Event Tahunan Acer bertajuk ACER DAY, yang rutin di selenggarakan di 12 negara Asia Pasifik kali ini hadir kembali di Indonesia dengan meramaikan 8 kota . Salah satu kota yang beruntung menyambut kehadiran ACER DAY 2018 ini adalah Banjarmasin. Dimana saya berkesempatan menghadiri acaranya pada tanggal 16 juli 2018 di Cafe Intro Bistro, Banjarmasin. pada acara ini, saya terkagum-kagum melihat hadirnya seri terbaru Laptop Acer  Swift 3 dan Aspire 3 yang menggunakan processor AMD Ryzen.

Acer Aspire 3 - AMD Ryzen (source : acerid)


Apa yang kalian ingat jika membaca atau mendengar kata laptop atau desktop dengan AMD processor? yes, mungkin pikiran kita sama, pikiran akan langsung teringat dengan deskstop atau laptop dengan processor yang hargaya murah, cepat panas, berat di bawa dan hanya untuk para pecinta game online. Lalu kenapa Acer dengan percaya diri meluncurkan laptop dengan AMD Ryzen ini?

Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1976 ini, beroperasi di Indonesia sejak tahun 1998 dan saat ini Acer sudah jadi pemain utama industri Pc Indonesia, loh! Buktinya, Acer selama 8 tahun terakhir menduduki peringkat pertama untuk kategori Notebook dan peringkat pertama kategori PC selama 7 tahun terakhir di Indonesia. Sehingga menerima berbagai penghargaan bergengsi seperti Top Brand Award, Indonesian Customer Satisfaction Award, dsb. Dengan berbagai prestasi gemilang selama 10 tahun terakhir, kira-kira mungkin gak sih Acer sampai mengeluarkan produk AMD seperti yang kita pikirkan itu ?

pembukaan acara di mulai dengan welcoming Speech dari  Sales Manager Acer Indonesia, Pak Nino, dan dengan bangga beliau mengenalkan pada kami yang hadir disana, produk terbaru Acer dengan peocessor AMD Ryzen bernama Swift 3 Acer Day Edition dan Aspire 3

Sales Manager Acer Indonesia
Untuk welcoming speech Acer Day 2018
Banjarmasin
Dengan harga bersaing, yaitu mulai dari 6 jutaan,  Acer percaya diri melempar produk ini ke pasaran dalam 3 warna yaitu Pink, silver dan Blue. Ulala.. Sebagai pecinta biru, entah kenapa saya justru kepingin yang warna pink. Soalnya pinknya nampak elegan banget. Sayangnya ketika acara, saya tidak berjumpa dengan yang pink, hanya sempat ketemu yang silver. Itu aja sudah elegan banget apalagi yang pink. 

Yang silver aja cakep apalagi pink
Nah, acara mulai memanas ketika Bapak Suryadi Hiumanbrata selaku Product Manager Acer Indonesia, membuat kami yang hadir disana penasaran, produk apa sih yang akan kita ulik habis-habisan di acara ini. Beliau mengatakan bahwa Acer begitu percaya diri meluncurkan produk ini karena ini produk AMD terlengkap dan pertama yang memiliki performa terbaik setara dengan rivalnya yaitu intel. 

AMD Ryzen pada Swift 3 Acer Day Edition ini di gadang-gadang sebagai jagonya laptop tipis murah dan Laptop gaming murah dengan dual storage.

Dual Storage yang dimaksud adalah dimana slot SSD terpisah dari HDD pada Aspire 3 series. karena itulah kita dapat memakai 2 storage secara bersamaan. Memangnya kalo dual storage bisa apa?

keunggulan penggunaan SSD:
  1. Booting hanya butuh waktu 4 detik saja
  2. Baterai 60 menit lebih tahan lama
  3. lebih ringan di kelasnya
  4. Transfer File lebih cepat
  5. Lebih Tahan Goncangan sehingga data lebih aman
Keunggulan penggunaan HDD :
  1. Harga Lebih Sensasional alias terjangkau
  2. Kapasitas jadi lebih besar

Tidak hanya sampai disitu, namun kali ini penjelasan tidak disampaikan seluruhnya oleh Pak Suryadi, melainkan di lanjutkan oleh pakarnya yaitu Bapak Agus Setiawan selaku Konsumen retail. Ulala..kali ini saya di buat terkagum-kagum dengan series AMD yang satu ini. Ryzen bener-bener kece, seolah-olah mematahkan segala image yang minus tentang AMD selama ini. Mungkin setelah membaca cerita saya dibawah ini kalian akan lupa image AMD yang dulu.

Belom afdol kalau belom nyobain

Kenapa AMD Ryzen hemat daya dan tidak cepat panas? 

AMD Ryzen, berbodi tipis, ringan untuk ukuran laptop dengan size yang sama 15" baterainya bertahan hingga 10 ,jam dan energi lebih irit. energi lebih irit ini yang membuat AMD Ryzen tidak cepat panas. Dengan daya yang di keluarkan hanya 15 watt, kali ini AMD Ryzen sudah memiliki daya yang sama kecilnya dengan processor Intel. bentuknya yang tipis tadi juga membuat Ryzen tidak cepat panas seperti AMD pendahulunya. rasanya pantes banget kan ya akhirnya Acer dengan percaya diri gebrak pasar Indonesia terutama Banjarmasin.
AMD Ryzen, memiliki Grafis dan Processor dalam 1 Chip

Agus Juga meyakinkan untuk para pemakai laptop terutama para gamers bahwa performa AMD Ryzen jauh lebih baik. Agus memberikan contoh perbandingan antara AMD Ryzen dengan I7 -8550U with GeForce 940 MX, untuk penggunaan Gaming on the go, performa Ryzen 173% lebih cepat contohnya pada gaming Dota 2, overwatch, Rocket League dan The Elder Skrolls.

Bapak Suryadi (kiri) dan Mas Agus (kanan)
Dengan bangga memamerkan Swift 3 dan Aspire 3
Yang memakai processor AMD Ryzen

Oke, setelah membaca tulisan saya, apa yang kalian pikirkan soal AMD processor saat ini? apakah image terdahulunya terpatahkan? baiklah...jadi ini aja nih simpulan tentang AMD saat ini yang perlu kita ketahui untuk update
  1. Berada di konsol gaming dan hiburan rumah yaitu Microsoft Xbox One X dan Sony PS4TM Pro
  2. AMD bekerja untuk kartu grafis Apple iMac serta Apple Mac Pro
  3. AMD berada di perusahaan yang sama antara pembuat processor dn kartu grafis
  4. Teknologi Radeon GPU telah membantu perkembangan dunia
  5. AMD bekerja sama dengan perangkat lunak Bethesda untuk mengembangkan dan mempercepat teknologi game
See, udah melihat inovasi besar dari AMD sekarang ya. Kayanya image AMD dulu yang di kenal cepat panas, berat bodynya, dan terkesan murahan, sekarang imagenya terpatahkan dengan kehadiran Ryzen ini. 

Bangga bisa foto bareng mereka
Pengen bisa menangin fun-trip, hihihi

Oh iya,  for your information. Selain Amd Ryzen, kehadiran Acer Day 2018 di Banjarmasin juga membawa produk keren lainnya loh, yaitu Nitro 5. Yang ini sih bukan produk baru banget, melainkan hadir dengan inovasi terbaru. 

Nah, terakhir saya ulas sedikit soal Nitro 5. Kenapa hanya sedikit? Karena sedianya ketika acara Acer Day 2018 di Banjarmasin di bagi dalam beberapa sesi. Ketika saya hadir itu berada dalam sesi 2 dimana acara kita terfokus untuk bongkar habis si AMD Ryzen di swift 3. Jadinya saya tidak banyak tau soal Nitro 5 ini. 

Jadi gini, Nitro 5 intel® core yang generasinya sudah sampai pada generasi 8 ini hadir untuk memuaskan para gamers dengan spesifikasi khusus pasar Indonesia yang di lempar ke pasaran dengan harga mulai dari 11 jutaan. Uwow banget pokoknya ini mah sebagai laptop gaming murah, Gamers gak akan kecewa. Apalagi ada juga seri baru, Nitro 5 core i7 dan NVIDIA Geforce GTX 1060. Kali ini saya terpana dengan harganya yang dilepas dengan harga mulai dari 17 jutaan. Ckckck.. Acer Day 2018 ini benar-benar menggebrak seluruh kalangan pemakai laptop. Tarutama para gamers. 

Nitro 5 intel® Acer
Terbaik untuk para Gamers (source: acerid) 

Jangan kaget dengan harganya seperti kekagetan saya ya. Cukup saya yang kaget karena jarang membandingkan harga laptop. Karena ternyata harga-harga tersebut jika dibandingkan dengan produk sekelasnya, harganya masih dibilang terjangkau loh. Nah, dengan harga terjangkau ini, pasti untuk sekelas mahasiswa, gamers atau karyawan dengan budget terbatas diharapkan bisa memiliki produk berkualitas ini dengan lebih mudah. Apalagi jika di tambah dengan ACER DAY LUCKY DRAW.

Untuk acara lucky draw ini, berhadiah utama fun trip ke luar negeri loh atau hiburan konser musik di Singapura. keren banget kan. Caranya bisa kalian simak langsung di www.acerid.com/acerday
untuk layanan purna jual Acer sudah ada di 102 lokasi yang tersebar di 81 kota di seluruh Indonesia dan Contact Center yang aktif 24 jam di nomor 1500-155.

Oh iya, untuk lebih lengkap untuk bisa memenangkan lucky draw atau tentang si AMD Ryzen ini, bisa juga berkujung ke sosmednya ya di bawah ini :

blog        : www.acerID.com
twitter    : @AcerID
Fb          :  www.facebook.com/acerindonesia
Instagram    : acerID
community  : www.ianspacer.com

Sebagai penutup report event kali ini, saya berterimakasih banget sama pihak Acer karena di kasih kesempatan melihat langsung performance AMD Ryzen ini, dan kedatangan saya beserta teman-teman di acara ini disambut dengan jamuan yang enak-enak, tempat yang cozy serta tim penyelenggara yang super ramah. Semoga nanti saya bisa punya kesempatan menghadiri peluncuran Acer type lainnya atau Acer Day berikutnya.

Pastinya sebagai pengoleksi foto-foto berkesan, tidak lupa saya foto bareng tim Acer juga foto bareng komunitas blogger Kalsel lainnya yang menghadiri acara ini. Seneng banget bisa kumpul-kumpul sambil menimba ilmu di bidang IT. Terimakasih Acer

Bareng para blogger kesayangan
Tim Female Blogger of Banjarmasin

Kiri Mas Ayead (Blogger Banua)
Tengah kami cewek2 dari FBB
Kanan Mas Nuka (Pena Blogger Banua)
Seneng meet up bareng kalian

Ryzen with Radeon Vega Graphics, World's Fastest Processor For Ultra Thin Notebooks