Hai beauty, selama ini pake lipstick/ lilpcream dan pemulas bibir suka lihat gak sih dia ingrediants-nya apa, pake hewan untuk test produknya atau tidak? Pernah denger gak not animal tested/cruelty free/ vegan cosmetisc?

Nah, coba kita jabarin satu persatu ya.
Not animal tested artinya produk yang tidak menggunakan percobaan pada hewan, seperti tikus, kelinci, babi, dll.

Nah, cruelty free (animal cruelty free) adalah produk yang tidak menggunakan bahan dan percobaan dari hewan.  Di dalam produk tersebut tidak mengandung pembunuhan, percobaan, dan penyiksaan. Kalau pun mengandung paling biasanya dari produk madu atau tumbuh-tumbuhan.

Vegan Cosmetics ? Vegan cosmetics adalah produk yang sama sekali tidak mengundang unsur hewani (misalnya madu, dll) semua bahan berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Nah, semakin kesini inovasi-inovasi lipstick, dan produk makeup lainnya semakin memperhatikan alam, sosial, keberlangsungan makhluk hidup lain harus di apresiasi. Bahkan banyak sekali produk-produk lokal yg sudah mulai memperhatikan hal ini. Sebagai contoh pada gambar saya 
lampirkan, salah satu brand liptick local yg sudah memperhatikan hal tersebut, not animal tested, cruelty free, dan bahkan vegan.

Lalu bagaimana dengan kalian? Apakah memilih membeli produk yg berlabel seperti di atas atau asal suka produknya gak peduli ingrediant-nya. Itu kembali ke masing-masing ya. 

Semoga bermanfaat beauty 😘