kurang lebih dua minggu kemaren adekku yang tinggal di jakarta maen ke batam karena kebetulan dia lagi libur kerja. aku seneng dong karena emang udah lama ga kumpul ngobrol dan juga karena bisa ngeluyur bareng keliling batam.

awalnya sih icha, adekku minta dianterin keliling singapur tapi kok malah paspornya ketinggalan.  suamiku ngasih ide buat nyebrang ke bintan tapi karena beliau masih harus kerja di hari sabtu sedangkan icha udah pulang hari senin, terpaksa rencana ke bintan dicoret daripada ga puas kalo cuma sehari aja. akhirnya aku ajak untuk keliling di batam aja.

Yang belom tau ama batam, batam adalah salah satu pulau di propinsi kepulauan riau bukan di propinsi riau ya karena dari tahun 2002 udah terbentuk Provinsi Kepulauan Riau sebagai provinsi ke-32 di Indonesia yang mencakup Kota Tanjung Pinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Lingga. Dimana kabupaten-kabupaten tersebut terletak di pulau yang berbeda, namanya aja kepulauan hehehe...

Biar ga bingung, aku kasih tau aja deh letaknya.
Kota Tanjung Pinang yang merupakan Ibukota Propinsi berada di Pulau Bintan
Kota Batam berada di pulau Batam
Kabupaten Karimun berada di Pulau Karimun (bukan pulau karimun jawa lho ya)
Kabupaten Natuna berada di Pulau Natuna
Kabupaten Lingga berada di Pulau lingga
Kabupaten Kepulauan Anambas berada di Kepulauan Anambas, kok di kepulauan bukan di pulau? ya, karena emang kepulauan anambas ini yang merupakan pecahan dari pulau natuna terdiri dari beberapa pulau kecil lagi. akan dibahas di artikel lain deh.

bisa dibilang kepulauan riau adalah surga tersembunyi untuk para penggemar wisata pantai dan pulau, tips dari saya kalo pengen maksimal menikmati indahnya pantai...jangan datang di akhir pekan ataupun pas tanggal merah. karena seindah apapun pantainya bakalan rame banget pada hari libur tersebut.

kembali ke rencana keliling batam selama dua hari, agak susah juga sih karena ternyata pas hari sabtu dan minggu yang udah dipastikan bakalan rame banget. karena suami ga bisa ikut pada hari sabtu jadi saya membuat rute sebagai berikut :

hari sabtu, saya berdua aja ama adek keliling di kota :
          foto dengan background Welcome to Batam, Masjid Raya Batam dan Dataran Engku Putri
          menikmati angin sepoi di tepi pantai
  • Golden City, bengkong laut 
           berjalan di antara miniatur rumah adat dan bermain go kart
  • 3D Art museum,
          berfoto dengan lukisan 3D di Nagoya Citiwalk
  • Nagoya Hill Plasa, 
          berburu gadget dengan harga miring

hari minggu, bertiga bareng suami dan adek, kami menjelajah :
  • Ski Park Waterfront
          mencoba bermain cable water ski
  • Jembatan barelang 
  • Pantai yang terbentang sepanjang Barelang
  • Kampung Vietnam
  • Nongsa
 itu adalah rute yang direncanakan untuk berkeliling Batam selama 2 hari. untuk yang pertama kali maen ke batam udah lumayan tuh .

jadi ini peta batam yang dah dicoret sesuai rute yang kami buat

jalur ungu untu hari pertama, jalur merah untuk hari kedua

berhasil ato gak rute ini akan ditulis di artikel selanjutnya