Assalamualaikum :)
Hari ini aku mau melanjutkan cerita liburan beberapa minggu yang lalu di kota Barabai, liburan yang sangat mengasyikan. Karena liburan kali ini lebih dekat dengan pemandangan alam yang Subhanallah membuat takjub untuk mereka yang memandangnya.
Hari pertama di Kota Barabai, aku bersama temanku yang lain pertama kalinya untuk mengunjungi tempat wisata yang bernama Manggasang. Pertama kali mendengar nama itu agak asing ditelinga, soalnya belum pernah sama sekali berkunjung kesana. Kira-kira Manggasang itu tempat apa? Yang penasaran lanjutin bacanya ya! 
Manggasang

Manggasang adalah salah satu objek wisata di Kalimantan Selatan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dan ternyata, Manggasang itu punya  arti yaitu mengelap atau menyapu sesuatu dengan menggunakan kain. Manggasang terletak sekitar 15-20 KM dari Kota Barabai berada di Kecamatan Hantakan. Menempuh perjalaan sekitar 15 menit untuk menuju tempat wisata Manggasang. Untuk menuju Manggasang bisa di tempuh dengan kendaraan pribadi, ataupun angkutan pedesaan. Tetapi lebih enaknya kalo berkunjung kesini mending pake kendaraan pribadi, karena bisa sepuasnya berlama-lama menikmati tempat wisata Manggasang ini. Sumber :  disini
Sesampainya disana, Subhanallah aku sangat takjub dengan pemandangan di Manggasang ini. Pepohonan yang hijau, gemericik air yang terdengar merdu, dan bebatuan yang terhempas derasnya air yang mengalir. Tak lupa untuk mengabadikan momen ini. Setelah puas mengabadikan momen, kami pun segera menceburkan kaki di antara bebatuan dan air yang mengalir dengan deras. Pokoknya airnya adem banget deh. Kami mengurungkan niat untuk berenang disana. Karena, alasannya simpel, kalo cewek ribet gonta ganti baju. Yaudah kami terpaksa hanya menceburkan sebagian kaki.
Tiwi, Suli, Damai, Widya, Fitri, dan Akuuu

Bebatuannya licin jadi pegangan yang kuat sama temannya :D

Byurrr! ademm :D

Ditengah danau Manggasang :D

Bidadari lagi main air :P

Untuk berkunjung ke tempat ini tidak perlu merogoh kocek yang terlalu besar. Kalian hanya perlu membayar uang parkir yang mana untuk kendaraan roda dua sebesar Rp. 2000 dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp. 5000. Oh, iya bagi yang tertarik untuk berenang tapi enggak bisa berenang, bisa menyewa ban seharga Rp. 5000.
Airnya deras bangetkan?
Jernih banget nih airnya

Hati-hati terbawa arus yaaa!

Adik-adiknya lagi main air nih!

Panorama Manggasang dari kejauhan

Ada rumah pohon tuh!

Sebenarnya Manggasang ini bukan hanya sebagai tempat untuk bersantai sambil menikmati gemericik air, tapi terkadang juga dipergunakan untuk mencuci kendaraan, baik sepeda motor ataupun mobil. Tempat ini juga terkadang digunakan untuk sepasang muda-mudi merajut cinta. Pokoknya, tempat ini indah banget deh, baik untuk menikmati bersama kekasih ataupun keluarga, atau bersama sahabat. Bersama siapapun ditempat yang indah, pasti selalu ada kenangan indah.
Habis main air pada mabuk :D
Manggasang ini berbeda dengan tempat wisata seperti Pagat Batu Benawa. Karena Manggasang ini belum sepenuhnya dikelola sebagai tempat wisata, sehingga tak banyak orang yang tahu akan keberadaannya. Semoga pemerintah setempat akan lebih mengembangkan potensi wisata di daerah tersebut. Harapannya, jika tempat ini lebih berkembang, semoga kebersihan lingkungannya tetap dijaga. Ingat ya, Jangan mengotori tempat wisata yang kalian kunjungi. Karena kasihan jika nanti anak cucu kalian tidak bisa lagi menikmati wisata yang ada di daerah kalian ataupun disekitarnya.

Yang penasaran cerita liburan ke Pagat Batu Benawa keep staytune on my blog ya! Lebih seru lagi deh :)

*Note : Foto di ambil dari koleksi pribadi*