NGOPICANTIK #2: Belajar SEO Blog yuk!


Haloo bebb... Assalamualaikum...
Kamu kangen aku tulisanku gak? aku berharap kamu kangen yaa wkwkwkwk biar aku semangat gitu lo nulisnya hehehe

Oke yaa, gini bebb, aku kan blogger yang baru mulai kembali buat ngeblog nih, sebenernya dulupun aku udah nge blog cuman karna isi blog ku udah kayak nasi campur Pak Yoyok yang segala macam ada, bahkan sampai curhatan galau pun ada, akhirnya aku putusin buat bikin blog baru yang satu tema aja, biar gak bingung gitu bebb. Nah, dulu pun sebenernya page view ku juga gak banyak karna cupu banget dan gak ngerti harus ngapain, akhirnya ya gitu bebb cuman nulis tanpa jalan pulang seperti butiran debu wkwkwk. Akhirnya akhir akhir ini aku baru tau yang namanya SEO atau Search Engine Optimizer atau Mengoptimasikan Mesin Pencari, tapi permasalahan belum selesai disitu bebb, tau belum berarti bisa makeknya hehe. Akhirnya bulan ini terimakasih dulu buat beautiesquad yang sudah mengorganisir kegiatan ngopicantik2# ini jadinya aku yang baru tau SEO mulai sedikit memahami apa itu SEO meskipun belum banyak, karena jam terbangku yang masih sedikit di per SEO an ini.
Oh iya, aku belum jelasin ya bebb, jadi yang ngisi materi di Ngopi Cantik 2# ini adalah mbak Shintaries dari www.shintaries.com, yang belum kenal siapa mbak Shintaries, mbak Shintaries adalah blogger sekaligus Founder dan Strategic Planner dari Blogger Perempuan Network. Terus bebb ini eventnya dilangsungin lewat WA jadi dari seluruh Indonesia dan dari mana mana pun bisa gabung ya bebb asalkan punya WA. Nah iya, buat yang belum dapat kesempatan buat join Ngopi Cantik #2 kemaren aku kasih resume nya ya apa aja yang kemaren dibahas because Sharing is Caring bebb.

Oke bebb siap ya, jadi dari materi yang disampaikan mbak Shintaries masalah per-SEO an ini dibagi menjadi 2 yang pertama teori yang kedua adalah aplikasinya ke Blog. Bahas satu - satu ya bebb mulai teorinya duluu

1. Otoritas Blog
Maksud dari otoritas blog ini adalah kepemilikan blog, google itu lebih seneng bebb sama akun akun blog yang enggak anonim. Istilahnya kamu mau sharing kan ya bebb tapi kamu gak pengen di ketahui sama seorang pun siapa kamu kan ya gak enak lo bebb, ntar kalo sharingan mu di akuin terus kamu marah :( google bingung nanti bebb, salah satu caranya ngisi disini bebb aboutme.google.com.

2. Konten
Kan gak mungkin ya bebb kalo ada blog tapi gaada konten, terus apa tujuannya blog hayoo? Nah buat konten sendiri google cinta sama blog yang punya satu tema misal beauty, travelling, food, technology dan banyak lainnya. Selain itu bebb, google seneng sama blog yang updatenya rutin, kalo bisa update setiap hari lakukanlah, kalo gak bisa ya usahakan se sering yang kamu bisa. Tapi bebb, rutin pun harus diimbangi sama kualitas isinya ya bebb, jangan ngeburu update tiap hari tapi kontennya kamu copas :( google tak suka itu bebb :(

3.Template Fast Loading
Nah kalo buat template kamu bisa bebb beli template yang SEO friendly. Tapi kalo misal gak mau merogoh rogoh kantong dulu dan mau mengirit bisa diakalin pake template yang sederhana aja bebb, jangan dipasangin lagi lah, animasi yang ngikutin kursormu kemanapun melangkah lah itu gak perlu bebb, karna bakal berat dan kasihan pembaca karna terganggu, karna kadang pembaca ndengerin playlist mereka sendiri sembari bacain blog mu bebb, kalo blogmu ada lagunya apalagi lagu yang gak mereka suka bisa bisa kabur mereka bebb. Selain itu bebb buat upload foto maksimalin dengan lebar 600 pixel dan size nya 300kb aja biar ringan gitu bebb

4. Mobile Site
Tampilan blog jika dilihat melalui PC


Hayoooh yang sekolahnya IT dan yang kerjaannya atau tertarik sama website pasti gak asing kan dengan kata kata responsive website, jadi web nya di ukuran apa aja bisa dilihat dengan enak, mau dari HP ataupun dari PC, dengan gitu pembaca ini kan bisa buka web/blog kita dimana aja dan kapan aja pake perangkat apa aja bebb. Sekarang juga udah banyak kok bebb template template gretongan yang responsive.
tampilan blog jika dilihat melalui smartphone
5. Backlink
Backlink ini adalah inti dari SEO, semakin banyak backlinknya semakin tinggi posisinya di search engine. Dan pengaruhnya adalah ke posisi dan prestasi blog


Oke part 2 mulai ya bebb kita bahas teknis atau gimana sih caranya menerapkan nya ke blog. Kata mbak Shintaries kalau hal teknis gini ini lebih ke bagaimana kita menulis kontennya, jadi harus dibiasakan, se sederhana double check dulu sebelum publish (meskipun aku jarang melakukan ini bebb hehe), karna SEO ini bukan magic kayak ke dukun yang tiba tiba poof semua ada hasilnya

1. Menaruh kata kunci di judul
Jadi, misal kamu mau review produk "x"dari brand "y"  nah, produk "x" dari brand "y" ini harus ada di judulmu
2. Merubah permalink
cara merubah permalink
Defaultnya link biasanya adalah judul postingan bebb, misal postinganmu judulnya "pipi pink merona dengan produk x" maka link nya jadinya adalah www.domain.com/pipi-pink-merona-dengan-produk-x tapi kalo di SEO harus dirubah ya bebb jadi langsung aja www.domain.com/x. Gantinya gini bebb, BTW ini aku juga baru pertama kali ganti permalink lo bebb hehe

3.Jumlah Kata
Google itu kayak guru bebb, suka kalo tulisan mu panjang dan enak dibaca. Antara 800 - 1000 kata lah bebb minimal, buat yang kontennya beauty minimal 800 kata udah oke kok bebb, tapi ya gitu jangan ngebet jumlah kata tapi postinganmu mbulet kayak benang ruwet gitu, yang baca nantik pusiing bebb

4.Image / gambar
Buat konten beauty kususnya kita pasti masukin banyak gambar ya bebb buat di blog, nah sebelum upload bebb resize dulu dan diganti namanya dengan keywordnya misal kayak poin 1 tadi kan produk x brand y jadi keywordnya jadinya nantik "brand-y-produk-x1.jpg"dan selanjutnya berapa banyak gambarmu

5.Meta Deskripsi
contoh meta deskripsi
menambah settingan meta deskripsi di blog
Meta deskripsi itu kayak ringakasan yang ada di google ini lo bebb, jadi jelasin apa yang ada di blog atau postinganmu jadi calon pembaca ini bakal tertarik, tapi jangan clickbait ya bebb itu nyebelin soalnya bebb
menambahkan meta deskripsi pada postingan


Nah bebb, selesai kan akhirnya postingan masalah SEO ini yang aku rangkum dari acara Ngopicantik2# nya beautiesquad semoga bermanfaat ya bebb, semoga aku ada kesempatan buat ngikutin Ngopi Cantik berikutnya dan dapetin banyak ilmu lagi ya bebb. Jangan lupa di praktekkan ya bebb, apalah arti teori yang dalam tanpa praktek, semua itu masalah jam terbang kok bebb, akupun juga masih belajar.

See you soon bebb, thankyou