Tradisi Mudik Menjelang Lebaran

Mudik merupakan sebuah tradisi yang sudah mendarah daging bagi orang Indonesia. Tradisi yang sudah turun-temurun ini ternyata tidak hanya dilakukan di Indonesia saja, melainkan seperti negara tetangga kita Malaysia juga mempunyai tradisi ini yang dikenal dengan istilah “balik kampong”.


Banyak istilah di setiap daerah menyangkut tradisi “mudik” ini. Seperti halnya di daerah Aceh, mudik berarti “saweu gampong” yang artinya “kunjung kampung/pulang kampung”. Mudik di Indonesia sangat identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya atau lebaran. Dengan masyarakat yang dominan hidup dalam perantauan, maka tradisi ini merupakan sebuah momentum dan kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara, tentunya sowan dengan orang tua. 
Tradisi Mudik Menjelang Lebaran
Ilustrasi Lebaran (sumber gambar : Thinkstock)
Tradisi mudik ini sangatlah penting bila ditinjau dari segi agama. Islam adalah agama yang menganjurkan umatnya untuk senantiasa berbuat baik. Amalan dalam islam tidak hanya berupa shalat, puasa, membayar zakat dan sebagainya melainkan memberikan senyuman dan menyambung tali silaturrahmi juga termasuk amalan dan perbuatan yang baik dalam islam.

Ada beberapa keutamaan bila kita menyambung tali silaturrahmi. Rasulullah SAW pernah bersabda:

Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturrahmi” (Muttafaqun ‘alaihi).

Dari hadis diatas, dapat kita simpulkan bahwa Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk tetap menjaga silaturrahmi, baik itu dengan teman, sahabat, keluarga dan sanak saudara.

Kembali lagi dengan cerita si “mudik”. Ada beberapa negara di dunia yang juga mempunyai tradisi ini. Berikut negara-negara di dunia yang memiliki tradisi mudik seperti Indonesia, yang dihimpun dari berbagai sumber.

1.    Malaysia
Negara serumpun kita ini sama halnya dalam menjalankan semua tradisi. Bedanya, Cuma di bahasa doang :D Mereka sering menyebutnya dengan sebutan “balik kampong”, kalau kita ”pulang kampung”, jelas terlihat beda kan, hehe.

2.    Bangladesh
Negara tetangga India yang mayoritas muslim ini juga sama halnya dengan Indonesia. Beberapa hari menjelang lebaran mereka berbondong-bondong menyerbu terminal bus, kereta api dan malah mereka ada yang menggunakan perahu untuk pulang kampung halaman. Suatu perjuangan yang luar biasa!

3.    Pakistan
Sama seperti di Indonesia, masyarakat Pakistan mudik karena ingin berkumpul dan merayakan lebaran bersama keluarga.

4.    India
Pakistan dan India itu ibarat Indonesia dan Malaysia. Dalam segala hal apapun mereka menjalankan kehidupan dan tradisi yang hampir sama. Mereka juga sampai sekarang masih bersengketa dalam urusan politik negara. Tapi yang membuat India dengan negara lainnya berbeda adalah penumpang mudiknya. Well, saya masih bisa memaklumi kalau mudik menjelang lebaran itu ramai sampai berdesak-desakan, tapi saya ngga sampai hati bila melihat penumpang mudiknya itu sampai harus rela duduk diatas gerbong kereta api bahkan bergelantungan T.T itulah yang terjadi di India, Negeri para aktor Bollywood. 
Tradisi Mudik Menjelang Lebaran
Sumber gambar : Kaskus
5.    Arab Saudi
Namanya menyambut hari raya, tidak afdhal rasanya bagi masyarakat Arab kalau tidak melakukan berbagai acara dan festival selama lebaran. Berbagai pertunjukan seni dilakukan disana dan masyarakat berlomba-lomba memasak makanan mahal dan lezat.

6.    Mesir
Mesir dikenal sebagai negeri para Nabi. Bagi masyarakat Mesir, lebaran Idul Fitri tidak dirayakan secara besar-besaran karena mereka menganggap Idul Fitri sebagai “Id el-Shogayar” yang artinya “Hari Raya kecil”. Sebaliknya, mereka merayakan lebaran Idul Adha secara besar-besaran karena mereka menganggap Idul Adha sebagai “Id el-Kabir” yang berarti “Hari Raya Besar”. Berbanding terbalik dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang biasanya lebih merayakan lebaran Idul Fitri dibanding Idul Adha.

7.    Turki
Bayram, begitulah masyarakat disana menyebut istilah untuk mudik. Suasana lebaran dipersiapkan sebaik mungkin untuk menyambut tamu dan malahan disana ada sebuah tradisi membawa bunga saat bertamu. Jadi, jangan heran bila banyak bermunculan pasar bunga disana selama lebaran.

8.    Nigeria
Jauh di benua Afrika sana muncul satu negara bernama Nigeria. Masyarakat yang mayoritas penduduk muslim ini juga mempunyai tradisi mudik sama halnya di Indonesia. Banyak umat muslim Nigeria yang pulang ke kampung halaman bertemu keluarga dan melakukan ziarah ke makam keluarga.

Terus bal, kenapa mayoritas negara muslim semua yang disebutin diatas???

Jelas dong kan namanya mudik lebaran, kalo Barat mah holiday atau melencong namanya mah :D

Tradisi mudik ini bagi perantau di ibu kota juga bertujuan untuk menunjukkan tingkat keberhasilannya dan sebagai bentuk saling berbagi atas keberhasilannya untuk keluarga yang telah lama ditinggal perantauan.

Nah udah pada siapkah untuk mudik ke kampung halaman?

Semoga informasi ini menambah pengetahuan dan wawasan bagi kita dan terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca :)

Salam hangat, iqbal.dokterbackpacker