Assalamu'alaikum...

Sahabat Ummi...

sumber:sportourism.id

Tahu nggak sih. Kalau nggak cuma Malang yang punya Kampung Warna-Warni dan Tridi, sekarang Tangerang juga punya pesona wisata yang sama lho, Kampung Bekelir. Tempat wisata di Tangerang ini terletak di Jl Perintis Kemerdekaan No.16, RW 1 Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Tepat di jantung kota dan mudah diakses dari mana saja.

Karya 120 seniman lokal

Ketika membuat  Kampung Bekelir, Pemerintah Kota Tangerang melibatkan 120 seniman untuk berkreasi dengan cat di kawasan RW 1 Babakan. Mereka menuangkan berbagai ide dengan menggunakan perantara 10 ribu liter cat warna-warni untuk mengubah wajah kampung yang dulunya biasa saja, menjadi pesona baru dengan warna-warni cantik dan gambar yang menarik.

Para seniman yang berasal dari berbagai kota di Indonesia melukiskan mural-mural cantik dengan berbagai gaya. Ada yang melukis dengan gaya mural, ada pula yang mengambil gaya graffiti, semuanya cocok dijadikan background selfie atau foto bareng rombongan. Semua gambar di sini, cocok buat dipajang di Instagram, cantik banget deh.

Pesona baru tempat wisata di Tangerang

sumber:Susilo Waluyo/HousingEstate

Ketika meluncurkan Kampung Bekelir pada November 2017 lalu, Pemkot memang bertekad untuk menjadikan lokasi ini sebagai ikon tempat wisata baru di Tangerang. Tujuan ini pun berhasil, karena Kampung Bekelir selalu ramai dikunjungi wisatawan dari Tangerang ataupun luar kota untuk melihat bagaimana cantiknya bagian dalam kawasan Babakan yang sudah berubah wajah.

Gratis, tapi harus registrasi

Nah, untuk bisa masuk ke kampung yang dihuni sekitar 300 KK ini tidak bisa sembarangan. Kamu harus registrasi dulu di pintu masuk agar semua pengunjung tercatat identitasnya. Tujuannya adalah untuk menjaga keamanan Kampung Bekelir dan juga kenyamanan pengunjung sendiri. Tenang, nggak ada biaya yang dipungut oleh penduduk Kampung Bekelir dari para pengunjung kok. Registrasinya gratis untuk siapa saja yang ingin liburan dan foto-foto seru di sana. Ada banyak tempat gratis lainnya yang bisa kamu kunjungi di Tangerang, tinggal cek ulasan di laman www.traveloka.com berikut.

Guide dan souvenir

 sumber:infopublik.id

Meski tidak ada biaya tiket untuk masuk ke Kampung Bekelir, namun untuk menjelajah ke dalamnya, kamu harus ditemani oleh guide yang merupakan penduduk kampung tersebut. Tanpa guide, kemungkinan kamu bakal kesasar sangatlah besar. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan jasa guide yang tarifnya seiklhasnya saja, tidak ada patokan tarif tertentu. Selain mendapatkan pemasukan dari menjadi guide, penduduk Kampung Bekelir juga mendapatkan uang dari menjajakan souvenir seperti mug. Namun pengunjung tidak dipaksa untuk membeli souvenir ini. Bagi yang berminat silakan dibawa pulang, kalau tidak berminat boleh saja dilewati.

Kapan asyiknya ke Kampung Bekelir?

Sahabat Ummi...

Waktu terbaik untuk liburan di Kampung Bekelir adalah ketika musim kemarau. Atau, pastikan cuaca sedang cerah meski di musim penghujan. Pada cuaca yang cerah, keindahan warna-warni gambar yang ada di tempat wisata di Tangerang ini akan lebih cantik. Dan pastinya perjalanan kamu bakal lebih nyaman karena tidak harus berkejaran dengan hujan yang membasahi lorong-lorong kampung.

Indah dilihat dari mana saja
sumber:sportourism.id

Nggak cuma punya background cantik buat kamu yang suka foto selfie, Kampung Bekelir juga indah ketika dilihat dari atas atau kejauhan. Kamu suka bermain dengan drone, di sinilah tempat uji kemampuanmu mengambil gambar dari angkasa. Jadi seberapa cantik Kampung Bekelir dari drone yang kamu terbangkan? 

Tangerang masih punya banyak tempat wisata lain yang nggak kalah menarik. Jadi siapkan Power Bank agar kamu punya kesempatan maksimal untuk mengabadikan semuanya di smartphone. Untuk yang ingin menggunakan drone, jangan lupa untuk taati aturan menerbangkan drone atau mengurus surat ini bila dirasa perlu.

Sahabat Ummi...
Main ke Tangerang yuk! ^___^