Assalamu'alaikum...

Sahabat Ummi...

Saya termasuk orang yang nggak bikin list menu buka puasa. Biasanya, spontan aja gitu, pas di warung baru terpikirkan mau masak apa. Begitu juga pas hari biasa, tinggal ke warung aja, trus ntar lihat apa yang tersedia di sana, baru deh terpikirkan :D
Ada yang samaan?
Tapi bukan berarti ke warungnya setiap hari, tapi biasanya sekali ke warung, saya udah langsung belanja untuk masak 3 hari.

Selama bulan Puasa ini, bisa dibilang saya jarang masak. Selain lagi ada job foto, di rumah juga hampir setiap hari buka bersama dengan Ibu, yang semua menunya dimasak oleh Ibu. Asyiiiiiknya yah, masakan paling lezat di dunia itu adalah yang dimasak oleh Ibu. Tul nggak?

Nah, hari itu saya pengen banget makan olahan berbahan jengkol, iya jengkol si bau yang rasanya enak (bagi saya). Jengkol yang kalau dimasak bagaimanapun, bisa bikin boros nasi. Resepnya, dari Ibu. Ibu dulu sering bikin seperti ini. Jadi, bentuknya itu seperti gulai, tapi tidak menggunakan bumbu komplit seperti gulai.

Bahan dan cara pembuatannya juga gampang banget. 15 buah Jengkol tua yang dibelah (terbagi 2) di goreng dulu, lalu di geprek sampe gepeng. Dengan sedikit minyak goreng bekas goreng jengkol tadi, tumis cabe halus yang udah mix dengan duo bawang. Setelah harum, masukkan jengkol. Lalu tambahkan santan kental 1/4kg. Masukkan pucuk ubi (1 ikat), terakhir ikan teri (1 genggam kecil). Jangan lupa gulgar. Setelah matang, sajikan. Menu buka puasa penggugah selera siap disantap dengan nasi hangat.



Buat temenin Jeki bersantan ini, tinggal bikin Sambal ayam goreng saos. Bikinnya juga simple banget. Ayam yang telah dicuci bersih, lumuri dengan air perasan jeruk nipis, juga garam. Setelah itu goreng hingga kecoklatan. Lalu, bawang bombai yang telah diiris dimasak hingga harum, kemudian masukkan cabe halus yang udah di mix dengan bawang merah dan bawang putih. Terakhir, tambahkan saos sambel botolan. Setelah matang, campur dengan ayam goreng tadi.