Apa yang kamu bayangin kalo denger nama rojak ?
sepiring buah segar yang diiris dan dimakan dengan colekan bumbu kacang yang pedes. Eh, itu sih rujak manis ... * Nelen air ludah
Atau ada juga yang langsung ngebayangin sepiring penuh sayuran  ditambahin cingur trus dicampur ama bumbu kacang plus petis, rujak cingur ya . . *jadi laper nih
Atau mungkin buah mangga dan kedondong yang dibebek barengan ama bumbu kacang? Rujak bebek dong ...
Atau parutan mangga muda dan timun yang dicampur ama bumbu kacang dan gula merah? ... Jadi pengen rujak gobet deh
Tapi yang dimaksud dengan rojak disini bukan rujak yang dibayangin itu. ini rojak mee (dibaca:rojak mi) yang sering aku makan waktu masih tinggal di lumut, malaysia.
Rojak mee dari mr.cendol ini sepintas mirip ama indian rojak yang pernah aku cicipin waktu di singapur tapi yang ini udah dimodifikasi ala mr.cendol jadi aroma bumbunya ga terlalu tajam lagi.

rojak mee ala mr.cendol
Sepiring rojak mee  berisi saus gula aren di bagian dasar lalu ada ada potongan tahu goreng yang aku ga tau gimana cara masaknya soalnya bisa gurih dan kres-kres banget waktu digigit. kemudian ada mangga dan timun yang diparut gobet tipis sehingga berbentuk seperti mi ada potongan telur rebus juga dan tenty saja ada mi kuning di bagian atas dan untuk finishing diberi remahan krupuk yang rasanya khas banget seperti kremes di ayam goreng tapi hambar, setelah itu rojak mee atau yang lebih kelihatan seperti salad ini ditaburi dengan kacang goreng yang ditumbuk kasar. Siap deh buat disantap....yummy
Selain menyajikan rojak mee, mr.cendol nih sebenarnya udah keliatan dari namanya kalo menu spesialnya adalah es cendol, beda dengan es cendol atau dawet ayu di Indonesia. Disini es cendolnya tuh pake es serut abis gitu dikasih cendol lalu dicampur ama kacang merah, ketan ato yang kalo di Malaysia dipanggil pulut dan bisa juga ditambah ais krim (es krim).

sayangnya portable harddiskku rusak jadi ga bisa nampilin foto es cendol yang menggoda itu *sigh
aku ambilin foto menu dari google aja ya 

Menu di Mr.cendol, courtesy to google

salah satu kestimewaan di Mr.cendol ini adalah mereka menyediakan booth buat para pelanggan yang ingin meracik sendiri es cendolnya. dan kalo es cendol udah siap santap bisa ditambahin dengan sirup gula merah sesuai selera. di setiap meja udah disiapin seperti botol kecap gitu berisi sirup gula merah. awalnya sih kami bingung buat apa ada kecap ..ealah ternyata setelah bertanya ama pelayannya itu adalah gula buat es cendol hehehe...

karena letaknya yang dekat ama kantor, aku dan suami jadi sering maem disana, sempat sih nyobain menu yang laen dan favoritku adalah rojak mee. rasanya seger, mengenyangkan dan enak, unik pula kan belom ada di Batam.

Buat kalian yang suatu saat jalan-jalan ke Malaysia dan bertemu ama warungnya Mr.Cendol. coba deh mampir dan cicipin menu yang tersedia.