Ciao! Assalamualaikum :)

Setelah kemaren aku bercerita bagaimana liburan di Kota Barabai yang hari pertama berkunjung ke tempat wisata yang bernama “Manggasang”. Kali ini aku akan melanjutkan cerita tentang liburan hari kedua, yang berkunjung ke tempat wisata “Pemandian Air Panas Hantakan di Kota Barabai”. Yang penasaran lanjutkan bacanya ya :P


Wisata Air Panas Hantakan terletak sekitar 14 km dari Kota Barabai. Tempat wisata ini lebih jauh jaraknya daripada tempat Wisata Manggasang. Tetapi sejauh apapun jaraknya jika pemandangan disebelah kiri dan kanan membuat mata segar, its no problem. Untuk menempuh perjalanan ke tempat wisata ini perjalanannya sangat lancar, karena jalan yang ditempuh tidak rusak ataupun berlobang. Tetapi, ketika memasuki daerah pegunungan di Desa Bulayak mobil harus dikendarai dengan perlahan dan hati-hati. Karena disebelah kiri jalan terdapat jurang yang cukup dalam. Meskipun terdapat jurang yang cukup dalam, tetapi perjalanan ini sangat-sangat mengagumkan. 
Bagaimana tidak mengagumkan? selama perjalanan akan disuguhkan suasana hutan Meratus yang dingin dan sejuk tak lupa keindahan pohon yang menjulang tinggi disetiap tepi juga membuat kalian berdecak kagum “Subhanallah, indahnya bumi ciptaan Tuhan ini”.  Perjalanan yang ditempuh juga sangat sepi dan rindang membuat pemandangan semakin indah, karena tempat ini jauh dari kemacetan---semrawut kota. Setelah merasakan seperti berada diwahana roller coaster yang hampir saja membuat jantung ini copot, akhirnya sampai di pintu gerbang wisata pemandian air panas di Desa Murung Kecamatan Hantakan.
Jam 9 pagi kami sampai ditempat pemandian air panas...
Sesampainya disana kami disuguhkan dengan pemandangan yang tak kalah menarik. Ada beberapa warga sekitar yang menjajakan jualannya, salah satunya jagung rebus. Oh iya, jika kalian berkunjung kesini kalian juga bisa menikmati wahana “Waterboom Meratus”. Karena kami sedang berhemat uang, jadi kami mengurungkan niat untuk menikmati wahana waterboom Meratus. Lagian, di Banjarmasin juga ada tempat wahana Waterboom seperti ini. Jadinya kami pun menuju tempat wisata pemandian Air panas, yang menjadi tujuan kami dari awal tadi.

Untuk menuju tempat wisata pemandian air panas ini harus berjalan sekitar beberapa kilometer. Jalan menuju tempat pemandian air panas ini hanya terdiri dari titian papan kayu, jadinya mobil ataupun kendaraan tidak bisa melewati jalan ini. Untuk itu tenang saja, di depan gerbang sudah disediakan parkir khusus untuk mobil ataupun kendaraan yang kalian bawa. 

Ketika berjalan beberapa kilometer pun itu tidak membosankan, karena akan disuguhkan pemandangan yang berwarna hijau, sesekali kami mendengar gemericik air yang bagaikan alunan musik begitu merdu---dan menyejukkan. Ada juga jembatan penyeberangan yang hanya terdiri dari susunan pohon kelapa yang dibawahnya air yang jernih begitu deras mengalir. 

Titian pohon kelapa



Bisa dikatakan liburan kami kali ini “Liburan (sedikit) hemat”, karena untuk menikmati pemandangan yang begitu sejuk ataupun menikmati pemandian air panas ini cukup membayar sebesar Rp.5000. Setelah itu kalian bebas menikmati apapun yang ada disana. 
 
Untuk 1 orang cuma Rp. 5000
 
Perjalanan menuju tempat pemandian air panas
 


Setelah berjalan beberapa kilometer akhirnya sampai juga di tempat pemandian air panas ini. Suasana masih sepi, yaiyalah kami datangnya terlalu pagi sehingga tempat ini lagi-lagi serasa milik kami :P. Tetapi, aku sedikit kecewa dengan tempat ini. Karena jujur saja tempat pemandiannya pun kurang bersih. Meskipun begitu tetapi pemandangan sekitarnya yang masih dikelilingi oleh tanaman hijau, sehingga membuat kekecewaanku pudar. Karena lagi-lagi kami malas untuk berganti pakaian, kami hanya merendam kaki di air panas ini. 


Kolam pemandian air panas disini ada 3 kolam, pertama kolam dengan rasa air panas biasa, kemudian kolam dengan level 2 tentu air dengan rasa lebih panas, dan kolam ketiga air yang dingin. Menurut salah satu warga setempat, air panas ini juga bisa diminum, katanya sih bisa menyembuhkan penyakit, Insya Allah. 



Sebelum pergi ke tempat ini, Suli bilang sama aku kalo disana nanti ada air terjun. Whoaaa! Aku excited  banget ketika dengar air terjun. Tapi setelah sampai disana ternyata itu hanya rencana. Lagi-lagi manusia hanya bisa berencana, Tuhan yang menentukan. Dikarenakan disini tempatnya masih sepi dan tidak ada warga sekitar yang bisa dijadikan buat jadi guide untuk menuju air terjun tersebut. Sebenarnya aku penasaran banget sama air terjunnya, tetapi karena tidak ada guide jadinya kami mengurungkan niat itu. Jadilah sekitar 2 jam kami habiskan dengan bernarsis ria disana.a
Air panas yang levelnya panas biasa

Air panas yang levelnya lebih panas


Air yang lebih dingin

Aku menunggumu disini pangeran masa depanku :3


Setelah puas berendam di air panas dan narsis ria sana-sini. Kami pun memutuskan untuk segera pulang. Eits, tujuan kami tidak langsung pulang tetapi menikmati wisata selanjutnya. Kira-kira tempat wisata apa lagi ya? Nantikan di postingan selanjutnya. Kami harus melewati jalan yang panjang dulu nih untuk keluar dari wisata ini :P
Mau pulang teteup narsis

Binatang ini namanya KUKANG.

Kami sudah berhasil keluar dari tempat wisata pemandian air panasnya nih. Sebelum naik mobil juga harus narsis, teteup :P


Setelah bernarsis ria lagi, kami pun menaiki mobil. Dan menuju tempat wisata selanjutnya. Tempat wisata selanjutnya ini lebih seru dan pastinya lebih bikin mata segar lagi deh pokoknya. Yang penasaran keep stay tune on my blog :)

Wassalamualaikum wr wb :)