WIsata ke Korea Selatan
Hai hai Assalamu’alaikum semua 
Annyeonghaseyo... 
Apa kabar? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat yaa.. Amiiinn
Alhamdulillah saya 2 bulan yang lalu baru pulang backpackeran dari Negeri Ginseng alias Negeri Boyband atau apalah namanya karena negara ini banyak sekali namanya, yaa Korea Selatan. Sebuah negara yang bertetanggaan langsung dengan saudara mereka Korea Utara. Tapi disini kita ngga bahas Korea Utara kok.

Well, Korea Selatan merupakan negara yang sangat bagus untuk berwisata. Disana setiap tahunnya dilewati oleh 4 musim yang mana disetiap musimnya itu mempunyai keindahannya masing-masing. Ketika saya kesana waktu itu di musim semi (spring season). Musim semi biasanya diawali pada awal dari bulan Maret dan diakhiri pertengahan bulan Mei. Rata-rata suhu di musim semi itu berkisar antara 5 – 15 derajat celcius, suhu yang cukup dingin tentunya bagi orang kita Indonesia umumnya.

Tentu dong kita harus tau dulu di musim apa kita kesana, karena seperti yang saya jelaskan diatas setiap musim di Korea itu mempunyai keindahannya masing-masing. Untuk itu, secara umum saya akan berbagi kepada temen-temen semua 10 tempat yang wajib dikunjungi bila nanti kamu ke Korea.

1.    Nami Island / Naminara Republic

WIsata ke Korea Selatan

Drakor lovers??? Sudah tidak asing lagi di telinga pecinta drakor dengan nama winter sonata. Salah satu drama Korea yang dirilis pada tahun 2002 itu merupakan salah satu drama mendunia, dan menjadi cikal bakal drama romance di negeri itu berbarengan dengan drama autumn in my heart (keduanya merupakan serial Endless Love). Bisa dikatakan 2 drama itu menandai dimulainya gelombang Korea di Jepang dan seluruh Asia.

WIsata ke Korea Selatan

Nami Island merupakan sebuah pulau buatan yang terletak di Cheongpyeong, di wilayah Chuncheon-si, distrik Gangwon-do, Seoul. Kita bisa turun di Gapyeong station bila naik subway dari line manapun. Sesaat setelah tiba di Gapyeong station, kita bisa memilih transportasi untuk menuju ke pulau tersebut seperti shuttle bus atau taksi dengan harga yang tidak begitu mahal. Waktu itu saya dan temen-temen memilih naik taksi pulang-pergi dengan biaya tidak lebih dari 3.000 won PP. Tiba di loket pembelian tiket, kita terlebih dahulu harus membeli tiket kapal feri untuk menuju ke pulau tersebut dengan biaya 6.000 won PP dan temen-temen harus menyimpan tiket tersebut karena tiket tersebut sudah termasuk PP.
  
2.    Bukchon Hanok Village

WIsata ke Korea Selatan


Bukchon Hanok Village merupakan kawasan rumah tradisional Korea yang terletak di daerah Bukchon. Desa tradisional Korea yang banyak memiliki gang sempit dan perumahan tradisional, yang harus kamu kunjungi ketika berwisata ke Seoul. Daerah ini sengaja dijaga kelestariannya untuk mempertahankan suasana pedesaan walaupun berada di tengah pusat kota Seoul.

Kalau kamu berkunjung kesini mudah banget kok. Kamu bisa turun di Anguk station exit 2 lalu berjalan kaki sekitar 15 menit dan tanpa biaya tentunya alias gratis, hehehe Indonesia banget bukan?

3.    Istana Gyeongbokgung


Merupakan salah satu dari 5 istana besar di Korea Selatan dan yang terbesar yang di bangun oleh dinasti Joseon. Istana ini terletak di sebelah utara kota Seoul (Gangbuk), Korea Selatan. Saat ini yang kita lihat adalah istana yang sudah dipugar kembali pada tahun 1989 setelah dihancurkan oleh Jepang antara tahun 1910 – 1945.

Istana ini tidak jauh dari Bukchon Hanok Village, jadi kita masih bisa jalan kaki kok sekitaran 10 menit dan masih di station yang sama yaitu Anguk station. Biaya yang harus dikeluarkan untuk masuk ke komplek istana ini sekitar 3.000 won/orang.

4.    Gwanghwamun Square

Wisata ke Korea Selatan

Merupakan sebuah wahana bermain masyarakat secara umum dan sering dijadikan tempat event-event tertentu. Saat berkunjung ke Gwanghwamun Square, terdapat patung Laksamana Yi Sun Shin yang menyambut kamu dengan gagahnya. Laksamana Yi Sun Shin adalah salah satu laksamana yang terkenal di Korea karena kegagahannya melawan Jepang. Dan bila kamu berjalan lurus ke arah utara kamu juga akan melihat patung Raja Sejong duduk yang sangat berwibawa. Seperti yang kita ketahui, raja Sejong merupakan raja yang pertama kali menciptakan huruf Hangeul (alfabet Korea) dan menyebarluaskan huruf tersebut.
Terus bal gimana cara kita kesini???
Sangat mudah kok, kita hanya menyeberang jalan bila kita dari Istana Gyeongbokgung. Bisa juga kamu turun di Gwanghwamun station line 5 exit 2 bila naik subway. Terletak di Sejong-no, Jongno-gu, Seoul.

5.    Namsan Seoul Tower

Wisata ke Korea Selatan

N Seoul Tower atau Namsan Tower merupakan landmark kota Seoul, Korea Selatan. Dibangun pada tahun 1969 dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 1980. Disana terdapat love lock atau gembok cinta yang sangat terkenal. Kamu dapat membelinya di Gift Shop yang ada di lokasi tower tersebut dan menguncinya sebagai lambang cinta. Romatis bukan? Tapi nyatanya saya tidak melakukan hal itu dikarenakan saat itu hujan deras dan terpaksa saya harus mengurung niat melakukan hal tersebut. Tapi saya mengambil hikmah, mungkin Allah sengaja agar saya melakukan hal itu dengan kekasih saya suatu saat nanti. Semoga~

Ada banyak cara kok kalo kamu mau kesana. Salah satunya yang paling saya rekomendasikan adalah dengan menggunakan bus. Dari Chungmuro station (subway line 3 or 4 exit 2) lalu naik bus nomor 2. Pokoknya liat aja nanti bus yang ke arah N Seoul Tower, bus ini akan membawa kamu ke tempat parkir N Seoul Tower. Dari tempat parkir kita harus jalan kaki naik bukit sekitar 2 menit ke Tower. Bus beroperasi setiap 5-8 menit dari jam 8 pagi sampai malam hari.

6.    Everland

Wisata ke Korea Selatan

Everland merupakan taman hiburan terbesar di Korea Selatan. Taman yang dipenuhi dengan bunga warna-warni ini dibuka pada tahun 1976 dan merupakan taman hiburan yang dikelola langsung oleh Samsung Group. Kalau saya saranin sih, bagusnya kesini itu tuh di musim semi. 
Kenapa harus di musim semi bal??? 
Karena  musim semi itu musim terbaik dimana bunga-bunga melahirkan daun-daun terbaiknya, musim peralihan dari musim dingin menuju ke musim panas. Malah saya tanya sama temen-temen Korea disana, diantara 4 musim mereka memilih untuk keluar jalan-jalan di musim semi. Terletak di Everland-ro, Gyeonggi-do, Korsel.

7.    Petite France
via : Korean Tourism Organization
Sering dikenal dengan Paris mini dari Seoul, dengan sebuah sentuhan budaya French di negara Korea. Merupakan tempat karya wisata bagi turis lokal maupun turis mancanegara dan juga digunakan sebagai pusat pelatihan remaja Korea (Goseong Youth Training Center). Terletak di provinsi Gyeonggi, Korsel. Kurangnya waktu itu saya dan temen-temen ga sempet kesana karena berbagai hal L

8.    Islamic Center Seoul

Wisata ke Korea Selatan

Islam merupakan agama minoritas di Seoul, Korea Selatan. Tapi, di kota ini terdapat salah satu mesjid dan merupakan satu-satunya mesjid yang berdiri megah nan indah di kota tersebut yang diberi nama Mesjid Sentral Seoul atau Islamic Center Seoul (dalam bahasa Arab bernama Si’ul Al-Markaz). Masjid ini dibangun pada tahun 1976 atas bantuan dari pemerintahan Korea dan kontribusi moneter yang besar dari Arab Saudi serta negara-negara islam lainnya.

Warna putih yang mendominasi dinding masjid ini memiliki 3 lantai yang fungsinya berbeda-beda. Lantai pertama merupakan kantor Korea Muslim Federation (KMF). Lalu lantai 2 merupakan sebagai tempat shalat bagi jamaah laki-laki dan lantai 3 digunakan sebagai tempat shalat jamaah perempuan. Di halaman mesjid ini juga terdapat sebuah bangunan Islamic Culture Research Institute yang menjadi tempat berkumpul umat muslim se-Korea Selatan dan sebagai tempat pengajaran agama islam yang mengajarkan kajian Al-Qur’an, hadis Nabi dan ilmu fiqih.
 
Wisata ke Korea Selatan
Foto saya dengan Imam Besar Islamic Center Seoul
(kebetulan Ustadz ini berasal dari Malang, Indonesia)


Wisata ke Korea Selatan
Foto saya dengan Ketua Pengurus Islamic Center Seoul
Mesjid ini terletak di Hannam-dong, Yongsan-gu atau distrik Itaewon, Seoul. Bila kita menggunakan subway kita bisa turun di Itaewon station ga ada exit nya karena nanti kita bakal keluar satu arah langsung menuju Itaewon.

9.    Namdaemun Market

Wisata ke Korea Selatan

Jangan bilang kalo kita jalan-jalan itu kita ngga berbelanja atau shopping, terlebih yang cewek. Oleh-oleh (buah tangan) adalah hal yang wajib kita beli untuk dibawa pulang sebagai kenangan yang bahwa kita sudah pernah ke tempat itu. Dalam hal ini, saya sudah pernah berbelanja di pasar tradisional Namdaemun dan Dongdaemun.
Terus bal kamu lebih milih yang mana?
Jawabannya adalah saya lebih prefer temen-temen untuk belanja di pasar Namdaemun saja. Banyak alasan saya memilih itu salah satunya penjual disana banyak yang bisa berbahasa Inggris dan bahasa Melayu, hehe.

10.    Haneul Park / World Cup Park

Wisata ke Korea Selatan





Mau tau spot yang bagus buat berfoto? Nah ini nih salah satu tempat yang saya rekomendasi buat temen-temen yang hobi selfie, wefie or semacamnya. Haneul park merupakan sebuah taman terbuka yang sebelumnya merupakan lahan yang tandus dan sekarang banyak ditumbuhi beraneka ragam bunga dan dan tanaman yang cantik. Sebenarnya Haneul park ini masuk dalam itinerary perjalanan saya waktu itu, tapi karena beberapa kondisi saya membatalkan untuk pergi kesana.

Walaupun saya belum kesana, tapi saya akan memberitahu temen-temen cara menuju kesana. Kalo temen-temen naik subway, bisa ke Yongsan station à transfer di Gongdeok station à lalu pilih line 6 World cup stadium station. Kira-kira butuh waktu 23 menit bila menggunakan subway.

Cukup sekian dulu yaaa, nanti kalo ada yang kurang saya akan update lagi yaaa


Salam dari saya, dokterbackpacker ~