulit kepala ku terasa dingin dan segar, rambut pun jadi enak aja diatur. 😀 . yiayyy Ketombeku  beneran teratasi seperti yang di klaim oleh produk.

Bagaimana dengan rambut rontok? Hmm.. Untuk mencegah kerontokan , produk ini tidak begitu efektif. buktinya rambutku ya masih rontok aja..

PRO : 

  • Packagingnya bagus
  • wanginya enak
  • ga bikin kulitku iritasi
  • beneran ampuh mengatasi ketombe di kulit kepalaku
  • menghilangkan rasa gatal di kulit kepala
  • terasa segar banget di kulit setelah keramas

CONS:

  • mengandung zat yang berpotensi mengiritasi dan mencetuskan reaksi alergi pada orang-orang tertentu (mereka dengan kulit sensitif dan alergi terhadap salah satu zat pada komposisi formula tersebut).
  • tidak begitu signifikan mengatasi permasalahan pada batang rambut
  • kurang efektif dalam mengatasi rambut rontok
  • harganya mahal

verdict : Untuk kamu yang kulit kepalanya tahan banting ( ga sensitif maksudnya), ga ada riwayat alergi, ga cepat teriritasi dan pengen permasalahan ketombe mu teratasi dalam kurun waktu yang lumayan cepat,tidak ada salahnya untuk coba produk ini, mungkin saja cocok. 

Scoring : 8/10

 

PRE-TREAT: Soin Premier Thérapiste (Conditioner)

ini merupakan conditioner yang digunakan sebelum shampoo, istilahnya pre-conditioner shampoo.  salah satu inovasi terbaru. Dulu kan conditioner  biasa di pakai setelah sampo, ini sebaliknya. Tujuan di ciptakannya pre-conditioner sampoo ini adalah untuk melindungi setiap helai rambut pada saat proses pencucian agar tahan terhadap gesekan dan efek cleansing dari shampoo.  Selain itu juga berfungsi untuk mepersiapkan rambut agar nutrisi dari sampoo lebih mudah meresap ke dalam setiap helai rambut. produk ini juga di claim dapat menghaluskan batang rambut, mencegah kekusutan (tangling hair),  sehingga rambut jadi ringan dan mudah di atur.

p_20180722_182822_vhdr_on-01-1.jpeg

PRICE : 300 K -350 K ( lupa pastinya, sorri)

KOMPOSISI :

AQUA/WATER, AMODIMETHICONE, CETEARYL ALCOHOL, PARFUM/FRAGRANCCE, POLYQUATERNIUM-6, TRIDECETH-5, POLYQUATERNIUM-37, PHENOXYETHANOL, PROPYLENE GLYCOL DICAPRYLATE/DICAPRATE, STEARETH-20, GLYCERIN, PHENYL TRIMETHICONE, CETYL HYDROXYETHYLCELLULOSE, TRIDECETH-10, LINALOOL, 2-OLEAMIDO-1,C3-OCTADECANEDIOL, PPG-1 TRIDECETH-6, CITRONELLOL, GLYCINE, ARGANINE, PROLINE, TYROSINE, GLUTAMIN ACID, CHLORHEXIDINE DIGLUCONATE, GERANIOL, SERINE, HYDROXYPROYLTRIMONIUM HYDROLYZED WHEAT PROTEIN, BENZYL ALCOHOL, SODIUM NITRATE, SAFFLOWER GLUCOSIDE, ISOEUGENOL, SILICA, POLYSORBATE 60, SODIUM ACETATE, TREHALOSE, TAMARINDUS INDICA SEED, POLYSACCHARIDE, MYROTHAMNUS FLABELLIFOLIA LEAF EXTRACT. C172638/1

Produk ini mengandung Amodimethicone, merupakan polimer silikon yang telah dimodifikasi yang diharapkan mampu memberikan efek conditioning yang maksimal. Manfaat dari amodimethicone adalah :

  • Melembabkan hingga ke dalam rambut
  • memperbaiki rambut rusak
  • melindungi rambut dari kerusakan akibat panas
  • menjadikan cat rambut lebih tahan lam
  • Membuat Rambut bersinar dan berkilau

apakah amodimethicone bisa mengakibatkan terjainya silicone build up? jawabanya yes, bisa. tapi amodimethicone lebih water soluble dibandingkan dimethicone.

ingredients yang berpotensi mengiritasi dan bikin alergi:

  1. parfum/fragrance
  2. Linalool

PACKAGING :  packaging berupa tube berbahan plastik dengan tutup ulir. Desainnya cukup simple. Tapi karena posisinya kepala tutup di bawah, jadi bagian isi botol terkadang meluber ke bawah tutup gitu, what a waste 😦 (soalnya kan mahal). Volume : 200 ml

Scent : wanginya tidak begitu kentara, tapi kalau di endus endus, akan tercium wangi floral yang ringan banget di hidung,

texture : teksturnya agak creamy gitu, sedikit lengket , berwarna putih sedikit kekuningan.

How i used it :  Aku menggunakannya sebelum menggunakan produk shampoo resistance therapiste. pertama aku basahin rambut dulu, aku keluarin pre shampoo conditioner (soin premiere therapiste) secukupnya di telapak tangan, terus aku ratakan di ujung-ujung rambut saja.  setelah itu bilas dengan air, kemudian langsung menggunakan shampoonya.

Result : Lumayan bagus, rambutku jadi terasa ringan setelah di bilas, yang awalnya kusut, jadi terlepas kekusutannya , terus terasa lembut gitu, hasilnya akan jauh lebih memuaskan jika dikombinasikan dengan shampoo kerastase resistance therapiste. Aku pernah menggabungkan primer (pre conditioner shampo) ini dengan sampo lain, tapi hasilnya tidak begitu signifikan sayangnya. Jadi ya, keduanya , menurutku saling melengkapi , tidak bisa dipisahkan. kalau menggunakan pre-conditioner ini jangan di kulit kepala ya, produk ini mengandung silikon (AMODIMETHICONE) , jadi kalau kalian mengaplikasikannya di kulit kepala nanti jadi nya rambut bisa lepek (efek silicone build up). FYI, aku pernah menggunakan conditioner ini terlalu banyak, bukannya halus, rambutku malah jadi lepek, Jadi menakar komposisi yang pas itu penting, sesuaikan dengan volume rambut anda.

verdict : cukup membantu untuk mengatasi sebagian permasalahan rambutku

pro : 

  • Rambut jadi ringan, halus, ga kusut, dan mudah di atur, sehingga lebih gampang untuk memulai step berikutnya, apalagi saat dikombinasikan dengan shampoo kerastase resistance therapiste ,, hasilnya akan jauh lebih memuaskan.
  • wanginya enak dicium, tidak menusuk hidung

Cont :

  • harganya mahal
  • bisa bikin rambut lepek kalau pengaplikasiannya salah (efek silicone build up)
  • packagingnya ga storage-friendly , produk jadi gampang tumpah karena gravitasi. (alasnya ada pada bagian tutupnya,  jadi posisinya adalah bagian tutup di bawah, bagian ujung botol di atas)
  • mengandung zat yang berpotensi mengiritasi dan mencetuskan alergi

skor : 7.5/10

 

SHAMPOO: Thérapiste Bain (Shampoo)

 

P_20180722_182937_vHDR_On-01

Komposisi

Aqua / Water • Sodium Laureth Sulfate • Coco-Betaine • Glycerin • Glycol Distearate • Amodimethicone • Sodium Chloride • Imethicone • Ppg-5-Ceteth-20 • Sodium Benzoate• Polyquaternium-6 • Peg-150 Distearate • Salicylic Acid • Linalool •2-Oleamido-1,3-Octadecanediol • Carbomer • Trideceth-6 • Citronellol• Glycine • Arginine • Proline • Tyrosine •Glutamic Acid • Geraniol • Serine •Hydroxypropyltrimonium Hydrolyzed Wheat Protein • Cetrimonium Chloride • Benzyl Alcohol • Safflower Glucoside • Isoeugenol • Trehalose • Tamarindus Indica Seed Polysaccharide • Myrothamnus Flabellifolia Leaf Extract • Citric Acid • Sodium Hydroxide • Parfum / Fragrance

 

claimed :

Shampoo yang ekstra creamy di formulasikan khusus untuk merawat dan memperbaiki serat-serat rambut yang rusak serta over processed hair (yang menggunakan alat penata rambut dan zat kimia yang berlebihan) , cocok untuk digunakan untuk rambut tipis, medium hingga tebal.

sampo pertama dengan tekstur jelly yang unik untuk memperbaiki serat rambut secara gentle. Melindungi  serat rambut selama proses pencucian dan mengurangi kerusakan akibat friksi (gesekan).

 

Key Ingredients

  • SP94, gluco-peptide yang powerful yang dapat meningkatkan elastisitas, struktur dan kekuatan rambut dengan mengaktifkan sintesa KAP.
  • 6 asam amino, setiap asam amino tersebut akan melekat pada area rambut yang mengalami kerusakan sehingga mencegah terjadinya kerontokan.
  • wheat protein derivative, memiliki afinitas yang kuat terhadap serat rambut, sehingga rambut menjadi lembut.
  • ekstrak daun Myrothamnus Flabellifolia , membantu mempertahankan struktur serat rambut.

ingredients yang berpotensi mengiritasi dan bikin alergi:

  1. parfum/fragrance
  2. Linalool
  3. sodium laureth sulfate (surfaktan)

PACKAGING :  packaging berupa tube berbahan plastik dengan tutup ulir. Desainnya cukup simple. Tapi karena posisinya kepala tutup di bawah, jadi bagian isi botol terkadang meluber ke bawah tutup gitu, what a waste 😦 (soalnya kan mahal). Volume : 250 ml

Scent : wanginya sama dengan conditioner nya, aroma floral, tapi sedikit lebih strong

texture : teksturnya unik, jelly cream, agak lengket, tapi setelah di aplikasikan ke kulit kepala akan terelmusifikasi dengan baik.

How i used it :  Aku menggunakannya seminggu 2 kali, dipakai setelah menggunakan produk Soin Premiere therapiste. Setelah rambut dibilas segera aplikasikan  samphoo Bain Therapiste secukupnya, pijat kulit kepala hingga shampoo teremulsi sempurna, busanya ga begitu banyak dibandingkan Kerastase specifique , kemudian bilas kulit kepala dengan air mengalir beberapa menit kemudian (hati-hati, jangan sampai terkena mata ya..)

Result :  Hasilnya terlihat oke  sesaat setelah keramas apalagi jika di kombinasikan dengan Soin premiere therapiste, rambut terasa halus, lembut, dan mudah di atur, rambut juga jadi tidak gampang kusut. Setelah penggunaan selama 2 bulan, rambut bercabangku berkurang atau bisa dibilang hampir tidak ada yang bercabang. Untuk mengatasi kerontokan , sampo ini menurutku tidak begitu efektif. Tapi ada beberapa permasalahan rambutku yang belum teratasi oleh shampoo + conditioner Resistance therapiste ini, rambutku masih terlihat sedikit kusam tidak berkilau seperti halnya yang di klaim oleh produsen, teksturnya masih rapuh pada sejumlah helai dan rambut keriting rusak membandel masih tumbuh merajela (ini sih mungkin permasalahan DNA , produk yang jutaan pun mungkin ga cukup banyak membantu, heheheh). oia, produk ini juga mengandung silicone yang tidak water-soluble,tapi untungnya di formulasikan dengan SLES, dan surfactan lain serta salicylic acid, sehingga efek silicone build up nya bisa diminimalisir, tapi meski begitu, kalau aku tidak membilasnya dengan benar dan bersih, maka keesokan harinya rambutku cepat banget lepek.

pro :

  • rambut jadi ringan, halus, ga kusut,  mudah di atur dan lembut, mengatasi rambut bercabangku dengan baik.
  • aku suka aromanya, nyaman di hidung

Conts :

  • packagingnya tidak storage friendly
  • Tidak begitu efektif mengatasi kerontokan rambut(tidak terlalu efektif dalam memperkuat akar rambut)
  • Harganya mahal
  • Rambutku tidak begitu berkilau seperti yang di janjikan
  • Mengandung zat yang berpotensi mengiritasi dan mencetuskan alergi

 

verdict : perpaduan antara conditioner soin therapiste + therapiste Bain shampoo cukup membantu untuk mengatasi sebagian permasalahan  rambutku (tapi dari sekian banyak sampo yang aku gunakan, produk inilah yang paling lumayan (lumayan dari segi harga juga pastinya :D)

score : 7,75/10

TREAT: Masque Thérapiste (Hair mask)

P_20180722_182050_vHDR_On-01

Price : 500k -600 k (agak lupa detailnya berapa, sorry)

Komposisi : 

Aqua / Water • Cetearyl Alcohol • Paraffinum Liquidum / Mineral Oil • Orbignya Oleifera Seed Oil • Dipalmitoylethyl Hydroxyethylmonium Methosulfate • Parfum / Fragrance • Cetyl Esters • Cetrimonium Chloride • Caprylyl Glycol • Linalool • Citric Acid • 2-Oleamido-1,3-Octadecanediol • Citronellol • Bht • Glycine • Arginine • Proline • Tyrosine • Glutamic Acid • Geraniol • Serine • Hydroxypropyltrimonium Hydrolyzed Wheat Protein • Benzyl Alcohol • Safflower Glucoside • Isoeugenol • Glycerin • Trehalose • Tamarindus Indica Seed Polysaccharide • Myrothamnus Flabellifolia Leaf Extract

 

Claim : 

masker ini berfungsi untuk memperbaiki dan memberikan perawatan pada rambut yang tebal dengan cara menutrisi ke dalam hingga ke inti rambut, khusus untuk rambut yang sangat rusak dan over processing.  Serat rambut pun akan kembali kekuatan dan elastisitasnya, sehingga akan terlihat bervolume dan kembali vitalitasnya.

Key Ingredients

  • SP94, gluco-peptide yang powerful yang dapat meningkatkan elastisitas, struktur dan kekuatan rambut dengan mengaktifkan sintesa KAP.
  • 6 asam amino, setiap asam amino tersebut akan melekat pada area rambut yang mengalami kerusakan sehingga mencegah terjadinya kerontokan.
  • wheat protein derivative, memiliki afinitas yang kuat terhadap serat rambut, sehingga rambut menjadi lembut.
  • ekstrak daun Myrothamnus Flabellifolia , membantu mempertahankan struktur serat rambut.

ingredients yang berpotensi mengiritasi dan bikin alergi:

  1. parfum/fragrance
  2. Linalool
  3. sodium laureth sulfate (surfaktan)
  4. Mineral oil ( Paraffinum Liquidum)

 

PACKAGING :  packaging berupa  wadah hijau berbentuk pot oval dengan kapasitas 200 ml

Scent : wanginya sama dengan conditioner dan shampoonya nya, tapi aromanya lebih strong dari shampoo.

texture : teksturnya berupa creamy butter yang agak oily

How i used it :  Aku menggunakannya seminggu sekali setelah keramas dengan rangkaian produk kerastase resistance therapiste.  masker ini mengandung beberapa zat yang bersifat oklusif seperti mineral oil , Orbignya Oleifera Seed Oil, yang berfungsi mengunci kelembapan lapisan rambut untuk mempertahankan hidrasi di dalamnya.  Jangan digunakan di kulit kepala, nanti bisa menumpuk di kulit kepala dan menyebabkan ketombe, selalu gunakan masker pada batang/helai rambut saja ya. :). aku biasanya cuma mendiamkannya selama 5-10 menit, kemudian aku bilas dengan air hangat-hangat kuku.

result :  Untuk rambut tebalku, aku memang membutuhkan perawatan rambut ekstra. dan masker ini cukup baik dalam mengembalikan kilau dan sinar rambutku yang sulit untuk ku dapatkan dengan keramas biasa. setelah maskeran, rambutku akan sangat LUAR BIASA HALUS. AKU SUKA

 

pro :

  • rambutku jadi super duper halus
  • rambutku jadi berkilau dan bersinar indah.
  • aku suka aromanya, nyaman di hidung

Conts :

  • harganya mahal
  • mengandung zat yang berpotensi mengiritasi dan mencetuskan alergi

Verdict : untuk kalian yang rambutnya tebal, dan butuh perawatan ekstra, i recommend you to try this one. it’s quite good!

score : 8/10

 

secara garis besar, rangkaian produk kerastase yang aku coba di atas cukup bagus untuk mengatasi kerusakan rambutku. meski tidak 100% tapi lumayan berarti untukku . Apakah anda memiliki permasalahan rambut yang sama dengan ku? produk apa yang kalian gunakan untuk mengatasi permasalahan itu? jangan lupa komen di kolom komentar ya 🙂 . terima kasih