Mungkin karena kemarennya adekku naek pesawat sore dan nyampe dirumahku udah mahgrib trus masih begadang ngobrol ngalor ngidul sambil bikin rute buat jalan, akhirnya pas hari ini malah tidur lagi abis subuhan dan siap buat jalan abis dhuhur. bener-bener pengen nerasain hangatnya matahari Batam nih.

untuk hari ini emang sengaja ga nyewa mobil dan jalan-jalan pake angkutan umum. untuk berangkat ke Batam center kami naik Bus Trans Batam dari halte di seberang perumahan. murmer cuma 4000 Rupiah aja per orang. sepanjang perjalanan yang memakan waktu kurleb setengah jam itu  aku jadi bisa ngejelasin tempat-tempat yang kami lewati.... seperti simpang barelang, panbil, kepri mall, simpang kabil, poltek Batam, graha Pena dan masjid raya yang akhirnya menjadi pemberhentian kami.
 
selfie di dalam bus trans Batam

capcuss deh berfoto dangan background tulisan "Welcome to Batam" di sebelah Masjid raya, lalu nyebrang ke dataran Engku Putri.
belom ke batam kalo belum foto dengan background kayak gini
masjid raya Batam
Kalo menurutku sih dataran Engku putri ini adalah alun-alun kota Batam. sebuah lapangan luas dan dikelilingi oleh kantor pemerintah, tempat pelayanan masyarakat, pasar modern alias mall, halte bus dan juga terminal feri. yang kurang hanyalah tidak ada pohon beringin atau pohon besar ditengah lapangan seperti alun-alun pada umumnya di pulau jawa.

terdapat tiga pintu gerbang untuk menuju ke  dataran engku putri ini dan didesain dengan arsitektur bentuk unik kombinasi bangunan khas melayu dan khas timur tengah untuk menyambut pagelaran MTQ nasional XXV pada tahun 2014 kemarin.

dari gerbang selatan kita bisa menuju ke masjid Raya dan perkantoran pemerintah termasuk gedung DPRD , dari gerbang utara kita bisa menuju ke Mega Mall, terminal internasional feri, halte bus trans batam dan dari gerbang barat bisa menuju restoran ikan kuring dan perkantoran BP Batam di dekat situ.

karena udah siang dan panasnya bisa membuat gagal usaha pencerahan kulit eksotis kami berdua maka kami hanya menjelajah dataran engku putri dari gerbang selatan menuju gerbang barat.


gerbang selatan dataran engku putri
apa sih yang ada di dalam sini?
jika kamu masuk dari gerbang selatan seperti kami maka kamu bisa segera menemukan area untuk berolahraga di sebelah kiri kamu sedangkan di sebelah kanan adalah kantor walikota Batam.
ada beberapa alat untuk berolahraga ringan disini namun sayangnya udah ada beberapa yang rusak, semoga aja bisa segera diganti yang baru dan tidak rusak lagi oleh tangan-tangan usil.

hampir semua area sudah dipaving sehingga nyaman untuk jogging ataupun hanya berjalan sore saja, dan jika kita berjalan mengitari lapangan mengikuti tapak yang ada maka dapat kita temui lapangan basket dan juga gawang bola sepak, area untuk latihan skateboard, taman wifi, sebenarnya ada climbing wall juga tapi saat ini sepertinya lagi diperbaiki,  ada juga astaka yang dipergunakan untuk acara MTQ Nasional XXV pada tahun 2014 lalu. ditengah-tengah area dataran terpampang area lapang yang jika dilihat dari atas berbentuk bundar biasanya digunakan untuk acara pagelaran musik, pameran ataupun acara besar kenegaraan seperti upacara saat 17 Agustus.

Biasanya di hari minggu, tempat ini bakalan penuh dengan masyarakat yang berolahraga, bermain ataupun hanya berjalan-jalan saja bersama keluarga tuk menghilangkan kepenatan setelah bekerja keras selama sepekan.

setelah mengitari dataran ini kami lalu keluar dari gerbang utara. diseberang sudah terlihat gerbang teminal internasional feri. kalo mo jalan-jalan ke singapura tau johor, Malaysia bisa langsung aja menuju kesana. tapi kami tidak hendak menyebrang ke negeri seberang melainkan mau melanjutkan perjalanan keliling batam ke rute selanjutnya yaitu ocarina jadi kami mencegat taxi dan berangkat menuju Ocarina deh.....

fasilitas olahraga di area engku putri yang udah mulai rusak
lapangan basket, bola dan area untuk skateboard

tampak anak-anak yang sedang bermain skateboard

kantor walikota dalam area dataran engku putri

Astaka tempat berlangsungnya MTQ Nasional 2014